6 Tips Kreatif Gunakan QR Code untuk Memudahkan Restoran dan Pelanggan Kamu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
QR code punya potensi yang besar jika kamu menggunakannya dengan cara yang unik dan kreatif.

Transaksi dengan QR code adalah sebuah terobosan inovatif yang memungkinkan seorang pelanggan untuk bisa membayar dan memperoleh informasi hanya dengan bermodalkan kamera dan koneksi Internet. Nggak ada lagi kebingungan apabila nggak ada uang kecil, nggak ada uang kembali, maupun lupa PIN saat membayar dengan kartu debit. Semuanya bisa terjadi dan selesai dalam sekejap mata.

Namun, meskipun sederhana, QR code punya potensi yang besar bila kamu bisa menggunakannya secara kreatif. Berikut ini adalah beberapa cara kreatif memanfaatkan QR code untuk memudahkan dan memberi nilai tambah buat restoran dan pelanggan kamu!

1. Memberikan Rekomendasi Resep & Informasi Menu

Kalau restoran kamu menjual makanan yang sifatnya ready-to-cook, kamu bisa memberikan rekomendasi resep yang dapat dimanfaatkan sebagai panduan memasak pelanggan ketika mereka akan menikmati makanan di rumah.

Sementara itu, jika kamu menjual makanan secara takeaway, kamu bisa menggunakan QR code sebagai informasi dan deskripsi menu sehingga pelanggan bisa mengetahui lebih mendalam tentang apa yang ia pesan.

2. Mengumpulkan Pendapat Pelanggan

Kotak saran sudah jadi cara yang jadul buat restoran untuk memperoleh opini dan tanggapan pelanggan tentang restoran kamu.

Selain mengumpulkan opini dan tanggapan pelanggan melalui aplikasi seperti Google Business Profile, kamu juga bisa merancang sistem sederhana untuk mengumpulkan opini dan tanggapan pelanggan dan mengubahnya ke dalam bentuk QR code. Pelanggan cukup scan dan mereka tinggal memberikan opini dan rating mereka tentang restoran kamu secara keseluruhan.

3. Menyediakan Beragam Promo & Kupon

Daripada buang-buang biaya untuk cetak banner, brosur, atau leaflet untuk disebarkan, gunakan saja QR code sebagai media pemasaran.

QR code yang sederhana bisa memuat berbagai informasi soal promo dan kupon yang tersedia untuk para pelanggan. Pelanggan bisa klaim kupon yang tersedia atau mencari tahu soal informasi yang bisa didapat oleh pelanggan. Kamu juga bisa menawarkan menu spesial yang sedang kamu sajikan di restoran kamu. Pemasaran jadi lebih mudah dan efektif!

Scan QR Code

Sumber: Freepik.com

4. Penghubung WiFi

Daripada pelanggan menunggu momen yang tepat untuk memanggil pelayan hanya untuk bertanya WiFi password, coba sediakan QR code.

Pelanggan cukup scan dan gawai pelanggan pun bisa terkoneksi langsung dengan WiFi. Pelanggan nggak perlu repot-repot mengetik password secara manual. Hemat waktu dan lebih cepat, kan?

5. Sistem Pemesanan

QR code nggak hanya berfungsi sebagai menu restoran, tetapi juga dapat menjadi satu-kesatuan dari sistem pemesanan restoran kamu.

Melalui sistem pemesanan, pelanggan bisa melihat-lihat menu, langsung melakukan pemesanan dan, jika memang kamu inginkan, melakukan pembayaran secara langsung dengan menggunakan online payment atau digital wallet.

Dengan begitu, pelanggan nggak perlu repot pergi ke kasir dan mengantre untuk membayar.

6. Game Berhadiah

Sebagian besar orang tentu setuju bahwa menunggu pesanan adalah sesuatu yang menguji kesabaran.

Agar pelanggan bisa menghabiskan waktu menunggu pesanan mereka tiba, kamu bisa menyediakan QR code yang berisi games seperti kuis atau sebuah undian sederhana untuk membantu mereka menghabiskan waktu sembari menunggu pesanan datang. Sematkan juga reward berupa kupon atau merchandise tertentu untuk para pemenang yang terpilih. Menunggu pesanan pun jadi terasa lebih cepat!

Seperti halnya jalan menuju Roma, ada banyak juga jalan untuk membuka potensi QR code. Sekali terbuka, maka pengaruhnya akan begitu terasa. Aktivitas operasional kamu akan lebih lancar, pelanggan pun akan jadi lebih termudahkan selama di restoran kamu!