5 Ide Konten Instagram Anti Mainstream yang Kreatif dan Efektif buat Pemasaran Restoran Kamu!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Jangan buat konten Instagram yang itu-itu saja! Yuk coba 5 ide konten Instagram kreatif dan anti mainstream ini!

Nggak selamanya konten Instagram restoran kamu works untuk pemasaran restoran kamu. Ada kalanya ketika konten Instagram kamu nggak benar-benar ampuh untuk menarik pengguna media sosial dan membuat mereka engaged dengan Instagram kamu.

Kalau kamu memang mengalami kondisi seperti itu, cobalah untuk mengganti variasi konten Instagram yang lebih unik dan anti mainstream dengan menggunakan 5 jenis konten Instagram yang unik dan kreatif ini agar pemasaran kamu di Instagram semakin berhasil dan efektif!

1. Ask Me Anything

Konten pertama yang layak untuk kamu coba adalah konten AMA alias Ask Me Anything.

Melalui konten yang interaktif ini, kamu akan mengajak pelanggan dan followers restoran kamu untuk bertanya tentang apapun soal apapun di restoran kamu. Pelanggan bisa bertanya tentang hal-hal seperti bahan baku yang dipakai restoran kamu, siapa saja yang bekerja di balik dapur restoran kamu, dan menu apa yang jadi signature di restoran kamu.

Kamu bisa menggunakan 2 format untuk konten ini, yaitu Instagram Live atau Instagram Feed. Namun, dengan menggunakan Instagram Live, kamu bisa menciptakan interaksi yang lebih dekat dan intim serta serupa dengan ketika kamu berinteraksi langsung dengan pelanggan kamu.

2. Cerita di Balik Dapur / Behind the Scene

Setiap bisnis pasti memiliki kisah yang menarik dan layak untuk diceritakan di baliknya. Setiap kisah yang ada bisa menjadi bagian dari konten Instagram restoran kamu untuk kamu ceritakan kepada para pelanggan maupun calon pelanggan kamu. Inilah yang biasa disebut dengan behind the scene.

Kisah-kisah tersebut bervariasi, mulai dari kisah awal mula berdirinya restoran hingga keseharian para staf restoran kamu ketika sedang bekerja. Nggak hanya itu, kamu bisa juga mengulik kisah pribadi (Yang tentunya jangan sampai mengganggu privasi setiap staf) ketika bekerja di restoran kamu. Kamu juga bisa mengajak para staf kamu untuk berbagi cerita dan pengalaman selama terjun di dunia bisnis kuliner.

Melalui konten seperti ini, pelanggan jadi bisa mengetahui lebih jelas apa yang sedang terjadi di restoran kamu dan hal ini mampu mendongkrak kepercayaan pelanggan terhadap restoran kamu.

Konten untuk Media Sosial Instagram

Sumber: Freepik.com

3. Foto dengan Hewan

Tromates, siapa di antara kalian yang suka lihat-lihat foto atau video hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau bahkan bebek di Instagram atau Twitter? Kalian pasti 100% setuju kalau konten-konten tersebut begitu lucu dan bisa bikin mood kalian jadi lebih baik.

Sebagai pemilik bisnis restoran, terlebih lagi jika kamu memiliki restoran, cafe, atau coffee shop yang tergolong pet friendly, kamu bisa memanfaatkan potensi ini untuk rutin mengunggah konten yang bermuatan hewan peliharaan. Konten di mana kamu menyandingkan menu signature kamu dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing bisa jadi konten yang begitu wholesome buat para pelanggan, followers, dan calon pelanggan kamu.

Dengan konten seperti ini, bukan nggak mungkin kamu bisa memperoleh lebih banyak followers dan menghibur lebih banyak orang.

4. Promosikan Bisnis Lain

Sharing is caring.

Pernyataan ini nggak hanya berlaku untuk kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia, tetapi juga dalam menjalankan bisnis. Hal ini pun yang bisa coba kamu terapkan ketika membuat konten untuk Instagram kamu. Cobalah untuk share atau berbagi konten restoran lain dan berbagai informasi terkait restoran tersebut di akun Instagram kamu.

Melalui konten seperti ini, kamu nggak hanya bisa mendukung bisnis lain dengan melakukan pemasaran melalui Instagram, kamu pun bisa membuka peluang kolaborasi dengan restoran tersebut dan membangun relasi yang lebih positif dengan restoran tersebut.

Di masa depan, bukannya nggak mungkin jika mereka akan berbalik untuk mempromosikan restoran kamu dan hal ini akan semakin memperkokoh relasi kamu dengan restoran tersebut.

5. Konten Diskusi dengan Pelanggan

Konten yang menarik dan efektif untuk kamu terapkan di restoran kamu adalah konten diskusi dengan pelanggan.

Konten ini bisa dibilang kebalikan dari konten Ask Me Anything. Bedanya konten diskusi dengan pelanggan ini memungkinkan kamu untuk bertanya kepada pelanggan. Kamu bisa bertanya apapun, mulai dari preferensi pelanggan, menu favorit pelanggan, hingga meminta masukan atau pendapat pelanggan untuk mengembangkan restoran kamu.

Nggak hanya kamu bisa menciptakan relasi dan kedekatan dengan pelanggan, tetapi kamu juga bisa mengetahui dan memahami keinginan para pelanggan kamu.

Dalam melakukan pemasaran di media sosial, terutama Instagram, kamu memerlukan variasi konten seperti beberapa jenis konten Instagram di atas. Hal ini dilakukan agar akun Instagram restoran kamu tetap mampu menarik pelanggan dan calon pelanggan secara konsisten dan menjauhkan Instagram restoran kamu dari kata monoton.