Dengan karakter yang impulsif dan suka hangout, mahasiswa bisa kamu jadikan target pasar yang menarik dan potensial untuk meningkatkan keuntungan restoranmu.
Kenyataannya, membuat mereka bertekuk lutut untuk ke restoranmu bukanlah perkara mudah. Dengan dua karakter yang telah disebutkan tadi, menarik mahasiswa butuh langkah-langkah yang jitu. Seperti apa?
Mahasiswa akan mencari waktu senggang untuk mengerjakan tugas di tempat-tempat yang nyaman sembari mengisi perutnya. Di sisi lain, mereka terkadang menyempatkan bersantai di sela-sela jeda kelas.
Nah, menyediakan free WiFi bisa menjadi magnet yang kuat buat para mahasiswa mengunjungi tempat makan kamu. Bila mereka tidak memesan makanan, setidaknya mereka akan memesan minuman untuk sekadar bersantai menunggu kelas atau mengerjakan tugas.
Kartu pelajar menyimpan peluang promosi atau diskon yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik mahasiswa ke restoranmu.
Kamu bisa membuat promo buy one get one, diskon 10 - 20%, dan diskon happy hour untuk mahasiswa dengan syarat apabila mereka bisa menunjukkan kartu mahasiswa mereka. Kartu mahasiswa diperlukan agar kamu bisa benar-benar menargetkan mahasiswa untuk promo kamu.
Sebagian mahasiswa adalah orang yang haus akan pengalaman, baik pengalaman kerja maupun organisasi. Menyadari fakta ini, kamu bisa coba merekrut pekerja part time dari kalangan mahasiswa.
Rekrutmen ini bukan hanya semata-mata untuk rekrutmen saja. Dari segi mahasiswa, mereka tentunya bisa dapat pengalaman kerja. Dari sudut pandang kamu sebagai pemilik usaha, kamu bisa mengajak mereka untuk promo tempat kerjanya ke teman-teman dan keluarga mereka.
Agar kamu bisa menjangkau lebih banyak mahasiswa, coba kamu tawarkan kerja sama dengan berbagai himpunan dan organisasi mahasiswa dari universitas yang ada di dekat restomu.
Kerja sama ini bisa berupa potongan harga untuk anggota organisasi yang memiliki kartu anggota atau pengadaan event untuk organisasi mahasiswa yang kamu ajak kerja sama.
Bentuk kerja sama ini bisa menjamin kamu menyasar target pasar mahasiswa dengan jitu dan bahkan memungkinkanmu meraup sebagian kecil dari mereka sebagai pelanggan regulermu.
Yang terakhir, yang tentu saja paling penting, adalah kenyamanan suasana dan fasilitas yang memadai.
Semua tips di atas tadi mungkin boleh kamu terapkan dengan sempurna. Namun, tanpa fasilitas dan suasana yang nyaman, kamu akan sulit membuat mereka puas dan setia dengan restoranmu.
Kalau kamu memang ingin menyasar mahasiswa, pastikan kamu memiliki fasilitas yang layak seperti pendingin ruangan, WiFi, kabel stop kontak, pencahayaan yang cukup, sampai variasi pilihan tempat duduk yang nyaman.
Menerapkan marketing ke target pasar mahasiswa membutuhkan implementasi yang cukup berbeda dari target pasar lainnya. Dengan fokus kepada suasana, fasilitas, dan promo yang berhubungan dengan kemahasiswaan, kamu bisa menjangkau mereka dengan mudah.
Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!
Baca selengkapnyaSuka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!
Baca selengkapnyaJangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!
Baca selengkapnya