7 Makanan Untuk Buka Puasa yang Lebih Sehat!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Yuk jaga kesehatanmu saat buka puasa dengan 7 makanan sehat ini!

Saat berbuka puasa, seringkali kenikmatan sajian berbuka menjadi incaran. Apalagi, setelah menahan lapar yang berkepanjangan, indera perasa serasa ingin dipuaskan dengan berbagai hidangan nikmat dan menggoda. Namun, jangan sampai hal tersebut jadi satu-satunya prioritas ya, food lovers!

Di samping kenikmatan, kesehatan juga harus jadi pertimbangan saat berbuka puasa. Kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap harus jadi hal yang nggak boleh kamu lupakan agar kamu bisa tetap sehat, bugar, dan lancar menjalani ibadah puasa.

Oleh karenanya, inilah beberapa pilihan makanan yang nggak hanya enak, tetapi juga menyehatkan untuk buka puasa!

1. Alpukat

Buah yang banyak diolah menjadi jus dengan campuran susu kental manis rasa coklat ini sejatinya bisa dinikmati langsung. Manfaat kesehatannya pun berlimpah. Alpukat punya kandungan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Nggak hanya itu, alpukat mengandung lemak nabati yang mampu menyehatkan jantung dan serat yang bisa memaksimalkan fungsi organ-organ pencernaan sehingga pencernaan kamu makin sehat dan lancar!

2. Sup Kacang Merah

Sup kacang merah memang terlihat sedikit bland alias kurang menarik, tapi jangan salah! Makanan ini adalah makanan yang lezat dan punya cara memasak yang nggak ribet. Cukup bermodalkan kaldu ayam atau sapi, kacang merah segar, dan wortel, hingga tambahan berbagai rempah sederhana, sup kacang merah bisa jadi sajian buka puasa bareng kelurga yang sehat nan lezat. Apalagi, kacang merah punya manfaat untuk mengontrol sel kanker hingga menurunkan berat badan. 

3. Telur Rebus

Makanan simpel selain sup kacang merah yang lezat dan bikin sehat adalah telur rebus.  Nggak hanya simpel, telur rebus juga bisa kamu sesuaikan durasi masaknya. Mau telur yang setengah matang? Bisa! Mau matang sekali? Bisa juga!

Nggak hanya gampang dimasaknya dan bisa diatur sesuai kemauan kamu, telur rebus membawa begitu banyak manfaat. Baik untut otot, bagus untuk metabolisme, hingga cocok untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesuburan. 

4. Pecel

Kalau kamu mau cari menu buka puasa nikmat yang lebih tradisional dan super sehat, pecel adalah jawabannya! Dengan berbagai kombinasi sayuran rebus ditambah dengan bumbu pecel yang bikin air liur menetes. Kandungannya pun dijamin punya manfaat buat tubuh kamu! Mentimun yang membantu tubuh tetap terhidrasi, kacang panjang yang mampu menurunkan risiko kanker, kemangi yang baik untuk penderita diabetes dan mampu menghilangkan bau mulut, dan toge yang mampu cegah radikal bebas dengan antioksidannya. Super sehat kanfood lovers?

5. Smoothies

Nggak hanya buah alpukat yang manis dan sehat untuk buka puasa. Kalau kamu butuh sesuatu yang sama-sama manis namun punya tampilan yang lebih atraktif, nggak ada pilihan lain sebaik smoothies. Untuk membuatnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera. Kamu bisa memilih untuk menggunakan yogurt atau susu segar untuk dicampur dengan beberapa potong buah. Biar lebih sehat, gunakan yogurt atau susu yang lebih rendah lemak dan gula. Kamupun tidak perlu tambah gula karena smoothies sudah punya rasa manis.

6. Salad Sayur dan Buah

Bosan sama pecel, ada salad sayur dan buah. Campuran sayur-sayuran dan buah-buahan dalam satu mangkok atau piring adalah kombinasi super lezat dan penuh nutrisi. Menariknya, salad sayur dan buah ini bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama karena proses pencernaan di lambung dan usus yang terbilang lambat. Agar lebih memiliki kandungan nutrisi, gunakan dressing yang lebih sehat, seperti olive oil atau honey & lemon dressing.

7. Nasi Merah Gurih

Bosan dengan nasi putih? Coba nasi merah! Menu makanan ini banyak dikenal mereka yang sedang diet atau dengan kata lain, nasi merah mampu menurunkan berat badan. Selain itu, nasi merah baik untuk kesehatan jantung dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Jika bosan dengan nasi merah yang begitu-begitu saja, cobalah memasak nasi merah gurih. Dengan daun salam, daun pandan, dan campuran kaldu ayam. Hasilnya, buka puasa kamu akan jadi lebih beda!

Food lovers, selama menjalankan ibadah puasa, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya! Kalau kamu butuh rekomendasi lain untuk makanan berbuka puasa, Trofi punya beberapa rekomendasi di sini!