7 Tips Bikin Pelayan Restoran Kamu Punya Pelayanan yang Luar Biasa & Prima buat Pelanggan!

12 Sep 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan 7 tips ini, kamu bisa membawa pelayanan di restoran kamu jadi lebih mantap dan luar biasa. Pelanggan makin senang, kamu makin tenang!

Sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, menjadi pelayan restoran bukanlah tugas yang encer. Pelayanan yang diberikan bukan hanya harus baik saja, tetapi juga harus berbeda, luar biasa, dan mampu memberikan pengalaman yang positif buat pelanggan.

Untuk itu, agar pelayan restoran kamu bisa melayani dengan prima dan luar biasa agar pelanggan tetap senang dan puas, berikan 7 tips atau masukkan ini buat mereka!

Pelayanan Restoran untuk Pelanggan

Sumber: Pexels.com

1. Mulai dari Bahasa Tubuh

Performa pelayan yang prima dan positif dalam melayani pelanggannya selalu dimulai dengan bahasa tubuh yang baik, benar, dan juga positif. Ketika pelanggan memasuki restoran, mulailah berikan senyuman. Selalu menjaga eye contact atau menatap mata pelanggan dengan baik untuk menunjukkan perhatian penuh kepada pelanggan. Jangan sampai terlalu kaku dalam melayani pelanggan. Gestur yang kaku justru akan bikin interaksi pelayan dengan pelanggan jadi kaku juga.

2. Jangan Pernah Bilang "Nggak Tahu"

Ketika pelanggan menanyakan sesuatu namun pelayan nggak mampu memberikan jawaban karena ketidaktahuannya, jawaban terbaik adalah "saya akan cari tahu terlebih dahulu".

Kalau pelayan kamu malah menjawab "nggak tahu" hal tersebut hanya akan menunjukkan bahwa ia nggak benar-benar mampu memberikan pelayanan terbaik dan nggak memahami dengan baik apa yang perlu ia kerjakan dan tanggung jawabnya sebagai pelayan.

Dengan menjawab "saya akan cari tahu terlebih dahulu", pelayan kamu dapat menunjukkan bahwa ia ingin benar-benar belajar dan ingin memberikan informasi dan pelayanan terbaik buat pelanggan yang dilayaninya.

3. Cari Timing yang Pas

Dalam memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan, timing bisa menjadi salah satu kuncinya.

Contohnya begini: Sekelompok pelanggan sedang mampir di restoran kamu dan menikmati sejumlah sajian. Setelahnya, mereka asyik berbincang dan mengobrol santai. Di sela-sela obrolan, pelayan kamu datang dan mengintervensi.

Itu adalah bentuk timing yang nggak pas.

Timing dalam memberikan pelayanan di restoran perlu menyesuaikan dengan situasi dan kegiatan yang sedang dilakukan opelanggan. Ketika pelanggan sedang asyik mengobrol, ada baiknya kamu menahan diri untuk memotong.

Ketika mereka sudah mulai berhenti mengobrol atau bersiap-siap untuk berdiri dari tempat duduknya, maka kamu bisa segera mengangkat piring dan alat makan lainnya.

Kalau kamu memang ingin menginterupsi, lakukanlah dengan sopan sembari memohon izin untuk melakukan yang ingin kamu lakukan, seperti mengisi ulang minuman dan mengangkat piring dan alat makan.

4. Pelajari dan Pahami Pelanggan

Dalam melayani pelanggan di restoran, cobalah untuk mempelajari dan memahami pelanggan (Bukan berarti harus berkenalan dan minta nomor telepon ya!).

Mempelajari dan memahami pelanggan di sini berarti mencoba untuk mengenal preferensi dan selera pelanggan ketika akan memesan makanan dan minuman di restoran kamu. Selain itu, kamu bisa juga menghafal setiap nama pelanggan dan bagaimana kebiasaan mereka ketika mereka sedang ada di restoran.

Dengan mempelajari dan memahami pelanggan secara utuh, kamu bisa memberikan pelayanan yang lebih beda dan tentunya naik level serta mampu bikin pelanggan jadi merasa lebih dihargai dan diperlakukan dengan penuh perhatian.

5. Jadilah Pendengar yang Baik

Seorang pelayan yang baik bukan hanya mereka yang aktif mengantarkan pesanan pelanggan dengan penuh perhatian dan mengangkat alat makan kotor, namun juga merupakan orang yang aktif mendengarkan pelanggannya.

Ketika pelanggan sedang komplain dan memberikan masukkan atau tanggapan, maka langkah terbaik adalah dengan mendengarkan dengan aktif dan sabar.

Bagaimanapun reaksi dan ekspresi yang diberikan pelanggan, ada baiknya bagi pelayan kamu untuk tetap mendengarkan dengan fokus dan benar-benar memperhatikan apa yang diinginkan dan dikeluhkan oleh pelanggan

6. Berikan Rekomendasi Menu

Sebagai seorang pelayan, adalah sebuah langkah yang bijak untuk punya pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang setiap menu yang ada di restoran kamu.

Ketika pengetahuan menu digabungkan dengan pemahaman kamu terhadap perilaku dan selera pelanggan, pelayan kamu akan dengan mudahnya bisa memberikan rekomendasi menu yang bisa dicoba atau yang sesuai dengan selera pelanggan.

Dengan melakukan tindakan seperti memberikan rekomendasi menu, pelanggan kamu akan merasa bahwa pelayanan yang diberikan benar-benar mampu memahami dan mengetahui keinginan mereka dengan baik dan hal ini akan memberikan pengalaman yang positif juga buat pelanggan.

7. Jadilah Diplomatis

Bertemu dengan pelanggan atau sekelompok pelanggan yang nggak beranjak dari tempat duduknya dalam waktu yang lama walau mereka sudah selesai makan adalah salah satu tantangan yang cukup tricky. Untuk hal ini, maka kuncinya adalah bersikap diplomatis.

Gunakan bahasa sopan, gestur positif, dan sampaikan ke pelanggan itu bahwa meja itu sudah dipesan di waktu tertentu (Bila ada reservasi) atau bahwa ada pelanggan lain yang sedang menunggu meja. Yang terpenting, katakanlah secara jujur kepada pelanggan tersebut dan bersikaplah dengan sopan.

Memberikan pelayanan yang luar biasa dan prima buat pelanggan nggak bisa dilakukan dalam sehari saja. Butuh konsistensi dan latihan secara kontinu sehingga para pelayan kamu bisa lebih terbiasa dan terlatih dalam memberikan yang terbaik dan luar biasa buat para pelanggan kamu!

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS