Inilah 7 Makanan Sahur untuk Kenyang Lebih Lama!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan 7 makanan ini, kamu siap menghadapi puasa dengan lebih kuat dan kenyang lebih lama!

Di saat bulan puasa, kamu nggak hanya perlu memikirkan berbagai makanan yang akan kamu nikmati saat waktu berbuka nanti. Makanan saat sahur pun perlu dipikirkan dan diperhatikan dengan cermat. Makanan sahur akan sangat menentukan bagaimana kamu menjalani puasa kamu lebih baik dan lancar. Selain makanan yang menyehatkan, pastikan kamu memilih makanan yang bisa bikin kamu bertenaga selama berpuasa dan tentunya, kenyang lebih lama.

 

Lantas, ada apa saja makanan yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama selama berpuasa?

 

1. Sup Sayur

Sajian sup dengan beragam jenis sayuran adalah hidangan yang sempurna untuk menemani sahur kamu. Kamu bisa memakai beberapa jenis sayur, seperti sawi, wortel, kentang, hingga kacang buncis. Meski begitu, pilihan sayurnya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Dengan kombinasi berbagai sayuran, sup sayur punya kandungan nutrisi dan air yang baik untuk tubuh serta kandungan serat yang bikin kamu kenyang lebih lama.

 

2. Nasi Merah

Kamu mau diet sekaligus merasa mau lebih bertenaga dan kenyang lebih lama saat bulan puasa? Nasi merah adalah makanan yang bisa menjawab keinginan kamu! Kandungan seratnya bisa membuat kamu kenyang sepanjang hari selama berpuasa. Di samping itu, nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa bikin kamu lebih bertenaga dan lebih kuat selama puasa.

 

3. Alpukat

Buah yang dikenal sebagai super food alias makanan super ini terkenal mampu memberikan efek menyehatkan buat pencernaan. Namun, buah ini ternyata punya manfaat untuk membuat kamu kenyang lebih lama! Dengan kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, buah ini siap bikin kenyang seharian dan menurunkan keinginan untuk makan saat berpuasa. Untuk cara konsumsinya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera, entah dengan dibuat jus atau langsung dimakan buahnya.

 

4. Apel

Nggak hanya alpukat yang siap bikin kamu kenyang seharian, ada juga buah apel yang punya efek yang sama! Kalau kamu mengonsumsi apel saat sahur, ada baiknya jangan membuang kulitnya, sebab kulit apel mengandung serat pektin yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Hal ini juga ditambah dengan kandungan serat dan airnya yang tinggi. Dijamin kamu akan kenyang sampai nanti waktunya berbuka!

 

5. Oatmeal

Makanan lain yang bisa menambah rasa kenyang dan kesehatan tubuh kamu adalah oatmeal. Makanan yang terkenal bermanfaat untuk menurunkan risiko kesehatan jantung, kolesterol, dan obesitas ini juga punya manfaat untuk bikin kenyang lebih lama. Pasalnya, oatmeal kaya akan serat dan karbohidrat kompleks untuk perut yang kenyang lebih lama!

 

6. Ikan Salmon

Kalau kamu mau menikmati santap sahur dengan makanan yang lebih berat dan mengenyangkan lebih lama, cobalah konsumsi ikan salmon. Ikan yang satu ini, di samping bermanfaat untuk perkembangan otak dan menyehatkan jantung, juga mampu mengendalikan hormon pengatur nafsu makan dalam tubuh dan alhasil mampu menekan nafsu makan selama berpuasa. Untuk pengolahannya, agar semakin menyehatkan, kamu bisa memasak salmon dengan cara dikukus dan dikombinasikan dengan berbagai sayur-sayuran hijau.

 

7. Kurma

Umumnya, kurma dijadikan sebagai camilan untuk menemani waktu berbuka puasa. Tapi, menikmati kurma saat santap sahur juga nggak ada salahnya loh, food lovers! Selain mampu menambah energi kamu lewat kandungan glukosanya, kurma punya kandungan serat dan gula yang bisa mengurangi rasa lapar selama berpuasa. Namun, ada baiknya nggak mengonsumsi kurma secara berlebihan agar tubuh nggak menyerap gula terlalu banyak.

 

Berbagai makanan di atas siap membantu kamu untuk tetap sehat, bertenaga, dan kenyang lebih lama. Kamu pun jadi nggak perlu khawatir soal merasa kelaparan, lemas, hingga nggak bersemangat menjalani puasa!