Bikin Staf Restoran Kamu Lebih Bahagia dengan 3 Tips Manajemen Stress Ini!

4 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Stres dalam industri kuliner dan restoran wajar terjadi. Namun, dengan 3 tips berikut ini, staf restoran kamu dijamin lebih bahagia dan jauh dari stres saat bekerja!

Bekerja di industri kuliner dan restoran tentunya bukan perkara mudah. Segala sesuatu dalam pekerjaan di industri ini sangat sulit diprediksi. Di satu hari, kamu bisa tiba-tiba kewalahan dalam menghadapi pelanggan, di hari lainnya kamu bahkan harus menghadapi pelanggan yang komplain dan rumit. Kamu pun harus tetap bisa memancarkan energi yang positif dan selalu memberikan pelayanan yang ramah dan penuh dengan senyuman buat pelanggan meski sejatinya kamu sedang tertekan.

Oleh karenanya, agar kamu dan staf restoran kamu siap melalui hari-hari yang padat dalam menjalankan service di restoran, beberapa tips ini sangat kamu butuhkan agar kamu dan staf restoran kamu lebih fokus dan bahagia dalam bekerja!

1. Organisasi itu Penting!

Salah satu kunci dari manajemen stres di dalam industri kuliner dan restoran adalah organisasi yang teratur dan terstruktur. Sebagai pemilik restoran, kamu harus memahami setiap tanggung jawab dan tugas dari setiap staf kamu. Tempatkan setiap staf di workstation yang sesuai dengan keahliannya. Jika memang kamu menginginkan semua staf kamu untuk bisa multitasking, pastikan pembagian tugas jelas dan nggak terlalu banyak sehingga nggak membebani mereka.

Nggak hanya tentang mengatur tugas dan tanggung jawab, mengurangi stres dari staf restoran kamu juga bisa dilakukan dengan menyediakan berbagai peralatan dan sistem khusus. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengelola berbagai kebutuhan dan pekerjaan operasional restoran dengan cepat dan kilat. Beberapa aplikasi seperti aplikasi POS khusus manajemen restoran dan aplikasi manajemen persediaan di gudang jadi aplikasi atau sistem yang wajib dipakai untuk mengurangi stres dalam manajemen operasional restoran.

2. Sediakan Fasilitas Khusus

Sebagai pemilik restoran, salah satu hal yang bisa kamu berikan kepada para staf restoran kamu untuk mengurangi stres dan kelelahan mereka saat bekerja adalah dengan menyediakan ruang khusus seperti lounge untuk rehat sejenak. Ruangan tersebut bisa kamu lengkapi dengan seating yang nyaman, dispenser air, board games, dan kamar mandi. Ruangan tersebut bisa mereka jadikan spot untuk sekadar meluruskan kaki dan berbincang santai dengan sesama rekan staf mereka. Waktu break staf kamu harus ditingkatkan kualitasnya dengan fasilitas khusus yang memadai buat mereka.

3. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Terkadang, ada pula waktunya buat kamu dan staf restoran kamu untuk berhenti bekerja sejenak. Luangkan waktu beberapa hari untuk berlibur dan menyegarkan pikiran. Momen liburan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk bonding dengan semua staf restoran kamu dan berinteraksi dengan mereka serta berbincang tentang hal lain yang ada di luar pekerjaan. Meski begitu, kamu juga bisa menyempatkan waktu untuk sembari mendengarkan keluhan mereka dan mencari tahu apa yang perlu dikembangkan dari operasional restoran dan kebutuhan mereka sebagai staf restoran.

Jangan pernah sepelekan sesuatu yang disebut stres saat bekerja. Kondisi mental setiap staf kamu perlu jadi perhatian dan prioritas kamu dalam menjalankan operasional restoran. Untuk itu, kamu perlu memberikan yang terbaik agar mereka tetap bahagia dalam bekerja. Jangan sampai stres dalam pekerjaan membuat mereka merasa nggak betah selama bekerja di restoran kamu.