Ada Minyak Samin di Balik Cita Rasa Menggugah Kuliner Timur Tengah dan India!

22 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Apa sebenarnya minyak samin itu? Apakah serupa dengan minyak goreng pada umumnya?

Pernah nggak kamu berpikir kenapa kuliner khas India dan Timur Tengah punya cita rasa yang gurih dan khas?

Ternyata, di samping penggunaan berbagai jenis rempah-rempah, ada satu bahan khusus yang dipakai di dalam kedua kuliner ini.

Bahan tersebut punya nama minyak samin.

Asal Usul Minyak Samin

Minyak samin adalah suatu jenis minyak yang dibuat dari bahan dasar lemak. Umumnya, lemak yang digunakan berasal dari hewan seperti sapi, kambing, hingga onta.

Penampilan minyak samin sendiri mirip dengan mentega. Meski begitu, kandungan air dan padatan susunya sudah dipisahkan lalu dibuang.

Minyak samin berasal dari kawasan subbenua India yang kemudian diproduksi secara luas di berbagai negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afrika Timur.

Minyak Samin

Sumber: Sehatq.com

Dua Jenis Minyak Samin

1. Minyak Samin Hewani

Minyak samin hewani adalah salah satu jenis minyak samin yang dibuat dengan cara memasak lemak di dalam panci dengan menggunakan api kecil. Lemak ini dimasak hingga air di dalam lemak tersebut menguap dan proteinnya mengendap.

Setelahnya, padatan susu kemudian disaring atau dipisahkan hingga hanya menyisakan cairan. Nah, cairan inilah yang kemudian akan disebut sebagai minyak samin hewani.

2. Minyak Samin Nabati

Minyak samin nabati, berbeda dengan hewani, dibuat dengan menggunakan minyak kelapa sawit yang melalui proses hidrogenasi.

Proses hidrogenasi atau penambahan hidrogen pada minyak sawit cair tersebut kemudian membentuk minyak yang lebih padat bentuknya dalam suhu ruangan.

Alhasil, terciptalah minyak samin nabati.

Kegunaan Minyak Samin bagi Masakan dan Kesehatan

1. Memperkaya Cita Rasa Masakan

Minyak samin, yang banyak digunakan dalam kuliner India dan Timur Tengah, dikenal mampu bikin cita rasa masakan makin kaya dan bervariasi.

Masakan yang diolah dengan minyak samin akan terasa semakin hewani dan gurih.

Nggak mengherankan bila beberapa makanan yang menggunakan minyak samin, seperti nasi kebuli dan martabak, terasa begitu nikmat.

2. Sumber Lemak

Nggak hanya bikin makanan tambah nikmat, minyak samin juga bisa menjadi sumber lemak yang baik untuk tubuh.

Keberadaan lemak dalam minyak samin mampu digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi tambahan sekaligus membantu penyerapan zat gisi dan melindungi organ tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

Minyak samin memiliki kandungan lemak omega-3 yang tergolong menyehatkan dan bisa membantu menekan peradangan di dalam tubuh.

Lemak tak jenuh ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.