Salah satu hal yang perlu diingat ketika memberikan pelayanan di restoran adalah jangan pernah membiarkan seorang pelanggan menunggu.
Setiap momen yang dilalui pelanggan adalah berharga. Mereka ingin segera menikmati pesanan mereka tanpa harus melalui proses pelayanan yang lama hingga bertele-tele.
Demi menghindari pelanggan menunggu berlama-lama dan membuat mereka tetap puas, berikut ini adalah 5 tips untuk bikin pelayanan restoran kamu semakin cepat!
Sebelum memulai operasional, periksa terlebih dahulu kesiapan setiap perangkat dan aplikasi kasir yang kamu gunakan.
Pastikan gawai, cash register, hingga aplikasi kasir kamu bisa digunakan dan nggak mengalami kendala apapun. Periksa juga koneksi Internet dan siapkan koneksi Internet cadangan bila sewaktu-waktu koneksi Internet restoranmu mengalami kendala.
Apabila semuanya sudah siap, kecil kemungkinan hal tersebut akan membuat pelayanan kamu jadi terhambat.
Selalu sediakan pelatihan yang intensif untuk para staf kamu, baik untuk mereka yang berada di balik kasir hingga mereka yang bertugas untuk melayani pelanggan secara langsung.
Siapkan flow dan prosedur kerja yang paling efektif dan efisien agar mereka bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien pula.
Selain itu, latih mereka untuk bekerja di berbagai situasi atau skenario sehingga mereka siap menghadapi segala kondisi, seperti ketika menghadapi pembayaran yang gagal, pelanggan yang meminta pesanan kustom, hingga ketika menerima pesanan.
Salah satu produk teknologi yang super efektif untuk bikin pelayanan restoran kamu makin cepat adalah QR code.
Melalui code berbentuk sederhana yang bisa di-scan dengan kamera smartphone, pelanggan bisa dengan mudah melakukan pemesanan dan pembayaran tanpa harus berjalan ke kasir dan menambah antrean.
Kalau kamu tertarik menggunakan QR code untuk mempercepat pelayanan pelanggan, kamu bisa coba Trofi yang punya fitur Self Order. Pelanggan cukup scan QR code atau buka link restoran, pilih menu, lalu langsung bayar tanpa perlu antri di kasir!
Sebelum pesanan dibuat, ada baiknya bagi staf kamu untuk selalu melakukan double check pesanan pelanggan.
Staf kamu bisa menghampiri pelanggan di mejanya untuk kemudian memastikan dan melakukan konfirmasi pesanan. Dalam momen ini, kamu juga bisa menginformasikan apabila ada pesanan mereka yang sedang kosong sehingga mereka bisa mengubah pesanan dengan segera.
Double check membantu kamu menghemat waktu karena apabila kamu membuatkan dan menyajikan pesanan yang salah, kamu harus membuat pesanan baru dan hal ini akan bikin pelanggan jadi menunggu lebih lama.
Setiap staf tentunya memiliki keahlian dan kepribadian masing-masing.
Keduanya akan lebih mudah diketahui setelah melakukan pelatihan yang intensif.
Dari sana, kamu bisa menentukan mana staf yang cocok untuk menjadi seorang kasir hingga mana staf yang tepat untuk melayani pelanggan secara langsung dan mengurus pesanan.
Menentukan staf yang tepat akan mempermudah mereka memberikan pelayanan yang lebih maksimal.
Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!
Baca selengkapnyaSuka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!
Baca selengkapnyaJangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!
Baca selengkapnya