Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Cafe dan coffee shop alias kedai kopi. Dua tempat ini bisa dibilang jadi tempat yang paling sering kamu kunjungi kalau sedang ingin nugas, santai sama teman-teman, hingga bekerja. Dengan semakin menjamurnya kedua jenis tempat tersebut, kamu jadi punya banyak pilihan dan referensi untuk dikunjungi.

Loh-loh, "kedua jenis tempat"? Berarti cafe dan coffee shop itu beda?

Sebenarnya, cafe dan coffee shop itu berbeda loh! Tapi, bedanya di mana sih?

Cafe

"Cafe" merupakan kata dalam bahasa Prancis yang berarti kopi. Pada dasarnya, sebuah cafe menyajikan beragam minuman kopi. Namun, cafe akan lebih menonjolkan atau mengutamakan sajian makanannya dibandingkan kopi. Makanan yang disajikan pun tidak hanya sekadar light bites dan pastrytetapi juga makanan-makanan berat atau hidangan utama dan berbagai minuman selain kopi, seperti teh, coklat, dan lain sebagainya. Karena penyajian menu makanan yang luas dan variatif ini, cafe memiliki karakter yang mirip dengan restoran.

Untuk atmosfernya sendiri, cafe umumnya punya nuansa dan lingkungan yang lebih eye-catching dan memanjakan pelanggan. Selain itu, cafe biasanya memiliki banyak tempat duduk yang ditujukan untuk grup atau kelompok besar. Karena itu, pemilik cafe harus menguras kocek lebih dalam untuk mempercantik tempat dan lingkungannya.

Coffee Shop

Coffee shop atau yang bisa dikatakan sebagai kedai kopi lebih fokus pada sajian minuman kopinya. Kedai kopi umumnya sangat serius dalam penyajian minuman kopinya, seperti minuman kopi berbasis espresso dan kopi manual brew. Mereka benar-benar mengutamakan kualitas kopi yang disajikan dan memastikan biji kopi yang digunakan memiliki kualitas yang sesuai dengan standar yang telah mereka tetapkan. Mereka terkadang memiliki variasi minuman kopi khas kedai mereka atau yang biasa disebut sebagai signature drink. Di samping mengutamakan menu dan kualitas minuman kopinya, kedai kopi juga memiliki beragam minuman lain dan berbagai makanan kecil. Makanan yang disediakan umumnya yang termasuk kategori pastry atau ready to go.

Berbeda dengan cafe yang bisa dibilang memiliki atmosfer yang lebih eye-catching, atmosfer dan dekorasi yang dimiliki kedai kopi umumnya bersifat casual atau santai. Tempat duduk yang disajikan pun tidak hanya untuk grup, tetapi juga untuk pelanggan yang datang sendiri. Maka dari itu, kedai kopi tidak hanya dikunjungi oleh mereka yang penikmat kopi, tetapi juga mereka yang bekerja atau sekadar nugas dengan santai dan rileks.

Nah, gimana? Kamu sudah mulai paham, kan? Memang kata cafe dan coffee shop bikin bingung karena penggunaannya sering tertukar. Tapi, dengan penjelasan di atas, semoga kamu mulai paham. Jika kamu sedang mengembangkan bisnis yang berkaitan dengan cafe dan coffee shop, kamu harus bisa menentukan memahami konsep keduanya. Jangan sampai konsep keduanya tertukar ya!