6 Kualitas Diri yang Wajib Dicari saat Merekrut Pegawai Restoran Menurut Pemilik Restoran Ternama Dunia!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Saat melakukan rekrutmen pegawai restoran, kamu harus mencari 6 kualitas diri ini dalam seorang kandidat!

Dalam melakukan rekrutmen pegawai, salah satu bagian yang perlu dipertimbangkan tentu saja adalah kualitas diri atau kepribadian dari seorang kandidat.

Namun, kualitas diri seperti apa yang perlu ada dari seorang kandidat sehingga ia bisa membantu mengangkat dan mendorong perkembangan restoran lebih jauh dan positif?

Dalam pembahasan kali ini, kita akan melihat 6 kualitas diri yang perlu kamu cari dari seorang individu ketika akan melakukan rekrutmen pegawai restoran menurut Danny Meyer!

Siapa Itu Danny Meyer?

Danny Meyer, yang punya nama asli Daniel Meyer, adalah salah satu pemilik grup restoran ternama di dunia, yaitu Union Square Hospitality Group. Grup restorannya sendiri sudah eksis sejak lebih dari 3 dekade lalu.

Salah satu restoran karya tangannya adalah Shake Shack, sebuah restoran fast food yang menyajikan burger, hotdog, hingga milkshake.

Kini, Shake Shack menjelma jadi restoran fast food dengan pertumbuhan paling cepat di dunia dengan lebih dari 250 outlet di seluruh dunia dan telah melakukan initial public offering pada 2014.

Danny Meyer

Sumber: Nytimes.com

6 Kualitas Diri yang Perlu Dicari dari Seorang Pegawai Restoran Menurut Danny Meyer!

Sebagai seorang pemilik grup restoran yang sudah memahami asam garam selama lebih dari 3 dekade, Danny Meyer punya beragam insights dan pengalaman untuk dibagikan.

Salah satunya, seperti yang akan kita bahas sekarang, adalah terkait dengan rekrutmen pegawai.

Menurutnya, ketika kamu akan melakukan rekrutmen pegawai, ada 6 kualitas diri dari seorang individu yang perlu kamu cari, antara lain:

1. Rasa Ingin Tahu

Sama seperti di industri lainnya, kamu perlu untuk memilih orang-orang yang punya rasa penasaran tinggi dan selalu ingin belajar serta terbuka dengan hal-hal baru.

Hanya dengan begini kamu bisa membantu individu tersebut untuk mengembangkan dirinya sendiri sekaligus nggak pernah berhenti untuk mengembangkan tempat kerja ia berada.

2. Kesadaran Diri

Kesadaran diri berarti kemampuan seseorang untuk memahami secara sadar bagaimana kondisi dari perasaannya sendiri.

Memiliki seorang pegawai dengan kesadaran diri yang tinggi akan sangat memengaruhi lingkungan kerja di restoranmu.

Ketika seorang pegawai sadar bahwa dirinya sedang nggak berada dalam kondisi hati dan perasaan yang kurang baik, ada baiknya untuk segera menghindar  karena hal tersebut dapat memengaruhi energi dan atmosfer lingkungan kerja secara negatif.

3. Integritas

Integritas bermakna kemampuan seseorang untuk fokus dalam melakukan hal yang benar meskipun hal tersebut mungkin nggak bagian dari kepentingannya.

Apabila seorang pegawai memiliki kemampuan dan keahlian yang tinggi namun minim akan integritas, artinya pegawai tersebut adalah jenis pegawai yang sebaiknya kamu hindari karena mampu memengaruhi stabilitas dan lingkungan kerja restoran.

4. Rasa Empati

Dalam industri restoran dan hospitality, empati jadi bagian yang nggak terpisahkan.

Pasalnya, pegawai kamu akan selalu berhubungan dengan banyak pelanggan setiap harinya. Merasakan apa dan bagaimana rasanya menjadi pelanggan adalah sesuatu yang krusial.

Dengan melihat dari sudut pandang pelanggan dan merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pelanggan, pegawai kamu akan dapat memahami apa yang harapan, keinginan, dan kebutuhan pelanggan dan mulai dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal.

5. Optimisme

Optimisme mesti menjadi emosi yang paling perlu dikedepankan dalam menjadi seorang pegawai restoran.

Tanpa optimisime di dalam diri, seorang pegawai restoran nggak akan mampu berkembang dan memberikan energi dan pelayanan yang positif bagi setiap rekan kerja dan pelanggan yang dihadapinya.

6. Etos Kerja Tinggi

Kelima kualitas diri di atas semuanya begitu penting, namun nggak lengkap bila nggak dikemas dengan etos kerja yang tinggi dan tekun.

Memiliki etos kerja yang tinggi berarti seorang pegawai restoran mau untuk bekerja dan melakukan sesuatu dengan semangat dan determinasi.

Dengan ketekunan di dalam mengerjakan sesuatu, seorang pegawai restoran lebih mungkin untuk menciptakan hasil yang maksimal dan memuaskan.