5 Kuliner Nikmat Khas Wonosobo Untuk Menemani Dinginnya Suasana!

26 May 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Wonosobo punya segudang kuliner khas yang nikmat dan siap menemani dinginnya suasana!

Buat kamu yang akan berwisata ke Wonosobo, sempatkanlah diri untuk singgah sebentar di Wonosobo. Daerah yang terkenal akan suasana alam, kesejukan, dan pertaniannya yang subur ini ternyata nggak hanya menyimpan segudang destinasi wisata alam yang mempesona, tapi juga kuliner yang siap bikin perut keroncongan di tengah dinginnya suasana. Penasaran untuk coba?

1. Mie Ongklok

Mie Ongklok

Kalau ke Dieng atau Wonosobo, nggak nikmat rasanya kalau nggak mencicipi semangkuk mie ongklok yang punya kuah yang kental dan hangat. Mie ongklok adalah sajian mie dengan kuah kental yang punya rasa manis dan gurih. Nggak hanya disajikan dengan sayuran dan bawang goreg, mie ongklok uniknya disajikan bersama sate ayam.

Kuliner ini pun bisa kamu bawa pulang secara mentah sebagai oleh-oleh. Alhasil, kamu pun bisa memasaknya di rumah dan menikmati kuliner hangat ini dengan mudah!

2. Tempe Kemul

Tempe Kemul

Mencari makanan ringan di Wonosobo, maka salah satu yang akan kamu temukan adalah tempe kemul. Tempe ini dinamakan tempe kemul sebab dalam bahasa Jawa, kemul memiliki arti "selimut". Ini merujuk pada balutan tepung yang tebal yang menyelimuti tempe ini ketika akan digoreng.

Tempe ini dibalut dalam balutan tepung gandum, tepung singkong, tepung beras, dan daun kucai. Tempe ini memiliki rasa yang begitu khas dibandingkan tempe pada umumnya sebab menggunakan bumbu kunyit di dalamnya. Tempe kemul pun semakin enak bila dinikmati bersama dengan cabai merah atau hijau.

3. Soto Golak

Soto Golak

Golak merupakan potongan singkong yang dicampur dengan parutan kelapa. Soto golak umumnya disajikan bersama potongan daging sapi, mie atau soun, bawang goreng, hingga seledri. Kuliner ini menggunakan rempah khas Jawa yang menjadikannya begitu khas dan punya rasa yang sedap. Soto golak pun telah menjadi kuliner yang begitu lekat dengan kota Wonosobo sebab selalu dihadirkan pada acara-acara resmi atau seremonial.

4. Geblek

Geblek Wonosobo

Bukan, bukan. Ini bukan sebutan yang biasa dipakai untuk berkata kasar. Geblek di sini adalah makanan ringan khas Wonosobo yang sepintas mirip cireng. Namun, tesktur lebih lengket, kenyal, dan diolah dengan bumbu khas Wonosobo. Makanan ini dibuat dari tepung tapioka basah atau tepung pati singkong yang basah lalu dicampur dengan daun kucai. Geblek pas banget untuk menemani kamu ngemil di tengah suasana Wonosobo yang ada di ambang sejuk dan dingin!

5. Nasi Megono

Nasi Megono

Kuliner selanjutnya adalah nasi megono. Nasi ini punya julukan "nasi kotor" oleh karena penampilannya yang berantakan dan terkesan kotor. Meski begitu, rasanya nggak berantakan! Disajikan bersamaan dengan irisan kubis, ikan teri, dan tempe kemul, kuliner yang dicampur dengan bumbu megono ini siap bikin lidah dan dompet kamu berjoget ria. Nggak hanya enak, kuliner ini pun juga murah meriah!

Nggak ragu lagi untuk eksplorasi kuliner di Wonosobo, kan? Jangan lupa untuk nikmati beragam kuliner di atas ya, food lovers!