Hal Ini Harus Selalu Jadi Prioritas Saat Mengelola Bisnis Restoran!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Nggak mengutamakan hal yang satu ini di restoran kamu, artinya kamu harus siap kehilangan pelanggan!

Di era sekarang, keterbukaan akan informasi menjadi sesuatu yang begitu pasti. Pelanggan pun jadi semakin pintar dalam memilah mana restoran yang benar-benar peduli dan memperhatikan pelanggannya dan mana yang nggak. Pelanggan juga semakin cerdas dalam mengetahui mana restoran yang menggunakan bahan baku terbaik dan mana yang nggak.

Maka dari itu, sekarang ini penting sekali untuk menciptakan transparansi dalam mengelola bisnis restoran

Mengapa Transparansi Dibutuhkan?

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Seperti yang telah disebutkan di awal, pelanggan telah berkembang menjadi sosok yang pintar dalam mengetahui dan memahami sebuah restoran secara keseluruhan. Ketika pelanggan merasa bahwa sebuah restoran menutup-nutupi sesuatu atau nggak menyajikan kejelasan terkait operasional maupun bahan bakunya, tentu sulit rasanya bagi pelanggan untuk percaya dengan restoran tersebut sepenuhnya.

Dengan menjadi lebih transparan terkait proses operasional dan bahan baku restoran, kamu bisa mendongkrak trust pelanggan pada restoran kamu. Mereka jadi lebih percaya dengan setiap sajian yang diberikan dan bukan nggak mungkin, mereka akan jadi lebih loyal dengan restoran kamu.

2. Memberi Rasa Aman bagi Pelanggan

Ketika pelanggan sudah tahu apa saja di balik restoran kamu, bahan baku yang kamu pakai, proses kerja di di balik restoran kamu, akan timbul rasa tenang dan aman dalam diri pelanggan. Mereka nggak perlu mengkhawatirkan lagi tentang pelayanan yang diberikan dan kualitas setiap makanan dan minuman yang disajikan.

3. Penjualan Berpotensi Meningkat

Ketika pelanggan merasa aman dan lebih percaya dengan apa yang restoran kamu berikan, maka sangat mungkin bagi mereka untuk menjadi pelanggan yang lebih setia di restoran kamu. Ketika hal ini juga terjadi bagi para pelanggan yang baru pertama kali datang ke restoran kamu, maka pelanggan setia pun bertambah. Artinya, penjualan kamu akan terus meningkat!

Transparansi dalam Mengelola Bisnis

Sumber: Freepik.com

3 Tips Membangun Transparansi di Restoran Kamu

1. Jadilah Lebih Dekat dengan Pelanggan

Untuk mulai membangun transparansi, cobalah untuk mulai menjalani komunikasi yang lebih dekat dan intim dengan pelanggan. Kamu bisa memulainya dengan mengadakan Q&A atau live di Instagram. Melalui media ini, kamu bisa memberikan kesempatan kepada para pelanggan kamu untuk bertanya dan berdiskusi tentang beragam hal seputar restoran kamu. Dengan begini, kamu bisa menjadi lebih terbuka dengan para pelanggan kamu dan mereka bisa tahu lebih jelas mengenai restoran kamu.

2. Terapkan Konsep Restoran yang Lebih Open

Membangun transparansi di restoran kamu bisa melalui desain restoran kamu sendiri. Kamu bisa menerapkan konsep open restaurant di restoran kamu. Konsep ini memungkinkan pelanggan untuk bisa mengetahui apa yang terjadi dan apa yang sedang dikerjakan di balik dapur restoran. Namun, karena spotlight atau fokus utamanya adalah dapur kamu, maka kamu harus memastikan higienitas, kerapihan, dan kebersihan kerja dari dapur kamu. Dampaknya, pelanggan pun jadi nggak ragu lagi soal kualitas makanan kamu ketika melihat dapur restoran kamu rapi dan bersih.

3. Cobalah Bercerita

Dibandingkan hanya sekadar memberitahu, cobalah untuk bercerita. Kekuatan cerita nggak bisa diremehkan sama sekali. Cerita membantu orang untuk lebih mudah mengingat sesuatu. Cerita juga memungkinkan penyampain pesan yang lebih mudah dan efektif. Dengan bercerita, kamu bisa menarik orang untuk lebih penasaran dengan brand kamu.

Untuk menerapkannya di restoran kamu, kamu bisa mulai dengan menceritakan tentang kisah para staf restoran kamu. Ceritakan bagaimana cara mereka bekerja dan keseharian mereka selama bekerja. Di samping itu, kamu bisa bercerita tentang bahan baku yang kamu pakai di restoran. Kalau kamu memiliki bahan baku yang tergolong spesial atau signature, kamu bisa mengangkat kisah tentang orang-orang di balik bahan baku tersebut. Ceritakan juga bagaimana kamu bisa memilih bahan baku tersebut untuk dipakai di restoran kamu.

Dengan mengelola bisnis restoran secara lebih transparan dan jelas tentang apa saja yang ada di restoran kamu, pelanggan pun nggak akan segan untuk lebih percaya dan dekat dengan restoran kamu. Pelanggan pun nggak perlu khawatir lagi ketika akan datang ke restoran kamu!