Apa Maksudnya House Blend yang Dipakai di Coffee Shop?

25 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Salah satu istilah yang mungkin paling banyak muncul dari coffee shop adalah house blend. Apa itu dan kenapa ada di coffee shop?

Kalau kamu ke coffee shop dan memesan minuman, house blend barangkali jadi istilah yang sering muncul, entah itu ketika dijelaskan oleh barista atau dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Apa sebenarnya sebuah house blend? Kenapa ada house blend di suatu coffee shop?

Apa Artinya House Blend?

House blend adalah suatu istilah yang merujuk pada campuran beragam biji kopi yang digunakan di sebuah coffee shop. Biasanya, house blend disebut juga sebagai espresso blend karena ditujukan untuk membuat minuman espresso-based dan berbagai minuman lainnya yang menggunakan espressoHouse blend dapat menggunakan campuran biji kopi Arabika saja, Arabika dan Robusta, dan Robusta saja.

House blend pada dasarnya merupakan ciri khas dari sebuah coffee shop yang dapat menjadi pembeda dengan berbagai coffee shop lainnya. Hal ini dikarenakan setiap coffee shop menggunakan pilihan biji kopi dan resep yang berbeda untuk house blend-nya.

Namun, nggak semua coffee shop memilih untuk menggunakan house blend. Ada pula coffee shop yang memilih untuk hanya menggunakan satu biji kopi. Hal ini biasa disebut sebagai single origin.

Tujuan Menggunakan House Blend

House blend umumnya ditujukan untuk menonjolkan ciri khas dari suatu coffee shopHouse blend akan membentuk identitas dari suatu coffee shop dan menjadi penyokong utama untuk berbagai menu minuman di coffee shop tersebut. Agar dapat menciptakan house blend yang tepat dan berciri khas, orang-orang di balik suatu coffee shop perlu memiliki pemahaman yang mendalam terkait berbagai tingkatan sangrai kopi hingga karakter dan ciri khas biji kopi dari setiap daerah. Kalau dibuat secara asal-asalan, house blend bisa memberikan dampak buruk yang nggak main-main untuk coffee shop kamu. P

House Blend vs. Single Origin

Alternatif lain dalam menyediakan minuman espresso-based di coffee shop adalah dengan menggunakan biji kopi single origin. Menggunakan single origin artinya kamu hanya perlu menggunakan satu jenis biji kopi dari daerah tertentu saja. Hal ini jelas akan memudahkan kamu untuk mengolah biji kopi tersebut untuk coffee shop kamu.

Namun, kalau kamu mengincar sensasi ngopi dengan cita rasa yang lebih bervariasi, kamu bisa memilih house blend. Tapi, satu hal yang harus kamu ingat adalah pengolahan house blend nggak semudah single origin, sebab kamu harus menemukan kombinasi yang tepat dan terbaik. Nggak semua kopi cocok untuk dikombinasikan. Oleh karenanya, butuh pengalaman dan keahlian yang lebih dalam menghasilkan house blend yang nikmat dan perlu pemahaman tentang setiap biji kopi yang akan digunakan sehingga kamu dapat menentukan kecocokan kombinasinya.

Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan apa rasa kopi yang ingin kamu hasilkan untuk minuman espresso kamu, entah itu rasa yang fruitycomplex, dan dominan manis atau sweet. Dengan mempertimbangkan ekspektasi rasa yang ingin dicapai, kamu bisa mencari beberapa biji kopi yang potensial untuk kamu dalam meraih cita rasa yang ingin kamu capai.

Kamu jadi lebih paham, kan, apa itu house blend dan seberapa penting house blend untuk coffee shopTromates yang mulai ngulik kopi atau ingin membuka coffee shop harus paham agar nggak bingung saat ngopi atau saat pelanggan bertanya tentang house blend yang dipakai!