Menerima pesanan makanan secara online melalui layanan food delivery adalah suatu kemajuan yang memberikan kemudahan tiada tara buat perkembangan usaha restoran.
Namun, tetap saja, selalu hadir berbagai tantangan dan masalah tersendiri saat kamu mengelola pesanan makanan secara online, mulai dari pesanan tertukar, terlambat, sampai miskomunikasi antara kurir dan restoran yang
Demi terhindari dari berbagai kekacauan di atas, sudah saatnya kamu menerapkan beberapa tips berikut ini!
Di luar sana ada begitu banyak layanan food delivery yang bisa kamu gunakan. Kamu memang bisa mendaftar dan menggunakan semua layanan, tapi hal ini punya satu risiko besar: Kewalahan.
Kamu bisa mendapat banyak pesanan makanan secara online dan memperoleh penjualan lebih, tapi kalau kamu tidak memiliki orang yang cukup untuk menanganinya atau belum mampu mengelola pesanan yang bertubi-tubi, hal ini bisa jadi bumerang buat restoranmu.
Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih layanan delivery yang tepat buat usahamu. Layanan delivery yang tepat akan mampu mengakomodasi kebutuhan usahamu sekaligus mampu memaksimalkan penjualanmu tanpa harus membebanimu dengan komisi yang tinggi.
Kalau sejak awal kamu ingin memakai layanan delivery secara online, kamu mesti memikirkan untuk merancang spot tersendiri untuk melayani kurir yang akan mengambil pesanan pelanggan dari restoranmu.
Dengan spot khusus ini, kamu bisa menyiagakan satu atau dua orang staf untuk membantu melayani para kurir dan memastikan pesanan mereka tepat.
Sumber: Freepik
Cekcok antara kasir dan kurir adalah salah satu pemandangan yang cukup sering kita lihat bersama di berita atau media sosial. Melihat kondisi ini, kamu harus sadar bahwa teknologi kitchen display system mesti kamu miliki agar kamu nggak mengulangi hal serupa.
Kehadiran kitchen display system memungkinkan kamu untuk mengelola pesanan dari dapur dengan lebih akurat. Staf kasir kamu pun bisa menerima update mengenai progress pesanan dan menginformasikannya ke kurir.
Kalau kamu mau mencobanya, kamu bisa pakai kitchen display system yang Trofi sediakan. Dengan tampilan yang sederhana dan jelas, kamu bisa memantau dan mengendalikan penuh semua pesananmu tanpa perlu repot. Komunikasi pesanan dengan kurir pun lebih mudah!
Setiap kali pesanan sudah selesai dibuat dan akan diberikan kepada pelanggan, kamu perlu membiasakan staf kamu untuk memeriksa ulang setiap pesanan yang akan diberikan.
Berbagai informasi seperti detail pesanan, jumlah pesanan, informasi kurir, sampai pelanggan yang dituju mesti kamu periksa dan teliti kembali agar nggak ada pesanan yang salah.
Salah satu penyebab kacaunya food delivery adalah pesanan yang tumpah dan berantakan selama pengiriman. Sumber masalahnya jelas, yakni kualitas kemasan yang kurang baik.
Daripada kamu mendapat protes dari kurir dan pelanggan karena memakai kemasan yang harganya murah namun mudah rusak atau bocor, cobalah untuk mulai membeli dan memakai packaging yang benar-benar kokoh dan bisa memastikan makananmu tetap nikmat.
Layanan food delivery secara online sejatinya menyediakan berkah buat kamu sebagai pemilik usaha restoran. Meski begitu, kekacauan tak ayal bisa terjadi dan ini bisa menghambat performa restoranmu.
Dengan 5 tips di atas, kamupun nggak perlu lagi pusing soal menerima pesanan makanan secara online lewat food delivery dan bisa memaksimalkan keuntungan yang diberikan layanan tersebut!