Seiring waktu yang berlalu, bentuk konten di media sosial semakin bervariasi. Nggak hanya itu, durasinya pun semakin singkat dan bisa dinikmati dalam waktu cepat.
Salah satunya adalah bentuk short video yang dipopulerkan oleh TikTok. Bentuk konten seperti ini pun diterapkan oleh Instagram dalam bentuk Instagram Reels.
Sebagai pemilik usaha resto, saatnya kamu memanfaatkan bentuk konten seperti ini untuk mengumpulkan pelanggan melalui media sosial. Lantas, bagaimana kamu bisa menggunakannya secara kreatif agar kamu bisa memperoleh lebih banyak pelanggan?
Keseharian staf saat menjalani shiftnya selalu menyimpan keunikan dan keasyikan tersendiri. Pelanggan bisa melihat bagaimana staf bekerja sampai kepribadiannya masing-masing.
Lewat konten seperti ini, pelanggan juga bisa mengenal dan membangun relasi secara nggak langsung dengan staf kamu. Akibatnya, pelanggan bisa merasa lebih dekat dengan mereka.
Nggak semua makanan cocok dengan minuman tertentu. Nah info atau konten mengenai food pairing bisa kamu coba untuk memberi saran dan rekomendasi soal makanan dan minuman yang harus dipesan berbarengan saat pelanggan datang ke restoranmu.
Ketika pelanggan datang ke restoranmu, mereka jadi bisa penasaran dan ingin tahu soal makanan dan minuman yang kamu cocokkan.
Resep restoran jangan hanya disimpan buat restoran kamu saja. Kamu bisa berbagi resep restoranmu ke pelanggan kamu di media sosial agar mereka bisa membuatnya sendiri di rumah kalau mereka tidak sempat mampir ke restoranmu.
Punya menu baru yang akan segera kamu rilis? Coba buat konten sneak peek!
Konten sneak peek bisa bikin pelanggan kamu jadi penasaran dan ingin tahu lebih banyak soal menu baru kamu. Yang paling penting dalam membuat konten ini adalah cara kamu membangun excitement di dalam diri pelanggan.
Selain resep, kamu juga bisa berbagai tips dan trik memasak yang baik dan benar. Cara-cara memasak mulai dari memotong, menggoreng, menumis, sampai memanggang bisa kamu bagikan ke pelangganmu.
Dengan konten seperti ini, pelanggan bisa memperoleh pengetahuan memasak lebih banyak untuk mereka coba di rumah.
Sumber: Unsplash
Testimoni atau review pelanggan selalu bisa jadi bahan yang menarik buat memasarkan restoran kamu.
Ajak pelanggan kamu untuk membagikan testimoninya secara langsung di Instagram Reels atau kamu bisa juga membuat kompilasi testimoni pelanggan yang kamu ambil di platform seperti Google Maps.
Jangan lupa manfaatkan Instagram Reels untuk membuat video yang interaktif dengan pelanggan. Salah satu bentuk konten atau video tersebut adalah video QnA.
Melalui video QnA, pelanggan bisa menyalurkan pertanyaan atau kebingungan mereka soal restoran kamu seperti jam operasional, menu best seller, sampai dengan hal-hal menarik lainnya. Mereka pun juga bisa menyampaikan komplain jika mereka mau!
Konten restaurant tour adalah konten menarik lainnya yang bisa kamu buat di Instagram Reels. Konten yang satu ini sangat bermanfaat buat pelanggan yang belum pernah atau mulai tertarik untuk datang ke restoran kamu.
Mereka bisa melihat seperti apa suasana dan isi restoran kamu sebelum benar-benar memutuskan untuk mengunjunginya.
Selalu ada cerita yang lucu dan menarik mengenai restoran kamu untuk dibagikan ke media sosial.
Cerita-cerita seperti suka duka staf, pekerjaan di balik dapur, sampai keseharian staf di luar dapur bisa menjadi bahan konten yang menarik agar pelanggan rutin mengikuti restoran kamu.
Terbatasnya durasi dari Instagram Reels jangan sampai menghambat kreativitas kamu dalam membuat konten yang menarik untuk pelangganmu.
Dengan 9 jenis konten kreatif di atas, kamu tetap bisa bikin konten yang unik dan bikin pelangganmu tetap terpikat dengan restoranmu.