5 Kiat Mantap Bikin Cafe atau Coffee Shop Kamu Nyaman untuk Work From Cafe!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Biarpun pandemi sudah mereda, work from cafe masih jadi salah satu pilihan sistem untuk kerja! Simak tips berikut biar cafe atau coffee shop kamu makin bisa dinikmati para pekerja yang doyan work from cafe!

Pandemi Covid-19 nggak hanya mengubah cara orang beraktivitas dan cara orang memandang betapa pentingnya kesehatan. Pandemi Covid-19 juga mengubah cara orang bekerja.

Bekerja dari kantor nggak lagi jadi satu-satunya pilihan. Berbagai cara kerja seperti hybrid working dan work from home mulai diterapkan untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi yang terus berubah-ubah. Bahkan, pilihan work from home mulai berkembang menjadi beberapa cara kerja.

Salah satunya? Work from cafe.

Ketersediaan beragam cafe dan coffee shop memang memungkinkan para pekerja kantoran untuk bekerja sembari mencari suasana baru. Bosan dengan bekerja di rumah, banyak orang memilih cafe atau coffee shop sebagai destinasi pilihannya untuk bekerja dengan lebih nyaman dan tenang. Meski pandemi sudah mereda, tren ini sepertinya masih akan terus berjalan.

Buat kamu para pemilik bisnis cafe atau coffee shop, jangan cuma perhatikan ketersediaan Wi-fi buat pelanggan kamu yang work from cafe. Coba terapkan 5 tips berikut agar cafe atau coffee shop kamu jadi lebih nyaman dan bikin betah untuk work from cafe!

1. Sediakan Air Mineral Gratis

Online meeting berlama-lama dengan rekan kerja atau klien memang bikin pelanggan kamu jadi haus. Apalagi jika sambil menikmati segelas kopi. Oleh karenanya, fasilitas tambahan sesederhana air minum gratis dan refill yang bisa kamu sediakan di sudut tertentu bisa membuat mereka melepas haus sejenak.

Tips sederhana lainnya: Coba letakkan air minum gratis tersebut di dekat kasir. Siapa tahu, mereka ingin sekalian memesan lagi.

2. QR Code untuk Pemesanan

Pekerjaan yang menumpuk membuat orang harus berlama-lama duduk. Artinya, ia nggak akan sempat untuk ke kasir dan memesan lagi. Untuk itu, sediakan QR code yang berisi menu coffee shop kamu yang memungkinkan pelanggan tersebut untuk memesan tanpa harus berjalan ke kasir. Pemesanan jadi mudah dan mereka pun tetap dapat fokus dengan pekerjaan mereka.

3. Buka Lebih Lama

Ada kalanya seseorang harus bekerja lebih lama dari biasanya. Mereka pun terkadang harus duduk lama di coffee shop melebihi jam operasional yang seharusnya.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu perlu memahami terlebih dahulu lokasi coffee shop kamu. Apakah memang mayoritas pelanggan kamu melakukan work from cafe? Jika iya, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk buka 1 - 2 jam lebih lama untuk mengakomodasi kebutuhan mereka yang ingin bekerja di cafe atau coffee shop kamu.

4. Berikan Bonus

Kalau ada beberapa pelanggan yang rutin untuk work from cafe di cafe atau coffee shop kamu, tawarkan sedikit bonus atau compliment buat mereka. Misalnya, kamu bisa menawarkan free refill untuk menu kopi atau menyediakan free cookies atau pastry untuk mereka. Sediakan juga promo khusus work from cafe untuk menemani pelanggan-pelanggan yang rutin work from cafe. Kalau cafe atau coffee shop kamu memiliki co-working space, berilah potongan harga dengan bonus makanan dan minuman untuk mereka.

5. Sediakan Menu yang Simpel

Menu yang simpel membantu para pelanggan yang akan work from cafe untuk nggak terlalu pusing dalam memikirkan dan memilih menu. Kalau terlalu banyak menu, bisa-bisa terjadi paradox of choice, di mana mereka akan kebingungan dalam menentukan pilihan saking banyaknya pilihan menu yang kamu punya. Kalau kamu merasa punya terlalu banyak menu, kurangi pilihannya dan sediakan menu-menu yang paling banyak disukai saja. Tambahkan juga signature menu sebagai bagian ciri khas kamu.

Dengan beberapa tips di atas, dijamin deh pelanggan kamu yang akan work from cafe di tempat kamu akan lebih betah dan nyaman. Bahkan, bukan nggak mungkin kalau mereka akan datang ketika nggak sedang bekerja!