Berpikir Memulai Bisnis Bakery? Ini 6 Jenis Bisnis Bakery yang Bisa Kamu Pertimbangkan!

4 Oct 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Menentukan fokus dalam berbisnis bakery membuat kamu lebih mudah untuk membangun bisnis bakery sendiri!

Bisnis bakery saat ini semakin booming. Banyaknya peminat roti dan kue-kuean memungkinkan bisnis bakery untuk tetap ramai pembeli. Lagipula, siapa sih yang nggak tertarik dengan aroma roti menggoda yang baru keluar dari oven?

Kalau kamu punya passion di bidang baking atau punya kecintaan yang begitu besar soal roti dan kue-kuean, mungkin inilah saatnya untuk memulai bisnis bakery. Namun, bisnis bakery ada beragam jenisnya dan ada baiknya bagi kamu untuk menentukan fokus dari bakery kamu sendiri.

Untuk itu, pertimbangkan dulu 6 jenis bisnis bakery ini sebelum kamu menetapkan hati pada salah satunya!

1. Wedding Bakery

Wedding bakery adalah salah satu jenis bakery di mana fokus dari bakery ini adalah membuat berbagai sajian kue untuk pesta pernikahan.

Wedding bakery bisa jadi salah satu pilihan jenis bakery yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, perlu diingat bahwa untuk membuat wedding cakes, diperlukan keahlian khusus dan nggak main-main.

2. Bread Bakery

Bread bakery, sesuai namanya, merupakan suatu jenis bakery yang membuat dan menjajakan berbagai jenis roti-rotian. Umumnya, bread bakery dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni yang sifatnya tradisional atau yang komersial alias fokus pada bisnis dan penjualan.

Kalau kamu memilih mendirikan bread bakery, kamu akan berkecimpung untuk membuat berbagai sajian roti klasik dan yang populer untuk jadi konsumsi masyarakat. 

3. Bakery Cafe

Mungkin ini adalah salah satu jenis bakery yang paling populer di pasaran.

Bakery cafe memadukan dua konsep, yakni bakery dengan beragam sajian roti-rotian yang menggoda dengan cafe atau coffee shop dengan beragam sajian minuman kopinya.

Kombinasi dua konsep ini memang nggak pernah salah. Sebabnya, kopi dan roti ataupun pastry akan selalu jadi kombinasi untuk nongkrong atau bersantai yang pas. Selain itu, suasananya sendiri tergolong begitu cocok untuk nongkrong. Bahkan, bakery cafe umumnya jadi sasaran untuk orang-orang yang lebih suka sarapan roti ditemani secangkir kopi.

Etalase Toko Roti dengan Beragam Jenis Roti dan Kue

Sumber: Unsplash.com

4. Gourmet Bakery

Gourmet bakery merupakan jenis bakery yang fokus pada bagaimana mereka bisa menghasilkan berbagai jenis roti, kue, dan pastry dengan kualitas tertinggi. Bisa dibilang, gourmet bakery juga merupakan specialty bakery.

Dalam gourmet bakery, kualitas adalah prioritas nomor satu. Gourmet bakery umumnya telah memiliki resepnya sendiri (Yang biasanya berpaku pada resep-resep tradisional dan klasik) untuk memastikan cita rasa dan kualitas dari setiap produk bakery yang dibuat.

5. Pastry Shop

Pastry shop adalah salah satu jenis bakery yang fokus menghasilkan berbagai sajian roti dan kue yang terbuat dari tepung, air, dan lemak. Pastry umumnya cenderung merujuk ke tradisi bakery Eropa, tepatnya di kawasan Mediterania kuno.

Pastry shop sendiri kini sudah mulai berkembang dan semakin beragam. Peminatnya pun semakin banyak berkat kreasi pastry yang semakin beragam.

6. Food Truck Bakery

Bila pada umumnya sebuah bakery memiliki tempat yang tetap, lain halnya dengan food truck bakery.

Jenis bakery yang satu ini punya sifat yang lebih mobile layaknya food truck yang menjajakan produk lainnya. Food truck bakery merupakan pilihan yang menarik dan potensial. Kamu bisa menjajakan produk bakery kamu dengan berpindah dari satu tempat atau event lainnya. Kamu pun juga bisa menambahkan konsep cafe ke dalam food truck bakery kamu dengan menambahkan beragam minuman kopi.