5 Tips Ampuh Bikin Restoran Takeaway yang Sukses dan Lancar Jaya!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Sejak pandemi Covid-19, restoran takeaway jadi primadona dan alternatif jenis bisnis kuliner yang bisa kamu coba. Tertarik mencoba? Berikut tips ampuhnya!

Pandemi Covid-19 memang mengubah segalanya.

Dari mulai aktivitas keseharian masyarakat hingga mobilitas yang semakin minim. Alhasil, operasional bisnis pun ikut terdampak.

Sebagian besar bisnis harus beradaptasi dengan kondisi serba terbatas, termasuk bisnis restoran dan kuliner. Hal ini pun mengakibatkan sebagian hampir seluruh bisnis restoran dan kuliner mengadopsi satu metode: Takeaway.

Dengan ketersediaan berbagai aplikasi online delivery, berbagai bisnis restoran pun membuat sistem khusus untuk melayani takeaway. Hingga pada akhirnya, konsep takeaway atau to-go pun jadi konsep utama sebagian besar restoran.

Kalau kamu tertarik untuk membangun restoran yang mengusung konsep utama takeaway atau to-go, kami punya beberapa tips untuk membantu kamu membuka restoran takeaway yang sukses dan lancar jaya!

1. Menu yang Lebih Simpel

Tips pertama, tentu saja: sederhanakan menu yang akan kamu sajikan! Cobalah untuk memiliki menu yang sederhana dan nggak terlalu banyak pilihan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memilih dan memesan makanan tanpa banyak memusingkan pilihan makanan. Kamu juga bisa fokus pada makanan yang mudah diolah dan dikemas untuk takeaway sehingga persiapan dan pengolahannya pun lebih cepat dan nggak bikin pelanggan menunggu. Dengan menu yang nggak terlalu banyak, kamu juga bisa mengurangi potensi sampah makanan yang menumpuk.

2. Manajemen di Aplikasi

Memilih untuk berfokus pada sistem takeaway untuk restoran kamu, artinya kamu sudah pasti akan menggunakan berbagai jenis aplikasi online delivery.  Di aplikasi tersebut, kontrol atas ketersediaan menu dan promo ada di tangan kamu secara penuh.

Terkait dengan menu, selalu pantau ketersediaan menu di restoran kamu. Kalau ada menu yang hampir habis, kamu bisa keluarkan dari daftar menu di aplikasi hingga nantinya tersedia lagi. Kamu juga bisa mengatur berbagai tambahan atau add-ons untuk berbagai menu yang kamu sajikan.

Sementara itu, menariknya, aplikasi-aplikasi online delivery juga memiliki promo yang disediakan oleh pihak pengembang aplikasi. Ketersediaan promo-promo tersebut adalah jalan yang menarik untuk bisnis kamu lebih berkembang lagi. Apalagi, mayoritas promo yang disajikan bisa kamu ikuti secara gratis!

3. Kedepankan Contactless Payment

Kalau sudah bicara takeaway, maka tentunya nggak bisa lepas dari contactless payment. Kehadiran berbagai dompet digital adalah solusi bagi para pelanggan untuk membeli makanan dengan mudah. Isi saldo pun tinggal tap dan tap sebentar, lalu saldo pun terisi kembali! Terlebih lagi, pembayaran digital juga meminimalkan kontak langsung dengan pihak kurir sehingga kamu nggak perlu khawatir soal masalah higienitas.

4. Utamakan Higienitas

Pandemi Covid-19 melahirkan kesadaran dari masyarakat untuk hidup lebih sehat dan higienis. Kesadaran dan pemahaman ini pula yang berdampak pada bagaimana mereka mengutamakan higienitas ketika membeli barang atau makanan secara digital. Kamu sebagai pemilik restoran punya kendali dan tanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa setiap makanan tetap mengutamakan kesehatan dan higienitas serta diolah di dapur yang bersih dengan peralatan yang higienis dan jauh dari kata kotor. Kemasan makanan pun juga dipastikan untuk tetap bersih dan nggak jorok ya!

5. Pengemasan yang Lebih Aman

Coba untuk tempatkan sudut pandang kamu sebagai pelanggan. Apa jadinya jika kamu pesan makanan secara takeaway atau melalui online delivery dan makanan atau minuman yang kamu pesan berantakan atau sedikit tumpah karena packaging-nya nggak teliti atau asal-asalan? Pastinya kecewa, kan?

Untuk itu, pengemasan atau packaging makanan perlu diperhatikan. Pastikan semuanya rapat. Gunakan kemasan dan kantong belanja yang kuat dan kokoh. Pemakaian kemasan atau packaging makanan yang berkualitas adalah investasi yang baik untuk bikin pelanggan nggak kecewa sama kamu.

Restoran atau bisnis kuliner yang sukses, apapun jenis restorannya, nggak bisa tercapai dalam semalam. Dengan fokus dan tekun pada beberapa tips di atas, restoran takeaway kamu dijamin banjir ulasan positif dan banyak pelanggan setia!