5 Tips Melayani Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat tanpa Mengorbankan Kualitas Layanan

21 Jun 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Layanan yang baik adalah layanan yang cepat namun tetap ramah dan berkualitas. Lantas, bagaimana menyeimbangkannya?

Pernah nggak kamu datang ke restoran yang pelayanannya super cepat, tapi pelayannya nggak tersenyum atau menyambut kurang baik?

Atau pernah nggak kamu datang ke restoran yang kualitas layanannya sangat-sangat baik, tapi kecepatan layanannya lambat?

Keduanya tentunya bukanlah pelayanan restoran yang ideal. Nyatanya, pelayanan yang ideal adalah yang bisa menemukan keseimbangan antara kecepatan dan kualitas.

Dalam pembahasan ini, kamu bisa melihat dan mencoba 5 tips berikut untuk membantu staf kamu melayani lebih banyak pelanggan dengan cepat namun dengan kualitas layanan yang sama baiknya!

5 Tips Melayani Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat tanpa Mengorbankan Kualitas Layanan!

1. Latihan Selalu Jadi Kunci

Bicara soal kecepatan dan kualitas layanan selalu nggak bisa lepas dari latihan, latihan, dan latihan.

Latihan ini meliputi banyak hal, mulai dari menyambut pelanggan, menerima dan mengantar pesanan, menghadapi komplain pelanggan, sampai dengan komunikasi pelanggan.

Memiliki staf yang sudah sangat terlatih akan menjamin meningkatnya kecepatan dan kualitas layanan di restoran kamu.

2. Lakukan Pre-scheduling

Pre-scheduling bisa dikatakan sebagai langkah perencanaan pekerjaan dan tugas serta jadwal tiap staf sebelum memulai operasional.

Cara ini adalah cara yang tepat untuk membantu memperjelas tugas, pekerjaan, dan tanggung jawab setiap staf kamu. Dengan begitu, setiap staf akan memahami tugasnya di hari itu dan mengetahui jadwal dan pekerjaan yang telah ditentukan untuknya.

Namun, jangan lupa untuk memastikan kecukupan staf kamu di setiap hari. Hal ini tentunya untuk membantu mengurangi risiko overstaffing (Jumlah staf berlebihan) atau understaffing (Kekurangan jumlah staf).

3. Pakai Sistem yang Berkualitas

Teknologi masa kini seperti jalan pintas yang membantu kamu mengerjakan berbagai hal dengan lebih mudah dan cepat.

Dalam bisnis restoran, salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi point of sale. Dengan aplikasi ini, staf kamu bisa mencatat dan mengelola transaksi, bahan baku, sampai keuangan dengan lebih mudah.

Salah satu aplikasi point of sale yang bisa kamu coba adalah Trofi. Selain bisa bikin staf kamu jadi lebih mudah mengelola pesanan dan restoran, Trofi bisa bikin pelanggan jadi lebih mudah bertransaksi di restoran kamu dengan fitur Self Order yang bikin pelanggan bisa pesan dan bayar cuma dari meja mereka.

4. Buat Staf Kamu Senang

Terlepas latihan yang rutin dan konsisten sampai penggunaan sistem yang memadai, nggak ada yang lebih penting dibandingkan kebahagiaan dan kesejahteraan staf kamu. Sebagai pemilik, penting untuk memperhatikan hal tersebut.

Coba bayangkan apa yang bakal dikatakan pelanggan kamu kalau mereka melihat staf kamu bekerja dengan malas-malasan atau terlalu banyak ngobrol.

Untuk itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan dan memperhatikan mereka dengan menyediakan lounge atau ruang istirahat khusus staf untuk mereka beristirahat dan bersantai sampai fasilitas tambahan, seperti makan siang gratis sampai dispenser air untuk isi ulang minum mereka.

Dengan hal-hal seperti ini, kamu tetap bisa menjaga kebahagiaan dan kepuasan staf kamu, membuat mereka tetap bisa melayani pelanggan dengan antusias dan semangat.

5. Sajikan Makanan Ringan

Walau nggak terlalu signifikan, tips sederhana ini bisa membantu pelanggan tetap puas dengan layanan yang kamu berikan.

Karena menunggu adalah hal yang memang membosankan, kamu bisa menyajikan free snacks buat pelanggan kamu. Mereka bisa ngemil santai terlebih dahulu sambil menunggu pesanan mereka datang.

Dengan memberikan free snacks, pelanggan yang harus menunggu sedikit lebih lama akan merasa diperhatikan.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS