5 Tips Ampuh Memilih Lokasi Terbaik untuk Bisnis Restoran atau Kuliner Kamu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Memilih lokasi yang pas buat bisnis restoran kamu memang bukan perkara enteng. Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan matang-matang!

Salah satu bagian yang paling tricky sekaligus menantang dalam membangun bisnis, terutama bisnis restoran atau kuliner. Kesalahan dalam memilih tempat bisa berakibat fatal untuk keberlangsungan bisnis kamu ke depannya. Memilih lokasi terbaik untuk bisnis restoran kamu adalah proses yang panjang sebelum kamu bisa benar-benar bisa mengambil keputusan.

Agar langkah kamu semakin mudah dalam memilih lokasi terbaik untuk bisnis kamu, kami punya beberapa tipsnya!

1. Riset tentang Profil Konsumen dan Kompetitor

Riset harus selalu jadi fondasi dalam seluruh hal ketika kamu menjalankan bisnis, termasuk ketika kamu ingin memilih lokasi untuk bisnis kamu.

Ketika mulai mencari dan memilih lokasi untuk bisnis restoran kamu, selalu riset dan pelajari dua aspek: Profil konsumen dan kompetitor yang ada di daerah tertentu.

Riset soal profil konsumen berarti kamu harus mencari tahu berbagai hal tentang masyarakat yang ada di daerah tertentu. Misalnya, kamu perlu mengetahui dengan detil usia, pekerjaan, pendapatan, preferensi dan selera, hingga perilaku konsumen di sana.

Di samping itu, terkait riset kompetitor, kamu bisa mencari tahu bisnis apa saja yang paling banyak ada di daerah tersebut. Pelajari apa saja yang kompetitor miliki dalam menjalankan bisnisnya. Cari tahu apa yang membuat mereka unggul dan celah apa yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk bisnis kamu. Pahami juga seperti apa suasana tempat dan fasilitas yang mereka tawarkan kepada konsumen di sana.

2. Nggak Ada Jalan Pintas!

Memilih lokasi yang pas untuk bisnis restoran kamu bukanlah sesuatu yang dalam satu malam bisa selesai. Kamu butuh minimal berbulan-bulan, atau bahkan beberapa tahun untuk memperoleh lokasi yang benar-benar "jodoh". Kamu perlu mencari ke berbagai lokasi agar kamu bisa memiliki banyak referensi dan bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan antar daerah dan lokasi.

Kalau pada kamu berhasil menemukan lokasi yang pas dengan harga yang terjangkau, itu merupakan hal yang baik. Namun, perhatikan juga, apakah dengan harga murah untuk suatu lokasi benar-benar memiliki timbal balik yang sesuai di jangka panjang? Jangan sampai tergiur dengan lokasi yang memiliki harga yang terlampau murah, karena bisa jadi potensinya kurang menarik.

Jika kamu memang memiliki modal yang lebih, kamu bisa cenderung mencari ke berbagai lokasi yang memiliki harga yang cukup tinggi. Biasanya, ada harga, tentunya ada barang. Artinya, di lokasi yang harganya cukup tinggi, pasar yang tersedia juga cukup potensial. Namun, kamu tetap perlu riset menyeluruh terkait lokasi tersebut.

3. Utamakan Akses dan Visibilitas

Dua faktor ini, yaitu akses dan visibilitas, jadi faktor kunci bagi kamu untuk menentukan kelayakan lokasi tersebut sebagai tempat bisnis kamu.

Terkait dengan aksesibilitas tempat, kamu perlu memperhatikan seberapa mudah orang-orang bisa menjangkau tempat kamu. Pastikan kamu bisa memudahkan calon konsumen kamu untuk datang ke tempat kamu karena rute yang searah dengan perjalanan mereka dan nggak memiliki rute yang rumit untuk dilalui. Pastikan juga akses masuk dan keluar nggak menyulitkan calon konsumen untuk datang ke restoran kamu.

Sementara itu, terkait dengan visibilitas, adalah sebuah langkah yang bijak bagi kamu untuk membuat signage atau rancangan tempat yang eye-catching. Hal tersebut membantu orang untuk melihat dan menemukan tempat kamu. 

Signage seperti plang nama bisnis di pinggir jalan dan neon box adalah pilihan terbaik untuk memperlihatkan bisnis kamu di siang dan malam hari. Penggunaan warna yang yang catchy juga memungkinkan pelanggan untuk lebih mudah melihat keberadaan restoran kamu.

Memilih Lokasi untuk Bisnis Restoran

Sumber: Freepik.com

4. Pertimbangkan Kondisi Lalu Lintas

Lalu lintas terbagi dua, yaitu lalu lintas kendaraan dan lalu lintas kaki atau pejalan kaki. Kedua kondisi lalu lintas ini perlu dipertimbangkan lebih jauh ketika menentukan lokasi bisnis restoran kamu.

Ada lokasi yang ramai dilalui kendaraan, namun sepi oleh pejalan kaki. Ada pula lokasi yang ramai oleh pejalan kaki, namun sepi akan lalu lintas kendaraan. Ada pula yang ramai lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Sebisa mungkin, kamu perlu menargetkan lokasi dengan kondisi terakhir yang disebutkan. Kombinasikan dengan kekuatan visibilitas, maka kamu siap menarik lebih banyak calon konsumen ke restoran kamu!

5. Perhatikan Space Turnover

Apa kamu pernah melihat sebuah lokasi atau tempat yang seringkali dipakai untuk bisnis namun banyak bisnis yang nggak bertahan lama di tempat tersebut?

Hal tersebut menunjukkan bahwa space turnover dari tempat tersebut begitu tinggi. Faktor space turnover ini menjadi begitu penting sebab kamu bisa saja menemukan tempat yang terlihat layak dan cocok untuk bisnis kamu, namun sejatinya sudah sering dipakai oleh banyak bisnis sebelumnya yang nggak bertahan lama.

Pastinya, ada sesuatu yang menyebabkan lokasi tersebut nggak cocok dipakai untuk berbisnis. Untuk mengetahuinya, kamu perlu mempelajari lokasi tersebut dan bertanya kepada masyarakat sekitar tentang lokasi tersebut. Kamu bisa memperoleh informasi yang mungkin bisa menjawab mengapa lokasi tersebut nggak cocok dipakai untuk membuka bisnis.

Dengan mempertimbangkan dan menerapkan berbagai aspek di atas, memilih lokasi yang pas untuk bisnis kamu kini jadi lebih mudah. Semoga kamu bisa bertemu dengan lokasi yang ber-"jodoh" dengan kamu ya!