5 Tips Seru yang Hemat Biaya untuk Bikin Suasana Restoran Lebih Baru dan Segar!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Siapa bilang buat mengubah suasana restoran harus boros biaya?

Kejenuhan adalah bagian dari kehidupan manusia. Ketika kejenuhan menyerang, manusia cenderung untuk mencari cara yang baru dan menyegarkan untuk membuat sesuatu menjadi lebih berbeda dan lebih hidup.

Hal ini pun berlaku juga di industri restoran atau kuliner.

Pelanggan kamu juga memiliki kecenderungan untuk bosan dengan suasana restoran langganan mereka. Untuk itu, mesti ada sedikit perubahan dan penyesuaian yang dilakukan agar suasana restoran lebih segar dan terasa seperti baru.

Namun, pembaruan dan penyegaran suasana restoran seringkali dirasa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Nyatanya, nggak selamanya pembaruan suasana restoran harus bikin kantong jebol! Coba 5 tips seru di bawah ini, dijamin kamu bisa menciptakan suasana restoran yang lebih baru dan segar tanpa harus boros-boros!

Tips Hemat Uang dan Biaya

Sumber: Freepik.com

1. Ubah Layout & Penempatan Furnitur

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah tata ruangan dan penempatan furnitur dan berbagai dekorasi lainnya yang ada di dalam restoran. Kamu bisa mengubah sebagian atau seluruhnya, tergantung dengan selera kamu. Kamu bisa menempatkan beberapa furnitur di sudut tertentu dan menyebarkannya di sudut lain.

Namun, satu hal perlu kamu ingat: Sesuaikan perubahan layout dan penempatan furnitur dan dekorasi lainnya sesuai dengan space yang tersedia. Kalau memungkinkan, kamu bisa mengurangi penggunaan furnitur atau de

2. Tambahkan Tanaman

Tanaman punya peran yang penting dalam menciptakan suasana yang lebih segar di dalam ruangan. Secara fungsional, tanaman mampu membersihkan udara dan mengurangi polusi yang ada di dalam ruangan.

Namun, nggak semua tanaman cocok untuk diletakkan di restoran ya. Pilihlah tanaman seperti sukulen dan tanaman air yang bisa diletakkan di pot. Kalau kamu memang ingin memiliki indoor plant selain kedua tanaman sebelumnya, kamu bisa memilih tanaman seperti lidah mertua dan spider plant yang cantik dan mudah dirawat.

3. Bereksperimen dengan Musik

Musik adalah salah satu elemen yang begitu memengaruhi suasana yang dirasakan oleh para pelanggan kamu di dalam restoran. Musik yang tepat akan menciptakan suasana yang tepat dan nyaman untuk mereka.

Namun, kadangkala musik yang digunakan bisa menimbulkan sedikit rasa bosan. Oleh karenanya, kamu bisa coba bereksperimen dengan memutar musik yang berbeda dari yang sebelumnya kamu putar.

Misalkan, jika kamu sebelumnya memutar musik folk, kamu bisa memutar jazz yang secara nuansa berbeda namun tetap santai dan nyaman untuk didengarkan. 

4. Merancang Ulang Menu

Meski hanya lembaran-lembaran yang berisi daftar makanan dan minuman, perubahan pada desain dan konten menu punya pengaruh yang cukup baik dalam memperbarui dan menyegarkan suasana restoran.

Meski begitu, merancang ulang buku menu bukan hanya soal desain, tetapi juga bisa dari konten. Kalau kamu memiliki menu baru, kamu bisa menyematkan menu tersebut ke dalam buku menu kamu yang baru. Desain menu pun nggak hanya terasa lebih segar, tetapi juga terasa semakin lengkap dengan kehadiran berbagai sajian yang baru dan menarik.

5. Pakai Alat Makan yang Baru

Alat makan di restoran kamu bisa masuk ke pertimbangan kamu untuk diganti. Bukan hanya sekadar untuk memperbarui suasana restoran kamu, tetapi juga untuk menyesuaikan makanan dan minuman yang kamu sediakan.

Bisa saja ada beberapa makanan yang seharusnya nggak tepat untuk disajikan di beberapa wadah tertentu. Untuk itu, kamu bisa menggantinya ke wadah makan yang lebih baru untuk menyesuaikan setiap makanan yang disajikan sekaligus menambah kebaruan dan kesegaran.

Ternyata, menyegarkan suasana restoran nggak mengharuskan kamu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan 5 tips murah di atas, kamu bisa bikin restoran jadi tampak seperti baru dan bikin pelanggan setia jadi tambah setia!