5 Rahasia Bikin Rekrutmen Pegawai Restoran Jadi Lebih Sukses dan Tepat!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Ingin dapat pegawai baru yang berkualitas, berpengalaman, dan juga berkepribadian yang tepat? Intip 5 rahasia ini!

Rekrutmen pegawai adalah kegiatan yang tricky dan begitu menantang. Terlebih lagi, kamu perlu mencari pegawai yang bukan hanya ahli dan berpengalaman, tetapi juga punya kepribadian yang berkualitas dan cocok dengan lingkungan kerja restoran kamu.

Agar kamu bisa sukses menemukan pegawai baru yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan restoran kamu, simak 4 rahasia rekrutmen ini yang mungkin saja kamu belum tahu dan sadari!

1. Hire for Attitude, Train for Skill

Salah satu prinsip terbaik dalam melakukan rekrutmen, termasuk dalam bisnis kuliner dan restoran, adalah fokus dalam mencari pribadi-pribadi dengan kepribadian yang tepat dan positif.

Meskipun pribadi-pribadi yang kamu rekrut masih belum memiliki kemampuan dan keahlian yang mencukupi untuk bekerja di balik dapur atau bar, tetapi ketika kamu memperoleh pribadi-pribadi yang punya etos kerja tinggi, ingin belajar, dan mau berkembang, kamu bisa membantu mereka belajar dan berkembang dalam setiap tugas dan pekerjaan mereka.

2. Catat Setiap Detil Jawaban

Dalam melakukan wawancara saat rekrutmen, satu hal yang perlu untuk konsisten dilakukan adalah menulis dan mencatat.

Bukan hanya jawaban-jawaban saja yang disampaikan calon pegawai baru.

Tetapi juga apa first impression kamu tentang apa yang kamu rasakan tentang mereka, apa yang terlihat janggal dari mereka, bagaimana mereka berkomunikasi dan berbicara, dan bagaimana sikap dan bahasa tubuh mereka ketika wawancara.

Bila dikombinasikan dengan setiap jawaban yang disampaikan, maka hasilnya bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan dengan lebih akurat tentang siapa yang harus kamu rekrut.

3. Periksa Latar Belakang dan Rekomendasi

Memeriksa latar belakang dan rekomendasi bukan hanya sekadar mengetahui di mana calon pegawai baru tersebut pernah bekerja dan bagaimana reputasi dari tempat kerjanya yang terdahulu

Kamu perlu untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan orang-orang yang dulu pernah menjadi atasan dari calon pegawai baru kamu. Tanyakan dan diskusikan tentang performa mereka, bagaimana kepribadian dan sikap mereka selama bekerja, apa saja kekurangan mereka, dan apa yang perlu dikembangkan dan diasah dari mereka.

Informasi tersebut bisa membantu kamu mempertimbangkan dalam proses rekrutmen calon pegawai baru tersebut.

Tips Rekrutmen Pegawai BaruSumber: Unsplash.com

4. Diskusi dengan Pelanggan Setia

Mencari calon pegawai baru nggak hanya bisa kamu dapatkan dari networking dengan beragam bisnis atau kenalan-kenalan dari teman dan keluarga. Sumber terbaik untuk mencari calon pegawai baru kadang berasal dari pelanggan setia.

Pelanggan setia adalah orang yang memahami bisnis kamu selain kamu sendiri. Ketika restoran kamu sedang butuh pegawai baru yang berkualitas, pelanggan bisa jadi sumber kamu untuk menemukan orang-orang yang tepat.

5. Siapkan Benefit Terbaik

Untuk mendapatkan pegawai dengan kualitas dan kepribadian terbaik, kamu harus lebih dari sekadar memberikan gaji yang sesuai - kamu juga perlu menyiapkan benefit terbaik yang mampu membuat mereka lebih nyaman bekerja di restoran kamu. Sediakan beberapa benefits pokok seperti asuransi dan jaminan sosial dan juga beberapa benefits tambahan seperti jadwal fleksibel hingga berbagai bonus dan tawaran menarik seperti voucher belanja dan liburan.

Pada akhirnya, sesulit apapun rekrutmen pegawai, selalu ada jalan yang memungkinkan kamu memperoleh individu-individu terbaik yang memang benar-benar sesuai kebutuhan restoran kamu. Ketika kamu berhasil merekrut orang yang kamu rasa tepat untuk restoran kamu, semuanya kembali lagi kepada bagaimana kamu bisa membantu mereka berkembang dan bertahan untuk jangka waktu yang lama.