5 Rempah-rempah Khas Ini Cuma Ada di Indonesia!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
5 rempah-rempah yang punya cita rasa khas ini ternyata nggak bisa kamu temukan di mana pun selain di Indonesia!

Bicara Indonesia sama dengan bicara rempah-rempah.

Sebagai negara dengan jumlah rempah-rempah yang berlimpah, nyatanya ada saja yang belum begitu kita kenal namun punya cita rasa dan manfaat yang beragam. Terlebih lagi, rempah-rempah tersebut hanya ada di Indonesia dan nggak bisa kamu temukan di daerah lain! Ada apa saja? Yuk kita simak di pembahasan kali ini!

Rempah-rempah Khas Indonesia

Sumber: Freepik.com

1. Kemukus

Kemukus atau piper cubeba merupakan rempah yang umumnya digunakan buah dan minyaknya. Kemukus memiliki sebutan lain, yaitu lada jawa atau cabe jawa.

Kemukus merupakan tanaman endemik Indonesia. Tanaman ini banyak tersebar di bagian barat Indonesia. Pada era kolonialisme Belanda, tanaman ini diproduksi di beberapa daerah seperti Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

Kemukus memiliki rasa pedas khas rempah yang begitu kuat. Alhasil, tanaman ini sering dijadikan salah satu bahan untuk memasak. Lebih lanjut lagi, tanaman ini nggak hanya memiliki cita rasa yang kuat, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Biasanya, kemukus dimanfaatkan untuk menyembuhkan mual, masalah pencernaan, dan masuk angin.

2. Andaliman

Kalau kamu pernah tinggal di Sumatera Utara, mustahil rasanya kalau kamu nggak pernah mendengar andaliman. Rempah yang satu ini merupakan rempah khas Medan dan Batak Toba. Andaliman sendiri memiliki julukan merica batak.

Cita rasanya yang pedas mampu meninggalkan kesan kelu dan getir di lidah. Namun, andaliman mampu menghilangkan bau amis pada bahan makanan seperti ikan. Bumbu ini pun juga banyak digunakan untuk berbagai masakan khas Batak, seperti arsik, saksang, hingga na niura.

Selain populer sebagai bumbu untuk masakan Batak, rempah andaliman banyak digunakan juga karena manfaat kesehatannya. Andaliman mengandung senyawa antioksidan dan antimikroba yang mampu menghambat tumbuh kembang bakteri. Kandungan vitamin C-nya pun mampu membantu menjaga daya tahan tubuh.

3. Pulosari

Pulosari adalah rempah khas Indonesia yang berbentuk kayu-kayuan. Pulosari banyak ditemukan sebagai tanaman liar yang tumbuh di hutan dan daerah pegunungan. Rempah ini memiliki aroma yang serupa dengan jamu dan terdapat sedikit aroma pahit.

Nggak hanya dikenal sebagai tanaman rempah, pulosari juga dikenal sebagai tanaman herbal dengan segudang manfaat kesehatan. Rempah ini mampu mengobati mual, sariawan, mulas, hingga merangsang nafsu makan. Untuk kaum hawa, tanaman ini siap membantu kamu mengatasi masalah keputihan.

4. Kayu Secang

Kayu secang adalah tanaman perdu yang kulit kayunya banyak dimanfaatkan karena berkhasiat bagi kesehatan. Rempah ini dikenal mampu mengatasi tumbuhnya jerawat, mengatasi peradangan dan nyeri, hingga mampu menghambat sel kanker berkembang di dalam tubuh. Rempah ini juga dimanfaatkan sebagai bagian dari minuman khas Yogyakarta, yaitu wedang uwuh dan wedang secang. Menariknya, kayunya seringkali digunakan sebagai bahan untuk perkakas rumah tangga.

5. Mesoyi

Mesoyi bisa dikatakan sebagai saudara kembar dari kayu manis. Perbedaannya dengan kayu manis terletak pada kulitnya yang sedikit lebih tebal. Rempah ini banyak digunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada berbagai sajian, utamanya sajian gulai dan rendang. Nggak hanya sebagai bahan masakan, rempah ini juga biasa dipakai sebagai bahan bangunan dan dijadikan campuran untuk pewarna merah.

Tromates, berapa banyak yang kalian tahu dari berbagai rempah di atas? Ternyata, kekayaan rempah kita memang sekaya itu ya! Kalian bisa coba beberapa rempah di atas nggak hanya untuk menambah kaya rasa masakan kalian, tetapi juga memanfaatkan khasiat kesehatannya yang bervariasi.