Bagaimana Aplikasi POS Bisa Ringankan Beban Keuangan Restoran Kamu?

11 Sep 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Keuangan nggak hanya berkaitan erat dengan sistem dan proses akuntansi. Keuangan juga dipengaruhi oleh sistem POS yang akan kamu pakai!

Memilih aplikasi POS untuk restoranmu harus didasarkan pada begitu banyak pertimbangan. Bukan hanya untuk mempermudah pengelolaan restoran saja, kamu juga mesti memilih aplikasi POS yang tepat untuk mengurangi beban keuangan restoran kamu.

Kali ini, kita akan melihat dampak yang terjadi terhadap keuangan restoranmu ketika kamu memilih aplikasi POS yang tepat.

Bagaimana Aplikasi POS yang Tepat Bisa Ringankan Keuangan Restoran Kamu?

1. Menghemat Gaji Pegawai

Dulu, restoran membutuhkan banyak pegawai untuk mengelola pembayaran sampai dengan transaksi. Staf kasir pun bisa lebih dari 1 orang dan begitu juga staf pelayan yang membantu pembayaran bill.

Namun, dengan aplikasi POS yang tepat, kamu nggak akan membutuhkan banyak pegawai untuk mengelola transaksi restoranmu lagi. Menariknya, teknologi self order sudah mulai tersedia di beberapa POS, memungkinkan pelanggan untuk pesan dan bayar dari tempat duduknya saja.

Alhasil, kamu akan menghemat banyak pengeluaran untuk menggaji pegawai.

2. Menekan Biaya Peralatan

Bayangkan kalau restoranmu harus mengelola transaksi dan pesanan dengan satu buah kalkulator, tumpukan buku bon atau tagihan, dan pulpen dan kertas. Bayangkan berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk peralatan-peralatan itu setiap bulannya?

Kehadiran aplikasi POS kini nggak akan bikin kamu repot-repot membeli peralatan sebanyak itu lagi. Semuanya bisa kamu hitung dan atur hanya dengan aplikasi di smartphone kamu saja.

3. Meningkatkan Nilai Transaksi

Aplikasi POS yang tepat akan bukan hanya akan membantu kamu mengelola transaksi lebih mudah, tetapi juga membantu kamu mendongrak nilai transaksinya.

Dengan kehadiran sistem add-ons, kamu bisa melakukan upselling dengan mudah dan menyarankan pelanggan untuk mencoba menu lain yang tersedia. Nilai transaksi pun berpotensi jadi lebih besar!

4. Mengurangi Risiko Salah Pesanan

Salah menyajikan pesanan memang terdengar seperti sebuah kesalahan operasional. Namun, kalau ditelaah lebih lanjut, kesalahan ini juga bisa berdampak besar buat keuangan kita.

Skenarionya begini: Saat kamu memberikan pesanan yang salah kepada pelanggan, artinya kamu harus mengganti pesanan tersebut dengan pesanan yang benar. Pesanan yang salah sebelumnya kemungkinan besar akan kamu buang.

Akibatnya, kamu membuang biaya lebih besar karena bahan baku untuk makanan tersebut sudah kamu pakai dan kamu nggak mendapat return apa-apa karena salah tadi.

Kalau kamu memakai aplikasi POS restoran yang tepat, kamu bisa mengelola pesanan tersebut lebih akurat dengan fitur seperti table management dan kitchen display. Pesanan nggak ada yang terlewat dan tiba pada pelanggan yang tepat.

Kesimpulan

Dari segi keuangan atau finansial, aplikasi POS restoran yang tepat untukmu akan membawa segudang kemudahan. Restoranmu nggak perlu lagi terbebani oleh begitu banyak pengeluaran yang sebenarnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting, seperti marketing atau pasokan.

Kalau kamu mencari aplikasi POS yang bisa ringankan keuangan usahamu, kamu bisa melirik Trofi yang bebas biaya langganan! Selain itu, kehadiran sistem seperti self ordertable management, dan kitchen display akan menghemat pengeluaranmu.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS