7 Destinasi Kuliner yang Nggak Boleh Terlewat di Sekitar Candi Borobudur!

16 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Setelah keliling di Candi Borobudur, ada beragam destinasi kuliner yang bisa kamu nikmati untuk memuaskan perut lapar kamu!

Megahnya Candi Borobudur selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi begitu banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terlebih lagi, Candi Borobudur punya sajian pemandangan perbukitan yang memanjakan mata dan relief candi yang begitu bersejarah dan begitu mempesona.

Meski begitu, berwisata di kawasan Candi Borobudur yang luas bisa dengan mudahnya menguras tenaga. Kalau sudah puas dengan sajian indah nan megah dari Candi Borobudur dan perut kamu sudah mulai konser, saatnya mengisi perut dan memanjakan lidah kamu di 7 destinasi kuliner yang dekat dengan Candi Borobudur ini!

1. Sop Senerek dan Nasi Rames Banar

Pernah dengar sop senerek? Kuliner khas Magelang yang satu ini adalah kuliner yang memperoleh pengaruh langsung dari era kolonialisme Belanda.

Berdekatan dengan Candi Borobudur, kamu bisa menemukan sop senerek khas Magelang yang terkenal di Sop Senerek dan Nasi Rames Banar. Kuliner yang menggunakan bahan utama kacang senerek atau kacang merah ini diracik di sini dengan begitu gurih dan menyegarkan. Selain itu, hangat kuahnya cocok dinikmati bersama dengan nasi rames untuk menemani suasana adem ketika kamu menyantapnya.

2. Kedai Bukit Rhema

Tahu destinasi Gereja Ayam di Bukit Rhema yang pernah dikunjungi oleh Rangga dan Cinta? Tentu tahu dong cantiknya pemandangan di sana ketika Rangga dan Cinta sedang berada di atasnya? Masih berdekatan dengan Gereja Ayam dan Candi Borobudur, ada Kedai Bukit Rhema untuk kamu melepas penat setelah berjalan mengelilingi kawasan Candi Borobudur. Di sini, pemandangan perbukitan hijau nan cantik siap menjadi sajian utama yang siap menyegarkan mata dan jiwa!

Nggak cuma jual pemandangan saja, Kedai Bukit Rhema punya berbagai sajian menarik untuk menemani kamu santai menikmati pemandangan. Kamu bisa coba nasi goreng magelangan yang nikmat sembari menyeruput kopi robusta khas Magelang. Nggak hanya itu, ada minuman signature bernama Cerita Cinta di Sore Hari, yang merupakan minuman red velvet dengan campuran irish syrup dan susu segar.

3. Warung Kopi Badhek

Mampir ke Warung Kopi Badhek serasa mampir ke rumah kakek dan nenek di kampung. Suasana khas pedesaan yang kental hadir berkat arsitektur warung yang menonjolkan kesan rumah joglo dan ramai pepohonan yang menyejukkan serta persawahan yang berada di sampingnya.

Di sini, sajian utamanya tentu saja kopi hitam yang dibuat dengan cara tubruk atau disaring. Selain itu, kamu juga menikmati es badhek yang super segar dan manis. Badhek sendiri merupakan semacam nira. Badhek ini nggak hanya disajikan untuk dibuat minuman dingin, tetapi juga untuk dicampurkan ke kopi hitam sehingga menghasilkan aftertaste yang sedikit manis di lidah.

Nggak cuma itu, kamu pun di sini bisa menikmati sajian all you can eat dengan harga Rp7.500 saja! Harga ini sudah termasuk nasi, beragam pilihan sayur, dan tentu saja. sambalnya. Butuh camilan? Ada sajian tape, tempe mendoan, dan pisang goreng yang siap memanjakan lidah kamu!

4. Joglo Panglipuran Borobudur

Mencari destinasi kuliner yang cocok untuk keluarga di sekitar Candi Borobudur? Joglo Panglipuran tempatnya! Dengan lokasi yang luas dengan nuansa pedesaan, keluarga kamu dijamin nyaman untuk bersantap di sini. Terlebih lagi, Joglo Panglipuran punya beberapa sajian yang menarik untuk dicoba, mulai dari garang asem, mangut lele, sampai kopi klothok. Lebih mantapnya pula, harganya juga ramah untuk keluarga!

5. Stupa Restaurant

Stupa Restaurant bisa jadi destinasi kuliner lainnya di sekitar Candi Borobudur yang cocok untuk dikunjungi oleh kamu dan keluarga. Suasana pedesaan bercampur dengan rindang hutan jati dan persawahan ditambah dengan kuliner tradisional Indonesia yang terjangkau adalah ciri khas dari tempat ini. Stupa Restaurant juga sesekali mengadakan fasilitas live music, menambah romantis dan hangat suasana untuk kamu yang datang bersama kekasih dan keluarga (Dan mungkin, dua-duanya!).

6. Dapoer Gending

Kalau kamu lebih tertarik dengan makanan-makanan sederhana, Dapoer Gending layak kamu coba. Tempat makan ini menyediakan beragam makanan sederhana dan merakyat, mulai dari lele goreng dan ayam geprek. Dapoer Gending menyajikan makanan dalam bentuk a la carte dan paket. Harganya? Super terjangkau! Dengan harga Rp10.000 - Rp20.000, menu ayam geprek atau lele goreng yang nikmat dan sedap sudah bisa kamu nikmati selepas keliling di Candi Borobudur!

7. The Cabin Coffee Bar

Mau ngopi di tempat yang punya kesan lebih kekinian? Coba mampir ke The Cabin Coffee Bar. Coffee shop yang satu ini benar-benar menunjukkan keseriusannya soal kopi dan itu ditunjukkan dengan pilihan biji kopi yang cukup variatif. Nggak cuma itu, kamu harus coba menu khas mereka di sini, yaitu The Cabin's Iced Coffee, yang merupakan kombinasi espresso, sirup jeruk, sirup lemon, dan sparkling water. Sejuk-sejuk segar!

Food lovers, nggak usah khawatir kelaparan setelah jalan-jalan keliling Candi Borobudur ya! Banyak destinasi kuliner tradisional maupun modern yang siap menyambut kamu dan bikin nafsu makanmu tergugah!