5 Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan dalam Food Delivery

15 Nov 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pahami 5 faktor ini dan kamu akan bisa bikin setiap pelanggan yang memesan lewat food delivery terpuaskan!

Kehadirannya boleh jadi memudahkanmu dalam meningkatkan keuntungan di restoranmu, namun meraih kepuasan dalam food delivery bisa dibilang lebih menantang daripada ketika kamu melayani pelanggan yang dine in.

Pasalnya, pelanggan punya harapan cukup tinggi akan berbagai hal ketika memesan makanan lewat food delivery. Lantas, apa saja faktor yang jadi penentu terpuaskannya pelanggan dalam food delivery?

Inilah 5 Hal yang Menentukan Kepuasan Pelanggan dalam Food Delivery

1. Kualitas Makanan

Kualitas makanan mesti tetap terjaga saat food delivery, dan kondisi ini bisa kamu raih melalui penggunaan packaging yang tepat. Kemasan yang cocok akan membantu menjaga suhu makanan dan minuman tetap stabil dan teksturnya tetap bisa dinikmati.

Di samping itu, pemilihan bahan baku juga menjadi penting. Pastikan bahan baku yang kamu gunakan adalah yang segar. Kesegaran bahan baku, sebabnya, akan menentukan cita rasa dan kualitas makanan kamu ketika tiba di tangan pelanggan.

2. Kecepatan dan Ketepatan Waktu

Alasan utama sebagian besar orang yang memesan makanan melalui aplikasi food delivery adalah ingin menikmati makanan dengan cepat tanpa harus repot. Oleh karenanya, faktor yang satu ini menjadi sangat menentukan kepuasan pelanggan dalam food delivery.

Meski beberapa faktor yang menentukan kecepatan dan ketepatan waktu sampainya pesanan pelanggan adalah faktor eksternal seperti volume lalu lintas, cuaca, sampai jarak restoran, namun ada beberapa faktor yang ditentukan dari restoranmu sendiri.

Faktor-faktor yang meliputi faktor internal atau faktor dari restoranmu antara lain ketersediaan staf dan prosedur kerja. Berkaitan dengan 2 hal ini, kamu harus selalu memastikan bahwa staf yang kamu miliki cukup untuk menangani setiap pesanan masuk.

Selain itu, prosedur kerja khusus untuk mengelola food delivery harus tetap sederhana agar kamu bisa membuat dan memberi pesanan ke kurir dengan cepat dan tanpa repot.

3. Komunikasi

Komunikasi di sini bukan hanya berkaitan dengan cara kurir berkomunikasi, tetapi juga bagaimana kamu sebagai pihak restoran berkomunikasi.

Umumnya, di dalam aplikasi food delivery, terdapat fitur chat yang memungkinkan restoran berkomunikasi dengan pelanggan terkait pesanan mereka.

Memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa menyampaikan ke pelanggan kalau ada keterlambatan atau restoran sedang sibuk sehingga pesanan akan tiba lebih lama dari biasanya.

Pahamilah bahwa pelanggan ingin tahu apa yang terjadi dengan pesanannya dan komunikasi yang jelas dan terbuka dengan pelanggan akan membantumu bikin pelanggan tetap up to date dengan pesanan mereka. 

4. Kehigienisan

Pernah kamu baca berita-berita mengenai temuan serangga mati atau benda asing yang ada di dalam makanan atau minuman yang dipesan di food delivery?

Kondisi ini tentunya nggak ingin kamu alami ya, Tromates. Selain merusak cita rasa dan selera makan pelanggan, kondisi ini bisa bikin persepsi pelanggan soal restoranmu jadi tambah negatif. Bahkan, di era digital seperti sekarang, restoranmu bisa viral dimana-mana.

Untuk itu, selalu junjung tinggi kebersihan atau kehigienisan dalam prosedur kerja restoranmu. Perhatikan masa kadaluarsa setiap bahan baku, terapkan prosedur yang ketat dalam membersihkan setiap bahan baku, dan pilihlah pemasok bahan baku yang bisa diandalkan secara kualitas.

Dari segi kebersihan peralatan dan stasiun kerja, pastikan dapurmu tetap bersih dan terjaga kehigienisannya. Rutin bersihkan setiap peralatan yang kamu gunakan untuk memasak dan membuat pesanan. Bilas bersih dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Dengan menerapkan beberapa praktek ini, niscaya orang-orang nggak akan ragu lagi untuk pesan makanan dari restoranmu.

5. Praktek Ramah Lingkungan

Mau atau nggak mau, restoran harus mulai menerapkan praktek dan prosedur ramah lingkungan dalam operasionalnya. Dengan meningginya kesadaran pelanggan akan kerusakan lingkungan, restoranpun mereka harapkan untuk ikut berkontribusi menjaga kondisi alam dan lingkungan.

Beberapa praktek yang bisa kamu harapkan antara lain pengurangan alat makan dan minum sekali pakai, pemakaian bahan baku yang organik, sampai menggunakan kemasan yang bisa didaur ulang alias biodegradable packaging.

Kesimpulan

Itulah 5 faktor yang jadi penentu puas atau nggaknya pelanggan terhadap food delivery. Tugas kamu adalah memastikan setiap faktor tersebut ada dan bisa pelanggan rasakan saat memesan pelanggan di restoranmu dengan food delivery.

Kamu mesti memahami bahwa setiap faktor ini harus ada secara bersamaan dan dijalankan dengan konsisten sehingga pelanggan bisa terus puas dan kemudian menjadi pelanggan setia restoranmu.

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS