5 Tempat Makan di Sekitar Kota Tua yang Wajib Dikunjungi untuk Isi Perut Sekaligus Wisata Kuliner!

4 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Perut keroncongan setelah berkeliling di Kota Tua? Isi perut di 5 tempat makan ini yuk!

Kota Tua.

Kawasan wisata ini punya nilai dan cerita yang begitu khas dan mampu menarik setiap orang untuk berwisata ke sana. Ada kisah-kisah historis, gedung-gedung yang bernilai estetis, hingga cerita-cerita bermuatan mistis. Nggak cuma itu, kawasan bersejarah ini juga dikelilingi oleh berbagai tempat kuliner yang pastinya wajib kamu kunjungi. Lelah dan lapar setelah mengelilingi seisi kota tua, saatnya mampir ke beberapa tempat ini untuk wisata kuliner sembari nongkrong sejenak!

1. Soto Tangkar Haji Diding

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut setelah berwisata di Kota Tua adalah Soto Tangkar Haji Diding. Buat orang-orang yang sering ke Kota Tua atau bekerja di sekitar Kota Tua, soto tangkar sangat terkenal. Tempatnya memang sangat kecil dan sederhana, tapi kenikmatan dan rasanya soto begitu membahana!

Tempat makan soto tangkar yang sudah memasuki usia kepala enam ini punya dua sajian soto, yaitu soto tangkar dan sate kuah daging sapi. Kuahnya punya cita rasah gurih dengan tekstur kuah yang nggak terlalu kental. Untuk sate kuah di sini, rasanya begitu khas dengan sensasi bakaran khas sate yang bercampur dengan kuah. Alhasil, kuahnya jadi begitu gurih dan khas. Sempurna untuk makan siang!

2. Gado-gado Direksi

Satu lagi tempat makan legendaris di dekat Kota Tua: Gado-gado Direksi. Gado-gado yang dulunya memiliki pelanggan yang banyak dari direksi-direksi bank di kawasan Glodok ini punya rasa yang melegenda. Apa yang menyebabkannya? Kacang tanahnya.

Gado-gado Direksi menggunakan kacang tanah yang dipilih secara khusus dan dibeli dari daerah Tuban. Pengolahannya pun nggak diulek hingga halus, namun sedikit kasar, bercampur dengan berbagai bumbu dan sayuran lainnya. Meski begitu, rasanya begitu legit, gurih, dan benar-benar dominan rasa kacangnya. Dinikmati dengan kerupuk udang dan emping, gado-gado yang kamu nikmati pun semakin lengkap!

3. Batavia Market

Namanya memang market, tapi Batavia Market sejatinya bukan pasar ya, tromates! Batavia Market adalah tempat makan yang lokasinya ada di sebuah gedung bekas kantor pos di zaman kolonialisme Belanda. Uniknya, ketika kamu masuk ke sini, bukan cuma indera perasa kamu yang akan termanjakan dengan nikmat dan lezatnya setiap sajian, tetapi juga indera penglihatan kamu. Sajian setiap menu di sini ditata dengan cantik dan begitu menyegarkan mata. Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai lukisan dan karya seni dari berbagai seniman Indonesia. Lidah termanjakan, mata terpuaskan!

4. Warung Umak

Untuk kamu para maniak kopi yang ingin ngopi santai, ada Warung Umak yang siap menyambut kamu dengan beragam jenis minuman kopi dan biji kopi. Warung ini menyediakan biji kopi arabika dan robusta dari berbagai daerah di Indonesia. Kamu pun bisa memilih metode brewing yang sesuai dengan selera kamu. Di samping itu, kamu pun bisa menikmati setiap sesapan kopi dengan berbagai camilan yang asyik dan berbagai makanan khas Indonesia.

5. Sunyi Coffee

Mau nongkrong santai karena kaki dan badan pegal-pegal setelah lama mengeliling Kota Tua? Coba mampir ke Sunyi Coffee. Coffee shop ini mengusung konsep socialpreneurship, di mana si pemilik menjadikan orang-orang difabel sebagai pekerja di coffee shop ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa difabel nggak boleh memiliki kemampuan yang nggak boleh dipandang sebelah mata. Menariknya, hal tersebut juga menambah pengalaman menarik bagi para pelanggan, di mana mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan para difabel.

Selain pengalaman yang menarik dalam berkomunikasi dengan difabel, beragam sajian di sini juga nggak boleh diremehkan. Sebut saja Kopi Susu Sunyi yang kopinya begitu terasa namun juga begitu creamy dan manis dan Marshmello Mochaccino yang begitu nikmat dan creamy.

Berkeliling di Kota Tua nggak lengkap rasanya kalau nggak mampir di 5 tempat di atas. Lelah pun hilang, perut nggak lagi keroncongan!