Gimana Caranya Naikkan Harga Tanpa Bikin Pelanggan Kabur? Ini 5 Caranya!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Nggak selamanya menaikkan harga bikin pelanggan jadi kabur kok!

Coba kamu bayangkan satu skenario.

Satu hari, kamu ingin datang ke restoran atau coffee shop langganan kamu. Ketika tiba, kamu segera datang ke kasir dan melihat-lihat menu. Namun, mata kamu terbelalak. Wajah kamu memunculkan ekspresi yang menunjukkan kekagetan, ketika melihat harga makanan dan minuman yang disajikan naik. Apalagi, kenaikan harga ini tidak diumumkan oleh pihak restoran atau coffee shop di media sosial atau situsnya. Yang lebih mengagetkan lagi, rasa makanan dan minuman yang kamu pesan malah tidak seperti biasanya. Hal ini pastinya nggak mengenakkan bukan?

Ketika kamu memiliki restoran, tentunya kamu perlu memahami hal ini dengan menaruh diri pada sudut pandang pelanggan. Apa jadinya jika harga naik tiba-tiba tanpa pemberitahuan? Bisa-bisa, mereka pindah ke restoran atau tempat makan lain yang mereka rasa lebih jelas dan adil.

Meski begitu, strategi penetapan harga yang lebih tinggi nggak perlu jadi sesuatu yang kamu khawatirkan. Menaikkan harga tetap boleh kamu lakukan dan nggak perlu kamu takutkan. Namun pertanyaannya: Gimana caranya menaikkan harga produk di restoran kamu tanpa bikin pelanggan kabur?

1. Bersiap Komunikasi

Sebagai komponen marketing yang begitu tricky, peningkatan harga perlu kamu komunikasikan dengan jelas dan transparan. Ketiadaan jawaban yang jelas soal kenaikan harga justru akan bikin pelanggan bingung dan bertanya-tanya. Oleh karenanya, kamu perlu bersiap untuk memberikan penjelasan yang rasional dan transparan soal naiknya harga produk atau harga menu di restoran kamu ke setiap pelanggan kamu, terlepas suka atau tidak sukanya mereka terhadap kebijakan kamu.

2. Berikan Bonus

Salah satu strategi pemasaran yang baik untuk kamu terapkan ketika kamu menaikkan harga adalah dengan memberikan bonus atau tambahan gratis buat pelanggan kamu. Sesuatu yang sifatnya bonus yang diberikan secara gratis akan lebih mungkin diterima oleh pelanggan kamu ketika harga naik. Mereka akan menganggap bahwa kenaikan harga diimbangi oleh sesuatu yang jadi tambahan dari produk kamu. Misalnya, kamu menaikkan harga segelas cappucino. Agar pelanggan kamu merasa bahwa kenaikan harga cappucino itu adil dan bisa diterima, kamu bisa menambahkan beberapa buah cookies gratis untuk tambahan  cappucino tersebut.

3. Tunjukkan Peningkatan

Harga yang naik, apabila nggak diiringi oleh meningkatkanya kualitas, dalam hal ini kualitas produk, tempat, maupun pelayanan, adalah sia-sia. Ketika itu terjadi, pelanggan akan merasa bahwa kenaikan harga jadi nggak adil. Alhasil, pelanggan bisa-bisa minggat dari restoran kamu.

Kalau kamu betul-betul ingin menetapkan harga lebih tinggi buat restoran kamu, jangan lupa juga naikkan kualitas restoran kamu, entah itu dari segi pelayanan, produk, atau suasana tempat yang kamu tawarkan. Kamu bisa juga tawarkan packaging produk yang lebih baik kualitasnya atau berikan pelayanan yang khas dan bisa menghibur pelanggan kamu.

4. Terapkan Bundling

Bundling adalah strategi pemasaran yang pas untuk restoran ketika kamu menaikkan harga produk kamu. Strategi ini pas untuk meringankan keterkejutan pelanggan atas kenaikan harga yang kamu terapkan. Contohnya, ketika kamu menjual setengah lusin donat dengan harga Rp40.000 dari semula Rp35.000 dan segelas blended beverage dengan harga Rp30.000 dari semula Rp27.000, kamu bisa coba menggabungkan kedua menu tersebut dan menetapkan harga gabungan Rp60.000. 

5. Bermain Dengan Angka

Hah? Bermain dengan angka? Maksudnya apa ya? Coba kita lihat contoh berikut ini.

Bayangkan kalau kamu punya mini bakery. Di sana, kamu tawarkan paket croissant berisi 7 buah croissant seharga Rp80.000. Ketika kamu ingin menaikkan harga paket tersebut menjadi Rp90.000, kamu perlu untuk membuat beberapa paket lainnya, seperti paket croissant 3 buah seharga 50.000 dan paket croissant 5 buah seharga Rp70.000. Dengan begitu, secara psikologis, pelanggan kamu akan melihat paket croissant yang berisi 7 buah croissant punya harga yang pas dan sesuai bila dibandingkan dengan paket croissant lainnya.

Menaikkan harga memerlukan komunikasi yang transparan. Selalu usahakan agar kamu bisa memberikan penjelasan yang logis dan jujur kepada pelanggan di balik kenaikan harga yang kamu terapkan. Nggak lupa juga, terapkan strategi pemasaran dan penetapan harga yang tepat agar kenaikan harga yang kamu lakukan bisa diterima oleh pelanggan kamu.