5 Faktor Penting ini adalah Penentu Layout Restoran yang Nyaman dan Layak!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Apapun jenis restoran kamu, selalu luangkan waktu, usaha, dan modal kamu untuk mampu menciptakan layout restoran yang nyaman dan layak untuk setiap orang di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan 5 faktor ini dalam prosesnya!

Kalau kamu berpikir merancang layout restoran adalah soal kecantikan dan keindahan saja, kamu harus berpikir lagi.

Layout restoran adalah tentang bagaimana memaksimalkan ruang di restoran kamu sehingga nggak hanya menarik bagi setiap orang di dalamnya, tetapi juga memudahkan aktivitas setiap orang di dalamnya.

Lantas, apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika kamu ingin merancang layout restoran yang nyaman dan layak untuk semua orang, baik pelanggan maupun pegawai?

Faktor Penting dalam Merancang Layout untuk Restoran

Sumber: Unsplash.com

1. Kemudahan Akses

Hal pertama untuk dipertimbangkan saat merancang layout restoran adalah aksesibilitas atau kemudahan akses yang dimiliki.

Aksesibilitas ini bukan hanya terkait dengan bagaimana pelanggan biasa bergerak dan beraktivitas di dalam restoran kamu. Aksesibilitas juga terkait dengan pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus bisa bergerak dan beraktivitas.

Siapapun pelanggan dan pegawai di restoran kamu, semuanya berhak dan layak untuk bergerak dan beraktivitas dengan ruang yang nyaman dan layak.

2. Efisiensi

Lancarnya pekerjaan setiap pegawai adalah poin krusial yang perlu kamu raih ketika merancang layout restoran. Agar hal ini tercapai, efisiensi dalam layout restoran harus jadi salah satu prioritas kamu.

Untuk dapat mencapainya, kamu perlu mempelajari ruang restoran yang tersedia. Jika kamu mendapatkan tempat restoran dengan ruang atau space yang cukup lega, hal ini akan jadi keuntungan buat kamu dalam merancang layout yang mampu menciptakan efisiensi buat aktivitas dan pekerjaan para pegawai dan pelanggan kamu serta mudahnya mobilitas untuk tiap bahan baku.

Namun, apabila ruang yang kamu miliki nggak terlalu besar atau tergolong minimal, kamu perlu berpikir dua kali. Jangan gunakan terlalu banyak perabotan atau peralatan. Kurangi juga penggunaan dekorasi atau hiasan yang nggak penting. Semua harus selalu on point dan nggak bertele-tele ketika kamu ingin meraih efisiensi untuk restoran dengan space yang nggak terlalu luas.

Semuanya diraih untuk satu tujuan: Demi melancarkan dan memudahkan pekerjaan dan mobilitas para pegawai dan pelanggan kamu.

3. Suasana & Kenyamanan

Layout restoran lebih dari sekadar kemudahan, melainkan juga membantu memengaruhi terciptanya suasana yang positif dan kenyamanan bagi setiap orang di dalamnya.

Ketika setiap orang di dalamnya bisa bergerak dengan mudah ke sana dan sini tanpa harus bertabrakan dan penempatan dekorasi dan perabotan yang teratur dan terkonsep, artinya kamu bisa menyediakan suasana tempat yang positif dan nyaman dan memberikan pengalaman yang menyenangkan buat pelanggan.

4. Kebutuhan Teknis

Merancang layout restoran juga perlu memerhatikan kebutuhan dan kondisi teknis minimum yang tersedia. Kebutuhan dan kondisi teknsi yang ada umumnya terkait dengan konstruksi dan desain.

Dengan mematuhi kebutuhan dan kondisi teknis tersebut, kamu pun memastikan bahwa segala kebutuhan terpenuhi dan membuat restoran kamu layak untuk beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

5. Kapasitas Pelanggan

Boleh saja kamu punya kapasitas pelanggan yang tinggi. Hal ini akan bikin kamu bisa mengakomodir lebih banyak pelanggan dan meraih lebih banyak penjualan dengan mudah.

Namun, hal ini turut berkontribusi pada sesaknya suasana dan rumitnya layout restoran kamu.

Daripada begitu, ada baiknya bagi kamu untuk meraih kapasitas pelanggan yang optimal. Dengan kapasitas yang optimal, kamu bisa menciptakan kondisi restoran yang nyaman dengan mudah.

Kapasitas yang berlebihan atau terlalu banyak hanya akan bikin suasana restoran jadi sesak dan nggak nyaman, dan hal ini pun akan berkontribusi pada pelanggan yang merasa nggak betah dan puas.