Sumber keuntungan restoran bisa diperoleh bukan hanya dari penjualan menu-menu utama saja.
Keuntungan restoran juga bisa diperoleh dari hal-hal sekecil add-ons.
Lantas, bagaimana kamu bisa memanfaatkan menu add-ons untuk menambah keuntungan di restoran kamu? Simak pembahasan kali ini ya!
Kehadiran menu add-ons di restoran kamu akan membuka peluang untuk kamu melakukan upselling.
Menu add-ons, di satu sisi, memang bertujuan untuk meningkatkan nilai atau nominal transaksi dari setiap pelanggan.
Namun, di sisi lain, kamu bisa menyediakan ruang bagi pelanggan untuk membuat menu pesanannya jadi sesuai dengan selera mereka.
Untuk itu kamu perlu mengetahui add-ons yang tepat dengan menu yang kamu sediakan dan sesuai dengan selera atau permintaan pelanggan.
Impulse buying adalah perilaku umum yang dilakukan oleh seseorang yang perlu kamu manfaatkan betul-betul di restoran kamu.
Shopify mengungkap, salah satu alasan seseorang memutuskan melakukan impulse buying adalah stimulan indera manusia. Stimulan ini bisa "menggoda" indera manusia manapun, namun dalam konteks restoran, indera yang dimaksud adalah indera penciuman dan perasa.
Dengan mendorong seseorang untuk menambah add-ons berupa topping es krim dan cookies untuk minuman kopi susunya, ditambah dengan menggunakan bahan seperti aroma kopi yang menggugah, maka impulse buying akan sangat mungkin terjadi.
Beberapa menu yang kamu sediakan mungkin sudah menyediakan saus atau sambal tertentu.
Namun, kamu selalu bisa menyediakan berbagai tambahan saus dan sambal untuk menu tersebut.
Kembali lagi, pelanggan bisa memiliki selera yang berbeda terkait dengan saus dan sambal.
Setiap minuman dan makanan bisa disesuaikan topping-nya untuk menyesuaikan selera dan kesukaan tiap pelanggan.
Misalnya, ketika kamu menyediakan menu bakmi, kamu bisa menyediakan pilihan tambahan topping seperti topping daging ayam, daun bawang, hingga sayuran yang lebih banyak.
Kamu tinggal memilih untuk memberikan pilihan tersebut secara gratis atau membuat pelanggan cukup menambah sedikit biaya saja.
Intensitas bahan tambahan berarti lebih atau kurangnya intensitas bahan yang dipakai di suatu menu makanan atau minuman yang membuat cita rasa makan tersebut jadi lebih intens atau kurang.
Misalnya, kalau kamu menyediakan menu berupa iced latte, kamu bisa menyediakan pilihan untuk intensitas bahan tambahan dengan pilihan seperti "+1 espresso shot" untuk yang ingin kopi yang lebih kuat atau "1/2 espresso shot" untuk yang ingin kopi yang lebih ringan.
Menu add-ons, walau tampak nggak seberapa, bisa jadi peluang kamu untuk menambah keuntungan restoran dan juga membuat pelanggan lebih puas.
Agar pengaturan menu add-ons kamu lebih mudah, fitur Manajemen Menu Trofi bisa bikin kamu menambah dan mengatur apapun add-ons yang kamu punya. Kamu jadi bisa tawarkan add-ons yang sesua menu dan selera pelanggan dengan lebih mudah.
Sebanyak dan seberagam apapun menu add-ons kamu, pengelolaannya jadi terasa lebih ringan dengan Trofi!