Dapat Suntikan US$ 1 Juta, Inilah 3 Tips di Balik Membaranya Kesuksesan Sambal Bakar Indonesia!

7 Jun 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pertumbuhan yang makin masif dan pendanaan awal yang nggak main-main jadi kesuksesan terbaru dari Sambal Bakar Indonesia. Apa rahasianya?

Beberapa bulan lalu, kota Tangerang dihebohkan oleh kehadiran salah satu restoran spesialis sambal yang pertama kali buka di Tangerang, yakni Sambal Bakar Indonesia.

Restoran yang dimiliki oleh Iben Surya, seorang content creator ternama di TikTok ini telah digandrungi oleh banyak orang, terutama pecinta pedas yang ingin tahu seberapa pedas dan uniknya sajian sambal di restoran ini.

Nggak berhenti di situ, Sambal Bakar Indonesia, yang pertama buka di kota Tangerang, kembali menorehkan prestasi di akhir tahun 2022. Seperti dikutip dari Bisnis.com, restoran ini berhasil memperoleh suntikan dana awal atau pre-seeding fund sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp15 miliar!

Lantas, apa yang bikin Sambal Bakar Indonesia makin membara sampai-sampai berhasil memperoleh suntikan dana dari private investment?

3 Tips yang Bikin Kesuksesan Sambal Bakar Indonesia Makin Membara!

1. Punya Keunikan yang Kuat

Kekuatan terbesar yang dimiliki oleh Sambal Bakar Indonesia terletak pada keunikannya, yakni unique selling proposition dan unique value proposition yang dimilikinya.

Restoran ini memang menjual sambal seperti kebanyakan restoran, namun bila dibandingkan dengan para kompetitornya, Sambal Bakar Indonesia memiliki produk yang diolah dan disajikan secara berbeda, yakni sambal yang dibakar dan kemudian disajikan langsung di atas cobek.

Selain itu, secara value proposition, restoran ini punya cita rasa yang khas dengan harga yang terjangkau. Pelanggan pun merasa bahwa Sambal Bakar Indonesia punya value yang baik, di mana cita rasa produknya sesuai atau bahkan bisa dibilang lebih tinggi dari harga yang diberikan.

Sajian Sambal di Atas Cobek, Ikan, Ayam Goreng, dan Lalapan

Sumber: Sambal Bakar Indonesia

2. Fokus pada Pelanggan

Konten marketing yang dibuat dan digunakan oleh Sambal Bakar Indonesia tergolong audience oriented, membuatnya mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konten pelanggan.

Akibatnya, pelanggan atau audiens pun akan lebih mudah mengonsumsi konten yang diberikan oleh Sambal Bakar Indonesia dan nggak mudah lupa dengan brand Sambal Bakar Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh Iben Surya, seperti dilansir Warta Ekonomi, yang mengatakan bahwa misinya dalam Sambal Bakar Indonesia adalah membuat konten pemasaran yang menegaskan bahwa Sambal Bakar Indonesia adalah restoran pertama yang dibuat berdasarkan keinginan audiens.

3. Punya Perencanaan yang Jelas

Ketika sebuah restoran sukses meraih pendanaan dalam jumlah yang nggak main-main, itu berarti orang-orang yang berada di balik restoran tersebut punya perencanaan yang juga nggak main-main.

Dalam Bisnis.com, Iben Surya mengungkapkan kalau Sambal Bakar Indonesia memiliki perencanaan jangka pendek dan panjang.

Secara jangka pendek, Sambal Bakar Indonesia ingin melakukan ekspansi dan pengembangan bisnisnya di kawasan Jabodetabek, dengan 30 outlet direncanakan akan hadir pada tahun ini.

Sementara itu, secara jangka panjang, Sambal Bakar Indonesia ingin menghadirkan produk terbaru yang lebih khas dan unik buat para pelanggannya dan fokus untuk membuka hingga 150 gerai di seluruh Indonesia, bahkan ingin mencoba memiliki 500 gerai di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Di sisi lain, Sambal Bakar Indonesia juga ingin mengembangkan sistem operasionalnya agar sesuai dengan standar yang dimiliki restoran fast food global.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS