Bisnis Restoran di Lokasi Nggak Strategis Tetap Bisa Ramai oleh Pelanggan, Kalau...

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Punya bisnis restoran di lokasi yang nggak strategis memang sebuah tantangan. Lalu, bagaimana kamu bisa meramaikannya?

Kadangkala, ketika ingin memiliki bisnis restoran, kamu terpaksa harus memperoleh lokasi atau tempat yang sama sekali nggak strategis. Hal ini banyak penyebabnya: Keterbatasan lokasi yang strategis dan baik aksesnya atau biaya sewa di lokasi yang strategis yang tergolong tinggi.

Oleh karenanya, memiliki restoran di lokasi yang nggak strategis tentunya nggak mengenakkan. Restoran kamu jadi jarang dilihat orang, lalu lintas di depan restoran pun juga jarang. Hal ini memang bikin pusing sekaligus garuk-garuk kepala karena kamu harus berpikir keras untuk mencari jawaban. Kamu harus membayar berbagai pengeluaran, sementara restoran kamu jarang didatangi pelanggan karena 

Lantas, bagaimana seharusnya kita menghadapi permasalahan lokasi restoran yang nggak strategis?

1. Punya USP

Menjadi Unik dan Beda

Sebuah restoran atau destinasi kuliner, entah itu berada di lokasi yang super strategis atau tersembunyi sekalipun, nggak akan benar-benar menarik perhatian dan punya pelanggan tetap apabila nggak memiliki USP (Unique Selling Point) alias keunikan tersendiri. USP dibutuhkan sebagai pembeda sebuah bisnis dibandingkan dengan bisnis lainnya yang ada di sekitarnya atau di daerah tempatnya beroperasi.

USP bisa berasal dari mana saja. USP bisa berasal dari bahan baku yang digunakan, pelayanan yang begitu intim dan interaktif, cara pengolahan bahan baku yang khas dan berbeda, hingga beragam fasilitas yang nggak dimiliki oleh para kompetitor kamu. Pastikan kamu benar-benar bisa menemukan ciri khas yang kuat untuk menjadi bagian dari identitas restoran kamu. Dengan begitu, kamu bisa "mengundang" orang untuk datang ke restoran kamu, jadi pelanggan tetap kamu, dan ingat dengan restoran kamu!

2. Melakukan Branding dengan Tepat

Tahap-tahap Branding Bisnis

Kalau kamu punya bisnis restoran atau kuliner yang berlokasi di tempat yang jarang dilalui orang, seperti di dalam sudut-sudut gedung pasar atau gang perumahan, kamu bisa mengarahkan branding kamu ke restoran atau destinasi kuliner yang hidden gem atau secret.

Membangun citra bisnis yang cenderung mengarah ke hidden gem akan membantu bisnis kamu terkesan seperti sebuah harta karun ketika ditemukan oleh seorang calon pelanggan. Mereka akan merasa baru saja menemukan sesuatu yang begitu menarik dan unik namun jarang diketahui banyak orang. Hal ini juga akan menimbulkan perasaan eksklusif di dalam diri pelanggan tersebut.

3. Melakukan Pemasaran dengan Efektif

Pemasaran Bisnis yang Efektif

Pemasaran bisnis yang terbaik adalah pemasaran yang memanfaatkan media pemasaran yang tepat yang efektif untuk bisnis restoran kamu.

Untuk bisnis restoran yang bertempat di lokasi yang nggak strategis, pemasaran yang tepat dan efektif umumnya adalah dengan memanfaatkan word of mouthonline directory, dan media sosial.

Terkait dengan word of mouth, kamu harus benar-benar memaksimalkan apa yang kamu punya dan berikan dari restoran kamu. Dengan benar-benar mengerahkan segalanya, entah itu dalam hal pelayanan, bahan baku, dan pengolahan bahan baku, kamu bisa membuat para pelanggan kamu terkesan. Pelanggan yang terkesan dan puas umumnya akan berbagi info dan membicarakan restoran kamu dengan orang lain. Mereka pun bahkan bisa menulis review terkait dengan restoran kamu.

Terkait dengan online directory, kamu bisa mulai mendaftarkan restoran kamu ke online directory seperti Google Business Profile. Lalu, lanjutkan untuk lebih aktif mengelola profil bisnis kamu di sana dan rutinlah untuk merespon setiap review yang dikirimkan pelanggan untuk restoran kamu. Melalui aktivitas seperti ini, kamu bisa membantu restoran kamu terlihat lebih aktif dan benar-benar memperhatikan pelanggan.

Terkait dengan media sosial, satu hal yang kamu perlu sadari adalah bahwa nggak semua media sosial cocok untuk bisnis restoran yang kamu jalankan. Kamu harus mempelajari terlebih dahulu setiap jenis media sosial, cara kerjanya, hingga mayoritas pengguna yang ada di sana. Setelahnya, kamu jadi bisa memahami media sosial mana yang paling banyak menggunakan target pasar kamu. Ketika kamu melakukan pemasaran menggunakan media sosial yang nggak tepat dengan target pasar atau produk yang kamu jual, maka pemasaran seperti ini dapat dikatakan sebagai pemasaran yang nggak efektif sama sekali.

4. Membangun Kolaborasi

Kolaborasi dengan Rekan Bisnis

Untuk memperluas jangkauan kamu dan memastikan lebih banyak orang mengetahui keberadaan restoran kamu, cobalah untuk berkolaborasi dengan beberapa bisnis lainnya. Misalkan, kamu bisa berkolaborasi untuk mengadakan event khusus atau berkolaborasi membuat produk bersama dengan logo bisnis kamu dan bisnis lainnya dalam produk tersebut. Melalui cara ini, kamu pun berpotensi untuk memperoleh pasar yang lebih luas dan menarik pelanggan dari bisnis yang kamu ajak kolaborasi.

Nggak perlu khawatir ketika kamu terpaksa harus menjalankan bisnis restoran kamu di lokasi yang kurang strategis. Beberapa cara di atas akan banyak membantu kamu untuk meraih calon pelanggan lebih banyak. Namun, yang terpenting adalah bersabar dan berusaha secara konsisten dalam melakukan hal-hal di atas. Semangat!