5 Tips Mempercepat Table Turnover Restoran agar Penjualan Meningkat Drastis!

15 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Salah satu cara meraih penjualan yang lebih baik di restoran adalah dengan meningkatkan kecepatan table turnover. Namun, bagaimana melakukannya?

Siapa yang nggak suka kalau restoran atau usaha kulinernya ramai? Tentunya, ini jadi sesuatu yang menggembirakan.

Namun, jangan senang dulu. Tengoklah keluar. Siapa tahu ada pelanggan lain yang sedang mengantri untuk mendapatkan tempat di restoranmu.

Kalau setiap pelanggan yang menunggu di luar nggak kunjung mendapatkan meja karena restoranmu masih penuh, artinya table turnover kamu tergolong lambat.

Agar kamu bisa mempercepat table turnover dan bikin penjualan jadi lebih meningkat, cobalah 5 tips berikut ini!

5 Cara Mempercepat Table Turnover Restoran untuk Meningkatkan Penjualan!

1. Layani Pelanggan Secepat Mungkin

Beberapa detik setelah seorang atau sekelompok pelanggan sudah menempati mejanya, pastikan agar staf kamu segera menjamu dan memberikan buku menu kepada mereka.

Jangan biarkan pelanggan berlama-lama menunggu, terlebih lagi hanya untuk menerima buku menu sebelum melakukan pemesanan.

Untuk itu, dalam pelatihan untuk para staf restoranmu, inisiatif dan kepekaan harus menjadi bagian dari perilaku dan kebiasaan yang perlu dilatih dan dihasilkan.

Hal ini diperlukan agar mereka bisa mengetahui situasi dan kondisi dari setiap pelanggan tanpa perlu menunggu dipanggil oleh pelanggan terlebih dulu.

2. Menu yang Lebih Sederhana

Punya pilihan menu yang melimpah artinya pelanggan punya banyak pilihan terkait menu yang ingin dipesan.

Namun, pilihan menu yang melimpah juga berarti kecenderungan memiliih menu yang lebih lama.

Daripada menyediakan seabrek pilihan menu, baiknya kamu sediakan beberapa pilihan menu saja dengan tambahan beberapa add-ons untuk menu utama.

Selain menghemat bahan baku dan modal, kamu juga bisa menghemat waktu pelanggan dalam memilih dan memesan menu. Proses pemesanan pun akan jauh lebih cepat dan pesanan bisa segera diproses di dapur.

Ilustrasi Pelayan Melakukan Pelayanan di Restoran

Sumber: Freepik.com

3. Siagakan Beberapa Staf untuk Rombongan

Kalau restoranmu sering dikunjungi oleh rombongan, sangat disarankan untuk menyiapkan lebih dari 1 orang staf untuk membantu dan melayani mereka.

Jangan sampai satu rombongan hanya dibantu hanya oleh 1 orang staf saja. Bisa-bisa, staf tersebut kelelahan dan kebingungan karena harus bolak-balik melayani dan membantu rombongan tersebut.

Oleh karenanya, menyiapkan 2-3 orang staf adalah sesuatu yang sangat disarankan. Pelayanan untuk rombongan pun lebih cepat dan efektif.

4. Sederhanakan Proses Operasional

Salah satu sumber lambatnya table turnover di restoran adalah proses operasional yang ribet dan bertele-tele.

Biar table turnover bisa ditingkatkan dengan lebih cepat, kamu bisa mulai dengan penerapan teknologi dan sistem yang tepat.

Gunakan aplikasi kasir yang memadai dan bisa memenuhi kebutuhanmu dengan tepat. Siapkan juga sistem lain seperti aplikasi absensi dan juga manajemen inventori dan bahan baku agar kamu bisa mengelola pegawai dan bahan bakumu dengan lebih akurat.

Di samping sistem yang memadai, lakukan juga penyesuaian atas setiap station dan tanggung jawab dari tiap staf. Pastikan alur kerja di dapur dapat memudahkan pemrosesan pesanan hingga benar-benar sampai dengan tepat di meja pelanggan.

5. Lakukan Penyesuaian Atmosfer

Hal yang menarik untuk kamu lakukan agar bisa meningkatkan table turnover adalah dengan menyesuaikan lingkungan restoran kamu.

Terkait dengan ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti memainkan music yang lebih upbeat dengan volume suara yang lebih kencang, menggunakan seating yang nyaman namun jangan sampai bikin pelanggan terlalu nyaman, hingga menggunakan warna interior yang cerah sekaligus warm.

Melakukan beberapa hal tersebut akan bikin pelanggan nggak stay terlalu lama dan pada akhirnya pelanggan lain bisa mengisi tempatnya.