5 Ide Hadiah atau Rewards Loyalty Program untuk Diterapkan di Restoran Kamu!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Restoran kamu sudah punya loyalty program? Coba pakai beberapa hadiah ini untuk jadi rewards buat pelanggan kamu!

Loyalty program adalah salah satu strategi pemasaran yang paling banyak diterapkan untuk berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis kuliner dan restoran. Loyalty program diterapkan sebagai senjata yang efektif dan ampuh untuk mempertahankan pelanggan setia agar tetap loyal dengan bisnis restoran atau kuliner kamu.

Dalam menerapkan loyalty program, kebanyakan bisnis restoran atau kuliner menggunakan rewards atau bonus yang spesial untuk orang-orang yang terdaftar di loyalty program restoran kamu. Rewards atau bonus yang diberikan pun harus punya daya tarik dan value khusus untuk para pelanggan agar mereka tetap puas dan setia dengan restoran kamu.

Kali ini, kita akan melihat 8 ide rewards yang bisa kamu sisipkan sebagai bagian dari loyalty program kamu agar pelanggan kamu tetap betah dan setia dengan restoran kamu!

1. Secret Menu

Salah satu hal yang paling menarik pelanggan adalah tersediannya secret menu atau menu rahasia yang keberadaannya nggak tercantum di dalam daftar menu. Ketika seorang pelanggan bisa diberikan akses untuk secret menu, hal tersebut akan menumbukan perasaan yang spesial karena dapat mencicipi secret menu dar restoran kamu. Akibatnya, dapat tercipta word of mouth ketika mereka membicarakan soal secret menu tersebut ke banyak orang. Hal ini pun akan mendorong rasa penasaran dan bukannya nggak mungkin, menambah pelanggan setia baru yang ingin mendaftar loyalty program dari restoran kamu. Jadi strategi pemasaran yang menarik, kan?

2. Bonus di Hari Besar

Rewards untuk loyalty program yang bisa kamu berikan di restoran kamu adalah bonus di hari-hari besar tertentu. Kamu bisa memberikan free seasonal menu ketika momen-momen tertentu, seperti Hari Raya Lebaran maupun Natal. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hari besar lain untuk memberikan produk khusus atau limited, misalnya Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau Hari Pendidikan Nasional. Dengan memilih hari-hari besar yang unik, kamu bisa memberikan variasi bonus yang lebih menarik buat pelanggan setia kamu.

3. Merchandise atau Produk Terbatas

Merchandise yang eksklusif dan terbatas bisa jadi salah satu alternatif menarik untuk hadiah dari loyalty program restoran kamu. Misalkan kamu punya coffee shop dan kamu ingin memikirkan pilihan merchandise yang ingin kamu berikan di coffee shop kamu untuk para pelanggan setia kamu. Nggak cuma t-shirt atau tumbler khusus saja, kamu bisa memberikan merchandise berupa alat seduh khusus dengan logo coffee shop kamu di alat tersebut, celemek khusus dari coffee shop kamu, atau hamper yang berisi sekumpulan kopi menarik yang diproduksi terbatas.

4. Akses Khusus untuk Produk Baru

Memberikan akses khusus untuk pelanggan setia kamu dalam mencoba produk-produk yang akan rilis adalah salah satu rewards unik untuk loyalty program restoran kamu. Hal ini nggak hanya membantu menciptakan rasa spesial di dalam diri pelanggan setia, tetapi juga sekaligus mengajak mereka untuk memberi masukan dan feedback untuk produk baru yang akan kamu rilis. Terlebih lagi, pelanggan setia itu adalah pelanggan yang paling dekat dengan bisnis kamu dan paling tahu banyak tentang bisnis kamu luar dalam!

5. Pengalaman Khusus

Nggak hanya dalam bentuk produk atau barang fisik, rewards untuk loyalty program bisa juga berbentuk pengalaman atau experience khusus Pengalaman khusus yang bisa kamu berikan dapat berupa workshop memasak atau membuat kopi, tur khusus untuk melihat dapur restoran atau proses kerja di balik coffee shop kamu, atau memberikan pengalaman khusus buat customer dalam meracik minuman atau masakannya sendiri secara custom.

Meski mempertahankan pelanggan setia jauh lebih murah ongkosnya bila dibandingkan dengan memperoleh pelanggan baru, namun usaha tersebut jauh lebih sulit daripada yang dibayangkan. Dengan berbagai rewards menarik di dalam loyalty program kamu, pelanggan setia pun dijamin nggak akan berpindah hati ke bisnis lain. Nggak hanya itu, dengan memberikan rewards yang unik buat pelanggan setia, kamu pun juga mendorong pemasaran secara word of mouth ke orang lain tentang keistimewaan dari loyalty program restoran kamu.