Mengeluarkan biaya yang besar untuk marketing restoran sejatinya nggak ada masalah, asalkan tepat sasaran dan efektif.
Namun, jika meleset, maka kamu hanya akan buang-buang uang dan hal ini akan bikin kamu pusing akan keuangan restoran kamu.
Maka dari itu, ada baiknya kamu melakukan pemasaran yang murah dan efektif untuk restoran kamu dengan menerapkan 5 ide marketing ini!
Menggunakan sistem online reservation atau booking memungkinkan pelanggan untuk memesan tempat di restoran kamu dengan lebih mudah.
Sistem ini juga dapat menjadi ide marketing yang murah untuk orang-orang yang ingin memperoleh tempat di restoran kamu atau ingin menggunakan restoran kamu sebagai tempat perhelatan momen spesial, seperti hari ulang tahun, workshop, atau reuni.
Orang-orang yang lebih suka menikmati makanan dan minuman secara grab & go dan yang suka membeli makanan tanpa keluar rumah adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan.
Maka dari itu, cobalah sediakan menu restoran yang dirancang khusus untuk mempermudah orang-orang yang ingin berangkat kerja, sekolah, bepergian, hingga ingin memesan dari rumah saja.
Agar penerapannya lebih mudah, kamu bisa mengubah menu restoran yang khusus dibuat untuk dine in menjadi versi takeaway-nya.
Sumber: Freepik.com
Kehadiran Google Business Profile menyajikan sejuta kemudahan bagi para pemilik usaha, termasuk usaha restoran dan kuliner, untuk melakukan pemasaran di online directory seperti Google Maps.
Dengan Google Business Profile, kamu bisa menyajikan segala hal yang berkaitan dengan restoran kamu di Google Maps, seperti lokasi, informasi umum, hingga fasilitas yang kamu tawarkan di restoran kamu.
Nggak hanya itu, Google Business Profile juga menyediakan kolom Q&A dan kolom review dari pelanggan untuk membantu kamu dan pelanggan saling berinteraksi dan membangun engagement.
Ingin ide marketing restoran yang agak beda namun tetap murah dan efektif? Coba saja gunakan fitur Live di media sosial yang kamu gunakan.
Gunakan fitur tersebut untuk menampilkan kegiatan restoran kamu secara langsung. Kamu bisa menunjukkan aktivitas di balik dapur, mengeksplor suasana restoran, hingga memperkenalkan berbagai staf restoran kamu.
Ide marketing yang tergolong cukup beda ini bisa membantu kamu meningkatkan interaksi dan engagement dengan pelanggan setia kamu sekaligus menampilkan usaha restoran kamu dengan cara yang beda kepada pelanggan baru.
Hari ulang tahun adalah "senjata" marketing yang sederhana nan murah untuk menggaet lebih banyak pelanggan.
Kamu bisa melakukannya dengan dua cara.
Pertama, kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai hari ulang tahun setiap pelanggan dan memberikan sajian spesial secara cuma-cuma kepada mereka.
Kedua, kamu juga bisa memberikan sajian spesial yang cuma-cuma tersebut kepada mereka apabila mereka menyelenggarakan pesta ulang tahun mereka di restoran kamu.
Selain kamu bisa bikin pelanggan lebih puas dan senang, kamu pun bisa meningkatkan engagement dengan pelanggan kamu.