7 Cara Unik Membangun Interaksi dengan Pelanggan saat di Restoran!

18 Jan 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pelayanan yang disertai dengan cara interaksi yang baik dan berbeda akan bikin pelanggan terasa lebih spesial dan puas akan restoran kamu!

Interaksi dalam memberikan pelayanan jangan sampai hanya sekadar interaksi yang berdasarkan standar operasional prosedur saja.

Kamu juga perlu memberikan interaksi dengan cara yang unik dan berbeda ketika pelanggan sedang berada di restoran maupun sudah meninggalkan restoran!

7 Cara Unik Membangun Interaksi dengan Pelanggan saat di Restoran!

1. Konfirmasi Reservasi dengan Detail

Apabila restoran kamu punya sistem reservasi sendiri dan ada yang melakukan reservasi, pastikan untuk melakukan konfirmasi dengan detail.

Di samping itu, jangan lupa juga untuk penuhi permintaan pelanggan apabila pelanggan request sesuatu saat melakukan reservasi atau memberikan penawaran lainnya yang menarik untuk acara makan mereka.

2. Membaca Gestur Pelanggan

Ketika seorang atau sekelompok pelanggan perlahan menghampiri restoran kamu, maka ini adalah kesempatan yang baik untuk para staf kamu membaca dan memahami gestur dan perilaku mereka.

Ini bukan hal yang mudah memang. Staf kamu harus dilatih dan butuh pembiasaan sehingga mereka bisa memahami gestur dan perilaku pelanggan dengan baik.

Namun, sekali mereka mampu memiliki pemahaman yang baik atas gestur dan perilaku pelanggan, mereka akan bisa memberikan pelayanan dan berkomunikasi dengan cara yang tepat dan sesuai dengan perilaku pelanggan tersebut.

3. Komunikasi untuk Pelanggan yang Waiting List

Agar menunggu nggak jadi kegiatan yang membosankan, latih staf kamu untuk membantu dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sedang masuk waiting list.

Kamu bisa ajak mereka mengobrol, memberikan free snack, hingga memberikan tempat duduk yang nyaman untuk mengusir rasa bosan menunggu.

4. Tanyakan Pertanyaan yang Tepat

Selama melayani pelanggan, staf kamu perlu membangun interaksi secara aktif. Artinya, pelanggan kamu yang memulai atau menginisiasi percakapan dengan pelanggan.

Staf kamu bisa menanyakan beragam hal yang terkait dengan restoran kamu, misalnya seperti menanyakan performa pelayanan yang diberikan hingga kualitas makanan yang sedang dinikmati pelanggan.

Nggak hanya itu, staf kamu juga bisa bertanya mengenai kebutuhan pelanggan. Siapa tahu, ia sedang membutuhkan bantuan terkait pesanannya hingga alat makan.

5. Berikan Layanan yang Terasa Dekat

Seorang pelanggan suka jika pelayan memberikan interaksi dan pelayanan yang terkesan spesial atau khusus untuk mereka.

Hal ini bisa dilakukan dalam bentuk memenuhi permintaan khusus pelanggan, memberikan hadiah kecil untuk hari ulang tahun, hingga mengenali selera dan preferensi pelanggan berdasarkan menu yang biasa mereka pesan.

6. Meminta Opini Pelanggan Lewat Survei

Memberikan survei untuk peningkatan performa restoran adalah sesuatu yang wajar untuk dilakukan. Namun, jangan sampai kamu terkesan memaksa dalam melakukannya.

Agar pelanggan bisa mengisi survei secara sukarela, kamu bisa mendesain survei agar lebih mudah diakses, misalnya dengan menempatkan QR Code berisi survei pelanggan di tiap meja. Selain itu, kamu juga bisa memberikan freebies untuk pelanggan yang telah mengisi survei.

7. Reupload Postingan Pelanggan

Jika pelanggan kamu sangat menikmati sajian dan layanan yang ada di restoran kamu, biasanya kegiatan yang mereka lakukan adalah upload foto atau konten tertentu dengan mention akun restoran kamu.

Kalau ini dilakukan, kamu harus memanfaatkan momen ini untuk reupload konten tersebut dan juga memberikan sedikit ucapan terima kasih atau pesan apresiasi kepada mereka. Kegiatan ini akan membantu membangun interaksi yang positif dan membuat mereka tetap dekat dengan kamu.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS