Ingin Membuat Area Outdoor Dining? Perhatikan 4 Hal Ini Agar Pelanggan Makin Nyaman!

25 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Outdoor area kini jadi primadona dan salah satu nilai jual dari berbagai restoran dan tempat makan. Lantas, bagaimana membuatnya agar pelanggan makin betah?

Konsep outdoor dining semakin menjadi tren setelah pandemi Covid-19 melanda.

Berbagai restoran, cafe, dan coffee shop berlomba-lomba menawarkan fasilitas outdoor area dengan konsep dan atmosfer khasnya masing-masing untuk pelanggan mereka.

Kalau kamu ingin membuat outdoor area agar pelanggan juga bisa melakukan outdoor dining, jangan lupa simak 4 hal ini dulu ya!

4 Cara Bikin Outdoor Dining Jadi Lebih Nyaman Untuk Pelanggan!

1. Bersiap untuk Segala Cuaca

Memiliki konsep outdoor dining berarti kamu harus mempersiapkan outdoor area kamu untuk menghadapi segala jenis kondisi cuaca.

Ketika panas terik melanda, kamu bisa mempertimbangkan untuk memasang kipas angin atau memperbanyak tanaman untuk menjaga udara tetap sejuk.

Sementara itu, ketika hujan sedang rutin mengguyur, pasanglah kanopi atau deck cover untuk menutup outdoor area agar air hujan nggak membasahi tempat duduk pelanggan di outdoor area. Pelanggan pun bisa tetap menikmati hidangan atau sajian tanpa takut kehujanan.

Sediakan juga beberapa payung untuk memayungi pelanggan yang ingin keluar masuk restoran kamu ketika sedang hujan.

2. Sediakan Kerindangan

Dalam merancang dan membuat outdoor area untuk outdoor dining, kerindangan adalah hal utama yang harus dipikirkan.

Tentunya, kamu sebagai pemilik restoran nggak mau kalau pelanggan kamu kepanasan atau terkena terik matahari secara langsung.

Disinilah tanaman memegang peran penting. Kamu perlu menghadirkan beragam tanaman untuk memastikan kesejukan udara dan menyediakan suasana yang rindang dan teduh buat pelanggan.

Pelanggan pun jadi tetap nyaman dan nggak lagi terasa kepanasan ketika musim panas tiba.

Outdoor Dining Restoran

Sumber: Freepik.com

3. Jaga Kebersihan dengan Konsisten

Ketika kamu memutuskan untuk menerapkan outdoor dining, maka outdoor area kamu akan bersinggungan dengan banyak hal, seperti serangga hingga kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Sebagai pemilik restoran, kamu dan para staf kamu harus lebih jeli dan punya perhatian lebih dalam menjaga kebersihan outdoor area secara konsisten.

Ketika pelanggan meninggalkan sisa makanan dan minuman di atas meja atau ada yang tumpah di outdoor area kamu, segera bersihkan karena hal tersebut berpotensi mengundang serangga atau hewan lainnya.

Kalau kamu menaruh tempat sampah di satu atau dua sudut di outdoor area, pastikan rutin kamu kosongkan dan bersihkan.

Setiap tanaman yang ada jangan sampai kamu lupakan begitu saja. Rutinlah memangkas setiap tanaman agar nggak banyak serangga bermunculan. Bila perlu, gunakan pembasmi serangga agar nggak banyak nyamuk dan hewan lainnya di outdoor area kamu.

4. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Ketika malam tiba, kamu pastinya ingin agar outdoor area di restoran kamu bisa lebih menarik perhatian dan mudah dilihat orang-orang.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan memasang lighting yang tepat dan juga bersifat dekoratif.

Artinya, lighting yang kamu gunakan nggak hanya sesuai dengan kondisi outdoor area di restoran kamu, tetapi juga dapat membawa suasananya jadi lebih beda dan nyaman buat pelanggan.