5 Tips Ganti Shift Restoran Anti Repot!

29 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pergantian shift staf restoran harus diperlancar agar operasional restoran semakin baik dan pelayanan di restoran jadi prima. Pelanggan restoran pun makin puas dan senang!

Salah satu hal yang paling merepotkan ketika kamu menjalankan restoran atau rumah makan adalah momen pergantian shift. Momen inilah yang bikin bingung karena biasanya nggak teratur dan alhasil, bikin bingung banyak pihak. Buat yang sudah terbiasa menjalankan pergantian shift, momen ini jadi momen yang biasa menghiasi operasional restoran. Namun, buat kamu yang baru beberapa saat membuka restoran, rumah makan, coffee shop, atau cafe, momen ini bisa jadi momen yang paling kamu khawatirkan. Ketika pergantian shift berjalan tidak semestinya, bisa terjadi kebingungan antara pegawai, arus kas menjadi nggak jelas, hingga proses operasional menjadi terhambat.

Tentunya, kamu nggak pengen hal-hal di atas terjadi, kan? Untuk itu, kami punya beberapa tips yang ampuh buat kamu menangani momen pergantian shift agar jadi lebih lancar dan mulus!

1. Buat Ceklis dan Jadwal

Setiap shift perlu kamu buat daftar kebutuhannya dan jadwalnya. Kamu sebagai pemilik tempat atau manajer restoran perlu mengulas semua detil kebutuhan dan pekerjaan dari setiap pegawai dan membuat proses yang terperinci untuk momen pergantian shift. Periksa apakah setiap pesanan sudah sampai ke setiap pelanggan dan apakah setiap pekerjaan telah dijalankan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. 

2. Adakan Shift Meeting

Shift meeting adalah pertemuan khusus yang diadakan untuk menjelaskan mengenai tugas setiap pegawai dalam masa shiftnya. Dalam shift meeting, setiap pegawai harus diberitahu mengenai setiap tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing. Infokan bila ada sesuatu urgent yang perlu diberitahu, beritahu bila pegawai perlu melakukan upselling, dan pastikan setiap pegawai memahami pembagian jadwal, tugas, dan tanggung jawab. Biarkan mereka menanyakan yang perlu ditanyakan dan memahami yang perlu mereka pahami. Jangan sampai justru mereka malah banyak bertanya selama proses operasional berlangsung. Kalau sudah begini, proses operasional bisa terhambat.

3. Latihan Secara Rutin dan Konsisten

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah "seseorang bisa karena terbiasa". Hal itupun berlaku dalam proses pergantian shift. Semakin sering dan konsisten kamu mengadakan latihan untuk para pegawai kamu, maka semakin mereka akan terbiasa menjalani momen pergantian shift. Mereka pun jadi tidak kewalahan, bingung, atau gugup atas setiap tugas dan tanggung jawab mereka dan proses transisi yang terjadi. Jangan lupa juga untuk mengadakan latihan bila restoran kamu kedatangan pegawai baru ya!

4. Pastikan Tanggung Jawab Setiap Pegawai

Pada momen pergantian shift, memeriksa dan memastikan tanggung jawab dan pekerjaan yang telah dikerjakan oleh setiap pegawai adalah sesuatu yang krusial. Pastikan mereka benar-benar menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik. Hal ini diperlukan agar pegawai yang akan menjalankan shift berikutnya nggak harus membereskan masalah yang terjadi atau muncul saat shift pegawai sebelumnya. Selain itu, kamu sebagai pemilik restoran atau manajer restoran juga perlu turun tangan bila dibutuhkan. Jangan hanya sekadar memberikan perintah dan perintah untuk setiap pegawai. Tunjukkan kalau kamu juga ikut bertanggung jawab di sana.

5. Teknologi Adalah Kunci

Semua hal di atas mungkin bisa kamu terapkan secara manual, tapi bantuan teknologi di era sekarang jadi sesuatu yang nggak bisa kamu hindari. Kamu akan memerlukan bantuan teknologi untuk bisa memastikan kelancaran pergantian shift dan tanggung jawab setiap pegawai. Oleh karenanya, kamu butuh aplikasi manajemen dan kasir resto seperti Trofi yang bisa bikin pergantian pegawai dan manajemen kasir kamu nggak berantakan dan lebih mulus. Kamu bisa tahu tanggung jawab dan akses setiap pegawai secara transparan dan arus kas di kasir kamu secara jelas!

Pergantian shift adalah soal perencanaan yang detil dan nggak boleh main-main ya! Kamu akan menghadapi momen pergantian shift yang kurang mulus atau penuh hambatan, tapi selalu belajar dari momen-momen tersebut dan mulai melakukan perencanaan dan penjadwalan yang teliti untuk pergantian shift yang lebih lancar. Kalau pergantian shift lancar, staf restoran dan pelanggan pun jadi lebih nyaman!