7 Tempat Makan Favorit Jokowi, Ada di Jakarta Sampai Solo!

22 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Yuk intip sekilas nikmatnya berbagai tempat makan favorit Jokowi!

Hari ini, 21 Juni, adalah hari kelahiran Presiden RI Jokowi!

Untuk merayakannya, mari kita lihat berbagai tempat makan yang jadi favorit presiden yang terkenal suka minum jamu ini. Ada yang berlokasi di Jakarta, Bogor, sampai di kota kelahirannya, Solo!

1. Wiro Sableng 212

Kalau mencari kuliner seafood yang terkenal nikmat, Wiro Sableng 212 juaranya. Menu andalan di sini antara lain kepiting saus padang, ikan baronang bakar, dan cumi goreng tepung. Sementara itu, Presiden Jokowi dan keluarga memilih kerang bambu dan kepiting saus padang sebagai andalannya.

Setiap bahan baku di Wiro Sableng 212 diambil secara langsung dari Muara Angke. Alhasil, kesegarannya pun terjamin. Kalau datang ke sini, jangan lupa untuk membawa keluarga atau teman-teman sebab tempatnya sendiri begitu luas dan bisa menampung banyak orang.

2. Rumah Makan Medan Baru

Selain Wiro Sableng 212, inilah salah satu tempat makan legendaris di Jakarta yang juga jadi favorit Presiden Jokowi. Kalau mendengar rumah makan yang satu ini, tentunya menu gulai kepala ikan yang rasanya sudah tersohor dan jadi legenda muncul pertama kali di kepala. Menu ini sukses menyihir Presiden Jokowi ketika pertama kali mencicipinya. Rasanya yang gurih dengan bumbu rempah yang sedap adalah kekuatan utama dari sajian ini. Tekstur ikannya pun lebih halus dan lembut.

Selain menu gulai kepala ikan kakap, Presiden Jokowi juga sering memesan menu burung punai goreng. Teksturnya begitu halus dan lembut dengan rasa asin yang cukup menonjol. Nggak heran restoran yang legendaris ini sering dikunjungi rutin oleh Presiden Jokowi

3. Nasi Goreng RS Salak

Bergeser sejenak ke Bogor, tepatnya di depan RS Salak, terdapat kawasan kecil yang diisi oleh banyak pedagang kaki lima. Salah satunya adalah seorang penjaja nasi goreng bernama Latif. Warung nasi goreng milik Latif dan 2 warung nasi goreng lainnya adalah langganan Presiden Jokowi dan keluarganya. Dengan harga yang terjangkau, cita rasa yang gurih dan sedikit manis, dan porsi yang cukup melimpah, nggak heran jika Presiden Jokowi sering mengundang para penjual nasi goreng yang ada di depan RS Salak ini untuk jamuan khusus di Istana Bogor.

4. Martabak Kiki

Masih di Bogor, ada Martabak Kiki yang juga sering diundangn untuk melayani jamuan makan di Istana Bogor. Tempat makan martabak yang sudah buka sejak 1990-an ini bahkan sudah sering diundang ke Istana Bogor oleh para presiden sebelumnya, seperti Gus Dur dan SBY. Pemiliknya, Kiki Sanjaya, mengungkapkan bahwa tempat makannya dibuka setelah ia memperoleh keahlian membuat martabak berasal dari pengalamannya saat bekerja untuk orang lain.

Di sini, kamu bisa menemukan beragam martabak manis, klasik, dan telur. Salah satu martabak yang wajib kamu coba di sini adalah martabak pandan suji yang dibuat dengan olahan daun pandan. Isiannya pun terdiri atas cokelat, kacang, dan keju dan jumlahnya begitu melimpah. Martabaknya cukup tebal dan teksturnya begitu lembut. Selain itu, kamu juga bisa coba martabak telur yang memakai telur bebek. Dengan tambahan daging sapi, acar, dan kuah cuko, rasanya jadi makin mantap. Joss!

5. Soto Triwindu

Saatnya pindah ke kota kelahiran Presiden Jokowi: Solo!

Salah satu destinasi kuliner yang menjadi langganan Presiden Jokowi adalah Soto Triwindu. Warung soto yang satu ini telah buka sejak tahun 1939 dan sudah sering dikunjungi oleh berbagai tokoh nasional selain Presiden Jokowi, seperti Gus Dur, Kaka Slank hingga Harmoko.

Soto Triwindu telah dikenal melegenda berkat rasa kuahnya yang khas. Meski kuahnya berwarna bening, rasa daging sapinya begitu khas dan terasa. Hal ini berkat daging sapi yang direbus lama dan kemudian dituangkan ke dalam kuali soto. Alhasil, cita rasa sapinya begitu terasa dan mengental di kuahnya. Selain itu, lauk pauk untuk seporsi soto pun terasa begitu menggoda, mulai dari tempe mendoan, tempe daun, babat, dan kikil.

6. Soto Gading

Selain Soto Triwindu, ada Soto Gading yang juga menjadi salah satu soto langganan Jokowi di Solo. Soto Gading sudah disukai Jokowi sejak ia masih menjadi Walikota Solo. Di Soto Gading, kamu bisa menikmati seporsi soto ayam dengan kuah yang kental dan didominasi dengan cita rasa kaldu ayam bening. Rasanya begitu ringan dan nggak dicampur terlalu banyak rempah. Di sotonya sendiri, terdapat soun dan suwiran daging ayam serta daun seledri dan bawang goreng. Untuk seporsi soto ayam di sini, kamu cukup mengeluarkan selembar uang Rp20.000 saja. Sudah murah, nikmat pula!

7. Ayam Goreng Mbah Karto

Selain kuliner soto, Presiden Jokowi pun menyukai sajian ayam goreng di Ayam Goreng Mbah Karto. Tempat makan yang telah membuka pintunya sejak 1960-an ini punya sajian ayam goreng yang begitu melegenda dan khas. Apa rahasianya? Ayam goreng di sini diracik dengan bumbu bacem, bawang putih, dan rempah lainnya. Selanjutnya, daging ayam yang berusia kurang lebih 3 bulan tersebut diungkep baru kemudian digoreng.

Ayam goreng tersebut kemudian disajikan dengan sambal blondho yang dibuat dari ampas endapan minyak santan kental dan dicampur dengan sambal bawang. Ayam goreng yang rasanya kaya rempah, dicocol sambal blondho yang begitu sedap menghasilkan kombinasi yang nggak terkalahkan.

Wah, ternyata Presiden Jokowi punya selera dan langganan kuliner yang oke juga ya? Beberapa tempat makan langganannya bahkan sudah bisa dianggap melegenda!