Cuma Butuh Aplikasi Kasir, Restoran Kamu Bisa Jadi Lebih Dekat dengan Pelanggan!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan bantuan teknologi yang sederhana, kamu bisa memahami apa yang pelanggan inginkan dan membangun relasi yang lebih dekat dengan mereka lebih mudah!

Dalam melayani pelanggan, salah satu hal yang harus kamu benar-benar perhatikan secara penuh adalah bagaimana behavior, preferensi, hingga selera mereka ketika datang dan membeli sesuatu dari toko kamu. Namun, acapkali hal-hal ini sulit untuk ditelusuri dan dikenali lebih dalam, entah karena kesibukanmu dalam mengurus hal-hal lain dalam bisnis atau begitu banyak pelanggan di toko kamu.

Agar memahami pelanggan dan jadi lebih dekat dengan mereka bisa lebih mudah, kamu cukup butuh aplikasi kasir!

Pasalnya, aplikasi kasir lebih dari sekadar aplikasi untuk mengurus transaksi dan keuangan restoran.

Aplikasi kasir punya fungsi tersembunyi lain, yakni...

Menyimpan Informasi Pelanggan

Aplikasi kasir restoran kini telah banyak dilengkapi oleh kemampuan atau fitur untuk menyimpan informasi pelanggan. Fitur ini umumnya dibuat secara sederhana untuk menyimpan informasi yang umum, seperti nama, nomor telepon, alamat, media sosial pelanggan, hingga transaksi dan produk yang sering mereka beli. 

Aplikasi Kasir untuk Bisnis Restoran Lebih Dekat dengan Pelanggan

Sumber: Unsplash.com

Manfaat Informasi Pelanggan untuk Restoran Kamu

1. Mengenal Preferensi Pelanggan

Melalui informasi dari transaksi atau histori pembelian yang pelanggan pernah lakukan di restoran kamu, perlahan kamu akan mulai mengenali dan memahami apa yang pelanggan suka dan sering pesan. Hal ini memudahkan kamu untuk mengenali behavior mereka ketika datang ke restoran kamu. Selain itu, kamu pun jadi lebih mudah mengetahui apa yang mereka akan pesan sehingga kamu nggak perlu menebak-nebak lagi menu pesanan mereka.

Ketika kamu memahami preferensi dan behavior pelanggan kamu dengan jelas, pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan hal ini memudahkan kamu untuk membangun relasi dengan mereka karena pemahaman kamu tentang mereka sebagai pelanggan.

Baca Juga: Cuma Butuh Kasir, 4 Ide Marketing Restoran ini Manjurnya Bukan Main

2. Memberikan Rekomendasi Produk

Memahami preferensi dan behavior pelanggan adalah jembatan yang memudahkan kamu untuk memberikan rekomendasi produk yang serupa atau sejalan dengan selera mereka. Misalnya, ketika seorang pelanggan rutin membeli kaos berbahan cotton combed, kamu bisa merekomendasikan kaos lain dengan bahan serupa, misalnya cotton bamboo atau heavyweight cotton sebagai alternatif.

Melalui aktivitas ini, kamu juga berpotensi untuk mendongkrak penjualan dari produk lain yang serupa.

3. Mempermudah Upselling dan Cross-Selling

Sebagaimana yang pernah dibahas, teknik penjualan produk secara upselling dan cross-selling adalah dua teknik yang begitu efektif untuk meningkatkan penjualan di restoran kamu. Cukup dengan sedikit persuasi dan rekomendasi yang tepat, kamu bisa mengajak pelanggan untuk menambah pembelian. Namun, efektivitas dari kedua teknik penjualan ini bisa mencapai potensi maksimalnya sampai kamu benar-benar mengenal dan memahami pelanggan kamu.

Lewat lengkapnya informasi pelanggan dan histori transaksi mereka, kamu akan mengenal selera mereka secara perlahan. Kamu pun akan mampu melakukan upselling dan cross-selling dengan cermat. Misalkan, ketika pelanggan rutin memesan cappucino dan sesekali memesannya dalam ukuran large, kamu bisa sesekali juga menawarkan untuk upgrade ukuran. Kamu juga bisa menawarkan varian topping lain apabila mereka rutin memesan minuman dengan topping tertentu.

Alhasil, pengalaman pelanggan pun akan semakin positif dan bervariasi.