5 Film Seru & Keren untuk Belajar Tentang Bisnis Kuliner

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Gambaran dan suka duka bisnis kuliner bisa kamu pelajari dengan menonton 5 film seru dan menyenangkan ini!

Film nggak cuma bisa dijadikan media hiburan atau melepas stres, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Meski nggak sepenuhnya akurat, film tetap bisa memberikan gambaran mengenai satu topik atau peristiwa tertentu yang bisa tetap kamu pelajari. Hal ini pun berlaku untuk film yang membahas tentang dunia dan bisnis kuliner.

Kalau kamu akan mulai berkecimpung di dunia bisnis kuliner, coba dulu tonton 5 film keren ini untuk dapat gambaran tentang bagaimana membangun bisnis kuliner!

1. Chef

Chef berkisah tentang Carl Casper, seorang chef di restoran ternama di Amerika Serikat. Pada satu momen, ia harus kehilangan posisinya di restoran tersebut akibat konflik dan adu mulut dengan seorang kritikus kuliner. Alhasil, untuk menghidupkan kembali kariernya, ia harus memulai dari bawah lagi dengan membuka food truck.

Chef adalah salah satu film yang wajib untuk pertama kali kamu tonton kalau berbicara soal bisnis kuliner. Cerita yang menarik dan fokus pada perjuangan chef Carl Casper untuk kembali dikenal oleh masyarakat luas dan membangkitkan kembali kariernya adalah daya tarik utama film ini. Di sini, kamu juga bisa belajar tentang manajemen staf di balik dapur dan bagaimana berhadapan dengan tanggapan yang diberikan oleh kritikus kuliner atau food reviewer.

2. The Founder

The Founder mengisahkan Ray Kroc, seorang salesman mesin milkshake yang kurang begitu sukses yang pada akhirnya tertarik untuk mengembangkan McDonald's. Selama perjalanannya dalam mengubah McDonald's menjadi restoran fast food yang begitu sukses dan populer, ia harus berkonflik dengan McDonald's bersaudara sebagai pendiri restoran. Ia pun harus bertekun dan jatuh bangun dalam menetapkan standar kualitas tertinggi demi membawa McDonald's ke puncak dunia.

The Founder adalah film tentang ambisi dan ketekunan. Film ini mengajarkan kamu untuk punya visi dan target yang tinggi, bertekun dalam segala hal untuk mencapai visi tersebut, hingga fokus dalam mengembangkan kualitas tertinggi untuk bisnis kamu. 

3. The Hundred-Foot Journey

Film ini membawa kamu ke dalam kisah satu keluarga India yang pindah ke Prancis. Keluarga tersebut kemudian membeli sebuah gedung terbengkalai yang dirombak menjadi sebuah restoran India. Namun, tepat di depan restoran India milik mereka, terdapat restoran Prancis yang telah dianugerahi Michelin Star, sehingga nggak mengherankan kalau restoran sebelumnya mengalami kebangkrutan karena kalah saing dengan restoran tersebut. Alhasil terjadilah perang bisnis yang begitu menarik untuk diikuti.

Kalau kamu mau belajar tentang menghadapi persaingan dalam industri dan bisnis kuliner, The Hundred-Foot Journey adalah film yang mungkin cocok untuk kamu nikmati. Kamu juga bisa belajar untuk menghadapi perbedaan budaya di tempat atau lokasi baru, sebab film ini juga memiliki fokus pada perbedaan kultur antara restoran Prancis dan India yang begitu kental.

4. Ratatouille

Wah, siapa sih yang nggak tahu film ini? Ratatouille adalah film tentang seorang tikus yang bermimpi untuk menjadi chef seperti idolanya. Nasib pun mempertemukan mereka dengan seorang pengangkut sampah di sebuah restoran. Sejak saat itu, mereka pun berkawan dan membawa mereka dalam petualangan untuk meraih mimpi mereka.

Ratatouille akan membawa kamu ke dalam petualangan di balik dapur yang begitu menyenangkan. Kamu jadi tahu bagaimana jatuh bangun seseorang dalam belajar memasak dan membangun keahlian memasaknya dari nol. Oh iya, motto dalam film tersebut, yakni "Anyone Can Cook" dijamin selalu nempel di kepala kamu!

5. Burnt

Burnt akan membawa kamu masuk ke dalam kehidupan dan perjalanan Adam Jones, seorang chef di sebuah restoran Perancis yang dimiliki oleh mentornya, yaitu Jean-Luc. Kariernya yang begitu gemilang dan cemerlang seketika runtuh ketika ia semakin terpengaruh oleh sifatnya yang temperamental dan mulai mengonsumsi obat-obatan terlarang. Setelahnya, ia memutuskan untuk mengasingkan diri di New Orleans dan memutuskan untuk membangun kariernya dari nol lagi serta ingin memiliki restoran ternama dengan tiga Michelin Star.

Meski mengusung kisah yang tak jauh berbeda dengan burnt, kamu akan belajar lebih banyak tentang kehidupan di balik dapur dan manajemen stafnya. Kamu jadi dapat memahami bagaimana suka duka ketika harus membangun ulang semua pencapaian kamu. Dengan drama yang begitu kental dan jalan cerita yang menarik, dijamin kamu nggak akan mengalihkan sedikit pun pandangan kamu dari Burnt.

Yuk, segerakan nikmati film-film tersebut! Siapa tahu, kamu jadi dapat inspirasi yang lebih dalam mulai membangun dan memahami dunia kuliner dan kehidupan di balik dapur!