5 Sumber Pendapatan Lainnya untuk Tambah Cuan di Restoran Kamu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Mau tambah cuan selain dari penjualan makanan dan minuman? Berikut ini 5 sumber pendapatan yang bisa kamu coba untuk restoran kamu!

Menjual menu makanan dan minuman memang jadi sumber pendapatan utama dari sebuah restoran. Namun, tentunya ketergantungan pada satu aspek untuk menjadi sumber pendapatan kamu sama saja dengan teledor atau ceroboh. Kamu harus mencari dan membuka sumber pendapatan lain bila bisnis restoran kamu sedang lesu atau naik turun.

Untuk kamu yang sedang bingung mencari sumber pendapatan lain untuk restoran kamu, beberapa produk ini bisa kamu jadikan alternatif sumber pendapatan untuk restoran kamu agar cuan restoran kamu makin bertambah!

Sumber Pendapatan Bisnis

Sumber: Freepik.com

1. Merchandise Khusus

Kalau restoran kamu sudah cukup banyak dikenal orang dan sudah memiliki reputasi yang cukup baik, maka kamu bisa mulai menjual merchandise khusus di bawah brand restoran kamu. Beberapa merchandise yang bisa kamu jual di antaranya seperti kaos, mug, piring, atau aksesoris dapur. Kamu juga bisa mengajak brand lain untuk berkolaborasi atau pengrajin tertentu untuk memproduksi produk merchandise terbatas.

2. Hampers

Salah satu sumber pendapatan lain untuk menambah cuan di restoran kamu yang beberapa tahun terakhir jadi hits adalah hampersHampers biasanya merupakan bingkisan yang berisi beberapa makanan atau produk yang dikemas jadi satu paket. Hampers bisa jadi alternatif sumber pendapatan lainnya untuk restoran kamu, terutama ketika har-hari besar seperti Lebaran dan Natal tiba.

3. Layanan Katering dan Event

Untuk lebih menambah cuan restoran kamu, kamu juga bisa menyediakan layanan katering untuk beberapa event. Kamu bisa melayani acara seperti acara gatheringmeeting, dan acara ulang tahun. Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi di berbagai acara seperti bazar atau pop up market untuk menambah pundi-pundi penghasilan restoran kamu sekaligus memasarkan restoran kamu ke khalayak ramai.

4. Produk signature

Kamu punya produk signature berupa saus khas restoran kamu atau bumbu signature restoran kamu? Nah, produk tersebut adalah sumber cuan untuk restoran kamu yang bisa dijajakan. Dengan menjual produk khas restoran kamu seperti bahan mentah tersebut, kamu bisa membantu pelanggan yang ingin mencicipi produk kamu atau memasak makanan sendiri di rumah dengan saus atau bumbu racikan khas restoran kamu.

5. Meal Kit

Meal kit adalah produk atau menu restoran kamu yang bisa kamu jual dalam bentuk bahan-bahan mentah atau semi-cooked yang bisa diolah sendiri. Produk seperti ini sifatnya DIY (Do It Yourself) sehingga memungkinkan pelanggan kamu untuk berkreasi sesuai dengan seleranya. Kamu juga bisa menambahkan kartu resep yang memungkinkan pelanggan kamu untuk membuat produk kamu mirip dengan produk yang disajikan di restoran kamu

Agar dapat mempertahankan bisnis restoran kamu, perlu adanya kreativitas dan kejelian dalam melihat peluang dan ide untuk mencari sumber pendapatan lain. Alhasil, kamu jadi memiliki beragam sumber pendapatan lain sehingga kamu nggak hanya ketergantungan pada penjualan menu di restoran kamu saja!