5 Tips Menjalankan Operasional Lebih Maksimal di Dapur Restoran Kamu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kelancaran operasional restoran harus selalu jadi yang utama. Bagaimana cara meraihnya?

Saat mulai merancang dapur restoran, lancarnya operasional harus selalu kamu prioritaskan. Ini tentunya demi meraih proses operasional yang efisien dan efektif demi memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan. Merancang dapur restoran dengan asal tanpa pertimbangan panjang dan matang adalah sumber bencana terbaik untuk proses operasional di dapur restoran kamu.

Lalu, apa saja cara yang bisa diterapkan demi bikin operasional di dapur restoran lebih lancar dan maksimal?

1. Gunakan Vertical Storage

Alat penyimpanan terbaik untuk sebuah dapur restoran adalah vertical storage

Vertical storage dapat berupa nampan hingga rak yang sifatnya mobile. Ketersediaan vertical storage memudahkan mobilitas pegawai kamu dalam mengambil dan memindahkan bahan baku. Pekerjaan mereka pun jadi lebih produktif karena mudahnya akses terhadap bahan baku yang disimpan.

Alhasil, perpindahan bahan baku jadi lebih cepat dan para pegawai kamu pun dapat mengambil bahan baku dengan lebih mudah.

2. Bagi Workstation

Dalam menjalankan operasional dengan lebih maksimal, perlu adanya kejelasan tugas dan tanggung jawab dalam setiap posisi di dapur. Untuk situasi yang satu ini, melakukan pembagian workstation adalah keputusan yang wajib diterapkan.

Workstation bisa dibagi menjadi beberapa jenis, seperti workstation untuk persiapan bahan baku, memasak, hingga workstation khusus penyimpanan dan perawatan bahan baku.

Dengan workstation yang jelas dan terbagi rapi, proses operasional pun bisa berjalan dengan baik dan komunikasi antar pegawai restoran bisa berjalan dengan lebih lancar dan jelas.

3. Gunakan Peralatan Multifungsi

Kamu nggak perlu menggunakan satu peralatan hanya khusus untuk satu fungsi saja. Sangat disarankan untuk menggunakan peralatan yang sifatnya multifungsi. Artinya, peralatan tersebut bisa menjalankan berbagai fungsi lainnya yang dapat memudahkan tugas dari pegawai restoran yang lain.

Misalnya, kamu bisa menggunakan mixer multifungsi yang nggak hanya berguna untuk mengaduk adonan saja, tetapi juga untuk mencacah dan mengaduk daging hingga halus. Kamu pun juga bisa menggunakan immersion blender yang nggak hanya mampu mengocok saus saja, tetapi juga sup, krim, dan berbagai cairan lainnya.

Dengan begitu, kamu nggak perlu buang-buang biaya untuk membeli beragam peralatan dapur yang setiap peralatannya dikhususkan untuk satu fungsi saja. Operasional pun jadi lebih lancar karena peralatan multifungsi bisa cover pekerjaan dan fungsi lainnya di dapur.

4. Sediakan Tempat Khusus Delivery dan Takeaway

Untuk kamu yang memang menyediakan delivery dan takeaway, selalu utamakan operasional dapur kamu untuk fokus melayani delivery dan takeaway. Sediakan space dan ruangan khusus untuk melayani setiap pesanan delivery dan takeaway. Jangan sampai kamu mencampuradukkan operasional dapur untuk dine-in dengan operasional untuk pesanan delivery dan takeaway.

Mencampuradukkan keduanya, dan bersiaplah kamu akan mengacaukan keduanya.

5. Rombak Layout

Terkadang, salah satu cara terbaik untuk bikin operasional dapur restoran lebih maksimal dan lancar adalah dengan perombakan layout besar-besaran.

Bila kamu merasa sejak awal layout dapur restoran kamu kurang pas atau layout yang berantakan jadi penghambat kelancaran operasional kamu, maka perombakan layout adalah jalan keluar terbaik.

Untuk melakukannya, pertama-tama amati terlebih dahulu di mana letak kekurangan dari layout yang lama.

Siapa saja yang operasionalnya terhambat? Siapa yang terkadang mobilitasnya terhambat di dapur? Apakah jarak antara setiap peralatan besar cukup dan nggak bikin ruangan sempit? Apakah ada peralatan yang nggak benar-benar dibutuhkan namun justru mempersempit ruang gerak? Di mana posisi yang ideal untuk tiap workstation? Tanyakan beberapa pertanyaan tersebut sebelum mulai merancang layout baru.