5 Tips Membuat Dapur Restoran Lebih Aman untuk Para Staf Kamu!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dalam merancang dapur restoran, jangan hanya memikirkan sisi operasional saja. Kamu juga perlu ingat bagaimana membuat dapur restoran kamu jadi tempat kerja yang aman!

Apapun ukuran usaha restoranmu, kecelakaan kerja menjadi sesuatu yang konsisten mengintai setiap hari.

Risikonya pun mampu bikin restoran kamu mengalami kerugian, bukan hanya secara materi, tetapi juga dari sisi sumber daya manusia kamu.

Apabila kamu nggak bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman, nggak akan ada yang tertarik untuk bekerja di restoran kamu.

Nah, untuk itu, kamu menyediakan 5 tips sederhana yang efektif untuk bantu kamu menciptakan dapur restoran yang menjamin keamanan dan keselamatan kerja bagi setiap staf kamu!

Dapur Restoran Lebih Aman untuk Staf, Ikuti 5 Tips Ini!

1. Pelatihan K3

Tips pertama dalam membuat dapur restoran lebih aman untuk para staf restoran kamu adalah dengan pelatihan K3 alias Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pelatihan K3 wajib jadi bagian dari usahamu untuk membuat dapur restoran kamu lebih aman.

Pelatihan K3 akan membantu para staf kamu untuk menjalankan pekerjaannya dengan lebih aman di dapur dan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kesalahan dari aktivitas tertentu atau malfungsi dari peralatan kerja.

Untuk melakukan pelatihan K3, kamu perlu berkonsultasi kepada pihak penyedia jasa pelatihan K3 yang sudah terlatih dan profesional. Ada baiknya pihak tersebut sudah bersertifikasi sehingga kualitasnya lebih terjamin.

2. Siapkan APAR

Kejadian membahayakan paling umum yang dihadapi oleh restoran adalah terjadinya kebakaran.

Karena itulah, APAR atau Alat Pemadam Api Ringan punya peran penting di dapur restoran kamu.

Bila terjadi kebakaran yang sifatnya tergolong ringan atau masih bisa ditangani sendiri, maka segera gunakan APAR yang tersedia di restoran kamu.

Pastikan juga setiap staf kamu terlatih dalam penggunaan APAR agar pemadaman api bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala atau masalah tambahan.

APAR juga bisa digunakan untuk mengendalikan kebakaran sementara atau mengulur waktu sejenak. sebelum pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk menangani kebakaran yang terjadi.

3. Pasang Sistem Pemadam Otomatis

Alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengendalikan kebakaran adalah sistem pemadam otomatis.

Sistem pemadam otomatis terdiri atas water sprinkler dan fire suppresion system.

Kalau kamu memiliki modal yang lebih untuk restoran kamu, ada baiknya kamu memasang keduanya. Hal ini akan membantu kamu mengendalikan kebakaran yang terjadi dengan lebih cepat dan efektif.

Keselamatan dan Keamanan Gedung

Sumber: Freepik.com

4. Sediakan Ventilasi yang Layak

Bekerja di dapur restoran bukan sesuatu yang mudah.

Terkadang, para staf restoran kamu harus berjibaku dengan panas, gerah, dan pengapnya udara, terlebih lagi jika dapur restoran kamu nggak terlalu luas.

Mereka pun bisa terpapar risiko seperti berbagai kondisi kesehatan tertentu akibat kondisi yang pengap dan bikin nggak nyaman.

Nah, disinilah ventilasi yang layak punya peran yang penting. Ventilasi yang layak membantu perputaran udara di dapur restoran kamu lebih maksimal. Suasana restoran pun jadi nggak terlalu gerah dan pengap serta lebih nyaman untuk para staf kamu.

5. Periksa Kelengkapan Dapur

Kelengkapan dapur di sini berarti setiap perlengkapan dan peralatan dapur yang berhubungan dengan keamanan dan keselamatan kerja serta setiap seragam yang dipakai oleh staf restoran kamu.

Kombinasi seragam yang baik (Sepatu dengan alas yang kuat, sarung tangan, hingga celemek) dengan perlengkapan dan peralatan dapur yang memadai (Keset anti terpeleset, perlengkapan bersih-bersih, hingga peralatan dapur dengan pengaman) akan mengurangi risiko cedera dan memastikan keamanan dan keselamatan kerja bagi setiap staf di dapur restoran kamu.