Ganti Shift Lebih Lancar dan Cepat dengan 4 Tips Perencanaan Shift Restoran Ini!

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Di balik lancarnya proses ganti shift restoran, selalu ada perencanaan yang detil dan baik.

Ganti shift bukanlah sesuatu yang encer dijalankan. Salah sedikit, maka buyar sudah pelayanan dan performa restoran yang kamu berikan kepada pelanggan. Kebingungan tugas dan tanggung jawab, salah pesanan, hingga kualitas pesanan yang nggak maksimal jadi beberapa hal yang pasti terjadi ketika proses ganti shift di restoran kamu kacau dan berantakan.

Agar proses ganti shift di restoran kamu bisa lebih lancar dan cepat, kamu nggak cuma butuh trik-trik ajaib dan berbagai life hacks. Kamu butuh rencana yang jelas, pasti dan terukur.

Namun, bagaimana sih agar rencana shift bisa dibuat dengan baik?

Ganti Shift Restoran Lebih Lancar dan Cepat

Sumber: Unsplash.com

4 Tips Jitu Bikin Rencana Shift yang Baik buat Restoran

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kesediaan Pegawai

Sebelum membuat rencana shift restoran, selalu mulai dengan mencari tahu kebutuhan dan kesediaan pegawai dalam bekerja di tiap minggunya. Tanyakan setiap pegawai kamu tentang kapan saja mereka bisa bekerja dan kapan saja mereka ingin libur. Tanyakan juga apakah ada satu atau dua hari di mana mereka nggak bisa masuk karena ada momen-momen tertentu.

Yang jelas, dengan selalu mencari tahu kebutuhan dan kesediaan pegawai bekerja, kamu bisa membuat perencanaan yang lebih teratur sekaligus membantu kamu mengenal para pegawai kamu dengan lebih dalam dan dekat. 

2. Pelajari Traffic Restoran

Traffic restoran, atau sederhananya bisa disebut sebagai tingkat keramaian atau seberapa ramai restoran kamu, perlu jadi salah satu faktor kunci dalam membantu kamu menyusun jadwal shift mereka. Mengetahui traffic restoran memungkinkan kamu untuk mengetahui di hari apa saja restoran kamu membutuhkan jumlah pegawai yang cukup dan di hari apa saja restoran kamu nggak membutuhkan banyak pegawai. Kamu pun bisa menghindari overstaffing (Kelebihan pegawai) atau understaffing (Kekurangan pegawai) yang bisa berakibat pada buruknya pelayanan yang diberikan kepada pegawai.

Mempelajari traffic restoran akan membantu kamu melakukan alokasi pegawai yang tepat untuk restoran kamu sehingga kamu nggak akan kelebihan ataupun kekurangan pegawai.

3. Siapkan Sistem Khusus

Kehadiran sistem yang tepat dan memadai diperlukan agar proses alokasi atau pembagian shift restoran bisa lebih jelas dan mudah. Walau kamu bisa menggunakan sistem scheduling atau shift khusus, kamu pun juga bisa menggunakan aplikasi POS atau kasir yang memiliki fitur manajemen akses pegawai dan shift. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui siapa yang akan bekerja di hari tertentu dan siapa yang bisa memiliki akses kerja untuk kasir dan berbagai fitur lainnya di dalam aplikasi kasir kamu.

Dengan adanya sistem khusus, kamu nggak perlu lagi repot otak-atik spreadsheet untuk bikin jadwal ganti shift pegawai.

4. Jadilah Fleksibel

Punya sistem penjadwalan dan ganti shift yang kaku adalah bencana. Pasalnya, setiap pegawai kamu juga punya jadwal dan kebutuhan yang terkadang berubah-ubah. Menerapkan sistem yang kaku hanya akan bikin proses ganti shift di restoran kamu jadi berantakan dan berpotensi membuat para pegawai di restoran kamu jadi nggak puas.

Oleh karenanya, jangan lupa juga sediakan ruang untuk fleksibilitas karena terkadang ada saja momen-momen darurat yang membuat mereka harus mengganti jadwal mereka. Selalu siapkan backup plan agar kamu bisa menjalankan jadwal shift alternatif ketika jadwal shift utama nggak bisa dijalankan pada hari tertentu.

Di balik setiap pekerjaan dan performa restoran yang lancar, ada rencana yang baik dan fleksibel yang menopangnya. Hal ini pun berlaku pada pengelolaan shift di restoran kamu. Oleh karenanya, selalu rancang dan siapkan rencana shift dengan baik dan detil agar semua hal yang berurusan dengan shift pegawai bisa berjalan dengan lancar!