Food Truck, Potensi Bisnis dan 4 Tips Memulainya!

16 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Tertarik memulai bisnis food truck sendiri? Begini potensi dan tips untuk memulai bisnis food truck impian kamu!

Semakin hari, semakin banyak konsep bisnis restoran yang hadir di ranah kuliner, termasuk di Indonesia. Setiap orang berlomba-lomba untuk menciptakan bisnis kuliner yang unik dan khas. Hal ini pun demi menarik pasar dan memperoleh pelanggan setia. Salah satu konsep bisnis kuliner yang menarik untuk dicoba adalah food truck. Seperti apa konsepnya dan bagaimana potensi dari konsep bisnis food truck? Untuk kamu yang sedang memikirkan konsep bisnis kuliner yang menarik, tetap di sini saja ya!

Mengenal Bisnis Food Truck

Food truck adalah konsep bisnis kuliner atau restoran yang mengedepankan penggunaan kendaraan seperti van. Konsep food truck bisa dikatakan sebagai konsep bisnis kuliner yang inovatif dan mampu menjadi jawaban bagi kamu yang ingin membuka bisnis kuliner atau restoran namun terkendala sewa dan lokasi. Selain itu, konsep food truck juga memungkinkan kamu untuk lebih mobile alias berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Keunggulan Bisnis Food Truck

1. Modal Nggak Terlalu Besar

Bila dibandingkan dengan membangun restoran konvensional di lahan milik sendiri atau di pusat perbelanjaan, modal untuk memulai bisnis food truck nggak terlalu besar. Kalau kamu memiliki kendaraan seperti van yang nggak terpakai, kamu bisa memodifikasi dan memanfaatkannya untuk food truck. Selain itu, kamu cukup mengeluarkan modal untuk bahan baku, peralatan dapur, dan sewa tempat (Apabila kamu memilih untuk fokus di satu atau dua tempat tertentu).

2. Lebih mobile

Dengan memanfaatkan mobil atau van, kamu jadi bisa lebih fleksibel dan mobile dalam berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam menjajakan makanan dan minuman kamu. Kamu pun bisa memilih sendiri di mana kamu ingin beroperasi.

3. Pilihan Makanan yang Menarik

Pilihan makanan dan minuman food truck tergolong cukup menarik. Ada banyak variasi menu makanan dan minuman yang kamu coba, mulai dari fast foodmexican food, hingga finger foods.

4 Tips Memulai Bisnis Food Truck

1. Tentukan Dulu Konsep dan Menunya

Pertama-tama, cari dan tetapkan terlebih dahulu konsep dan menu yang ingin kamu usung. Beberapa konsep yang bisa kamu coba adalah konsep mexican food dengan mengusung menu seperti tacosquesadillas, dan burritos. Kamu juga bisa coba untuk membuat coffee shop on the go dengan konsep food truck dan menyajikan beberapa pastry seperti croissant atau cakes dan camilan seperti fries atau sandwiches.

2. Tentukan Tempat Operasional

Selanjutnya, cobalah untuk menentukan di mana kamu akan menjalankan operasional bisnis kamu. Kamu bisa memilih untuk hanya mangkal di satu atau dua tempat tertentu saja, atau kamu bisa coba fokus untuk menjalankan food truck dengan lebih fleksibel dengan berpartisipasi di berbagai event tertentu, seperti bazar, pameran, atau pop up market.

3. Urus Perizinan

Kalau memang kamu memutuskan untuk memilih satu atau dua tempat yang tetap untuk menjalankan operasional bisnis, jangan lupa untuk mengurus perizinan dan sewa tempat tersebut. Jangan sampai kamu asal mangkal dan malah harus berurusan dengan pihak berwajib ya!

4. Manfaatkan Media Sosial

Konsep yang lebih mobile dan fleksibel dari food truck memungkinkan bisnis kamu jadi lebih unik lagi. Kamu pun bisa memanfaatkan media sosial untuk menonjolkan keunggulan ini. Kamu bisa membuat konten seperti konten tentang event mana yang akan kamu datangi dengan food truck kamu, menu limited yang bisa kamu sajikan di tempat-tempat tertentu dan dalam durasi terbatas, atau konten tentang keseharian kamu dan staf kamu di balik dapur food truck kamu.

Dengan sejumlah keunggulan dan konsepnya yang menarik, food truck bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif buat kamu yang sedang memikirkan untuk membuka bisnis restoran. Kalau kamu juga tertarik dengan konsep yang bisnis fleksibel, konsep food truck perlu kamu pertimbangkan.