Free Sample: Apakah Masih Ampuh untuk Menambah Penjualan di Restoran?

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Masihkah free sample sanggup menarik lebih banyak pelanggan dan mendongkrak penjualan restoran? Mari simak pembahasan kali ini!

Salah satu metode pemasaran yang paling banyak dipakai untuk bisnis restoran adalah free sample. Sejak dulu, metode ini banyak dipakai berbagai restoran dan tempat makan untuk memberikan gambaran produk yang disajikan di suatu restoran dan menarik minat pelanggan untuk mampir ke restoran tersebut.

Kini, di era yang lebih modern, metode pemasarn ini masih banyak dipakai. Namun, apakah metode free sample ini masih punya magisnya untuk membawa penjualan yang lebih banyak buat restoran?

Efek Psikologis dari Sampel Gratis

Kata "gratis" mungkin merupakan salah satu kata yang punya daya pikat paling kuat di dunia bisnis. Apapun produk yang disematkan kata gratis, niscaya selalu saja ada orang yang ingin mencobanya. Namun, mengapa seseorang bisa terpikat dengan kata "gratis"?

Satu alasan yang pasti: Emosi atau perasaan. Psychology Today menjelaskan bahwa ketika kamu mendapatkan sesuatu yang diberikan kepadamu secara gratis, kamu akan merasakan perasaan bahagia atau positif. Sesuatu yang gratis akan terasa seperti sebuah reward yang nggak ternilai di dunia yang penuh dengan sesuatu yang harus bayar dan bayar.

Nggak mengherankan memang jika sesuatu yang gratis bisa memikat banyak orang. Namun, apakah sesuatu yang gratis atau free sample bisa meningkatkan penjualan?

Dan Ariely, seorang peneliti asal Duke University, mengungkapkan bahwa sesuatu yang sifatnya gratis atau free sample bisa membuat seseorang yang menerima dan mencobanya jadi teringat akan produk yang ia coba. Orang tersebut akan mulai menginginkan produk tersebut. Alhasil, free sample bisa meningkatkan potensi seseorang untuk membeli produk yang telah dicoba olehnya.

Dengan kata lain, penjualan restoran bisa berpotensi meningkat apabila kamu bisa menawarkan free sample kepada pasar.

Produk Free Sample di Restoran

Sumber: Pxhere.com

Penerapan Sampel Gratis dalam Bisnis Restoran

1. Terapkan di Event Khusus

Free sample bisa jadi salah satu hal yang meramaikan restoran kamu ketika sedang partisipasi di event khusus seperti pameran atau bazar. Free sample ini bisa digabungkan dengan ebrbagai promo dan penawaran khusus sehingga bikin para pelanggan baru lebih tergoda lagi untuk mencobanya.

2. Minta Tanggapan Pelanggan Setia

Kalau kamu ingin menyajikan free sample dari produk kamu, khususnya produk baru, cobalah untuk memberikannya kepada para pelanggan setia kamu. Minta mereka untuk mencobanya, lalu dengarkan tanggapannya. Setiap tanggapan akan sangat berarti untuk benar-benar menyempurnakan free sample kamu dan nantinya juga berharga untuk meningkatkan kualitas dan ciri khas yang akan kamu luncurkan.

3. Sajikan Signature Menu

Salah satu senjata ampuh untuk bikin pelanggan melirik produk kamu adalah dengan menyajikan signature menu dari restoran kamu. Signature menu bisa jadi garda terdepan untuk bikin para calon pelanggan kamu merasa bahwa restoran kamu punya sesuatu yang unik dan sulit ditemukan di tempat lainnya. Hal ini akan semakin menambah daya pikat dari free sample yang kamu tawarkan.

Nyatanya, walau zaman terus berkembang, free sample atau penawaran yang bersifat gratis masih punya daya tarik yang kuat untuk meraup pelanggan lebih banyak dan mendongkrak penjualan restoran. Metode ini tetap jadi metode yang layak untuk kamu pakai jika kamu ingin memperkenalkan restoran kamu ke masyarakat luas sekaligus membawa penjualan kamu jadi lebih meningkat. Yang jelas, ketika menyajikan free sample buat masyarakat, selalu utamakan kualitas sampel yang akan kamu berikan sehingga masyarakat benar-benar yakin kalau produk kamu layak dicoba!