Ada Single Customer Datang ke Restoranmu? Inilah 3 Tips Menyambut dan Melayaninya!

27 Oct 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Melayani pelanggan yang datang sendirian bisa jadi aktivitas yang tricky. Bagaimana melakukannya dengan lancar?

Pelanggan yang menginjakkan kaki di restoran kamu tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Bukan hanya dari segi kepribadian dan perilaku, melainkan juga jumlahnya.

Kamu mungkin cukup sering menemukan pelanggan yang datang berdua atau rombongan. Namun, ada juga yang datang sendirian dan biasanya, pelanggan yang datang sendirian cenderung sedang ingin menyendiri atau menikmati waktu luangnya dengan lebih bebas.

Lalu, dari segi kamu sebagai pemilik restoran, apa saja yang perlu dilakukan agar kamu bisa melayani single customer dengan baik dan maksimal?

3 Tips Menyambut dan Melayani Single Customer di Restoranmu

1. Jangan Jadi Awkward

Ketika melayani seorang pelanggan yang datang sendirian, ada kecenderungan bagi staf kamu untuk bersikap atau memberi pelayanan secara awkward.

Daripada menanyakan "untuk satu orang saja?", lebih baik ajarkan staf kamu untuk segera mengakomodasi kebutuhan mereka yang datang sendirian. 

Di samping itu, cobalah untuk membaca gestur dan perilaku dari pelanggan tersebut. Membaca beberapa elemen tersebut akan memudahkanmu mencari approach terbaik untuk melayani pelanggan sehingga interaksi nggak awkward.

2. Sediakan Space yang Ideal

Orang yang datang sendiri umumnya adalah pelanggan yang ingin menikmati kebebasan lebih.

Mengetahui hal ini, staf kamu mesti menyediakan space dan tempat duduk yang sedikit lebih lega untuk mereka. Cari juga lokasi yang aksesibel, seperti di tengah-tengah restoran, jangan di pojok atau dekat toilet.

3. Fokus pada Pelayanan yang Personal

Pelanggan yang datang sendiri bukan berarti nggak bisa kamu berikan positive impression ya, Tromates. Kamu tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mereka sebagai bentuk apresiasi.

Cara melakukannya adalah dengan bentuk pelayanan yang lebih personal. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan free meal atau free snack ketika mereka sedang berulangtahun atau di momen spesial lainnya.

Kamu juga bisa mempelajari kebiasaan dan pesanan rutin dari pelanggan tersebut sehingga kamu bisa menyarankan menu yang sesuai dengan seleranya. Mereka akan benar-benar tersanjung ketika staf kamu benar-benar memperhatikan selera dan kebiasaan mereka.

Kesimpulan

Variasi jumlah pelanggan membuat kamu mesti memahami seperti apa keinginan dan perilaku mereka, termasuk mengenai single customer yang datang sendirian.

Dengan 3 tips di atas, diharapkan kamu bisa melayani single customer dengan lebih mudah dan menimbulkan kesan positif buat mereka!

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS