5 Jenis Promo yang Siap Bikin Calon Pelanggan Ngiler Sama Restoran Kamu!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kalau kamu terapkan 5 jenis promo ini untuk restoran kamu, dijamin pelanggan bakal lebih tergoda!

Secara psikologis, terdapat sebuah prinsip yang disebut sebagai principle of urgency. Prinsip yang satu ini memungkinkan seseorang untuk memperoleh atau menyelesaikan sesuatu yang memiliki batas waktu atau yang sifatnya harus disegerakan. Dalam sebuah temuan yang diterbitkan di Journal of Consumer Research pada 2018, terbukti bahwa manusia cenderung memilih suatu pekerjaan yang punya batas waktu atau harus disegerakan, meski batas waktu tersebut terkesan sebagai ilusi. Hal ini menjelaskan mengapa manusia cenderung membeli produk yang dijual dengan diskon, terlebih lagi bila diskon tersebut ditetapkan dalam jangka waktu terbatas.

Nah, sudah tahu kan kenapa promo diskon itu selalu bikin pelanggan tergoda? Sekarang, saatnya kamu terapkan 5 jenis promo ini biar pelanggan atau calon pelanggan kamu ingin buru-buru untuk mampir ke restoran kamu!

1. Promo Ulang Tahun

Salah satu jenis promo yang menarik untuk dicoba adalah birthday promo. Promo yang satu ini memungkinkan seseorang yang membeli sebuah produk di tanggal ulang tahunnya untuk memperoleh promo. Promo ini bisa kamu variasikan. Misalnya, nominal diskon yang fixed untuk setiap pelanggan yang berulang tahun atau nominal diskon yang berdasarkan umur si pelanggan. Selain itu, berikan juga hadiah atau bonus tambahan untuk pelanggan di hari ulang tahunnya. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih diistimewakan dan berpotensi untuk menjadi pelanggan loyal restoran kamu.

2. Promo di Hari Tertentu

Kamu juga bisa mendasarkan promo kamu sesuai dengan kalender. Misalnya, kamu bisa mengadakan promo rutin untuk beberapa menu tertentu di hari Senin untuk para pekerja kantoran yang makan siang atau promo di hari Jumat menjelang weekend untuk orang-orang yang datang sepulang kantor. Kamu tinggal mengemas konsep dari promo di hari-hari tertentu ini agar lebih menarik dan menggoda di mata pelanggan!

3. Promo Bundling

Siapa sih yang nggak suka dapat banyak produk dengan harga yang lebih murah? Dengan mengadakan promo bundling, pelanggan bisa memperoleh lebih dari satu produk dengan harga yang lebih terjangkau dan bisa menyentuh aspek psikologis pelanggan. Dengan harga yang murah, mereka bisa dapat lebih dari satu produk. 

 

Promo bundling bisa kamu terapkan untuk produk-produk yang memang saling melengkapi, misalnya coffee dan pastry, atau beberapa menu main dish dan dessert. Ini akan menambah appeal atau daya tarik dari promo yang kamu berikan.

4. Promo Happy Hour

Kamu juga bisa menerapkan promo seperti happy hour untuk restoran kamu. Dengan promo ini, kamu bisa menerapkan promo di jam-jam tertentu. Agar promo ini bisa bekerja lebih efektif, cobalah untuk terapkan promo ini di jam-jam di mana volume pelanggan di restoran kamu biasanya lesu. Hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan volume pelanggan atau penjualan di waktu-waktu yang biasanya sepi pelanggan.

5. Promo Hari Besar

Salah satu promo menarik lainnya adalah promo di hari-hari besar. Promo-promo ini biasanya diterapkan ketika Lebaran, Natal, atau Tahun Baru. Agar lebih unik dan menarik, kamu bisa coba memberikan promo di beberapa hari besar tertentu yang jarang dilirik oleh bisnis lain, seperti Hari Kopi Nasional (Jika kamu memiliki coffee shop), Hari Sumpah Pemuda (Promo bisa kamu berikan untuk mahasiswa dan pelajar tingkat SMP - SMA), dan Hari Pelanggan Nasional.

 

Apapun jenis promo yang kamu terapkan, jangan lupa untuk pakai Trofi ya! Kini, Trofi punya fitur Manajemen Promo yang bisa bantu kamu mengatur dan mengelola segala jenis promo dan potongan harga untuk pelanggan kamu dengan mudah dan cepat. Kelola promo jadi jauh dari kata pusing dan ribet!